Dibutuhkan Pintu Pembatas Kanal Untuk Mengatasi Banjir di Makassar

04 Mei 2014

admin

photo

Makassar,- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar punya cara mengurangi ancaman banjir memasuki musim hujan di Kota Makassar. Cara itu adalah pembangunan pintu muara laut kanal. Hanya saja, ongkosnya tidak sedikit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Ansar, mengatakan, Pemkot Makassar, butuh dana ratusan miliar untuk membangun pintu pembatas air laut masuk ke kanal yang dilengkapi pompa air raksasa.

Menurut Ansar, rencana pembangunan pintu penangkis air terletak di sekitar perbatasan antara kanal dan laut."Makassar harus buat pintu diperbatasan, kalau mau mencegah banjir. Saat musim hujan datang. Mengingat drainase yang ada sudah banyak mengalami pendangkalan," kata Ansar di kantor Balaikota Makassar, Rabu (30/10/2013).
Anggaran, yang dibutuhkan mencapai Rp 300-500 milliar. Ansar meyakini dana sebanyak itu mustahil hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kota Makassar.

"Tapi, harus ada bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau APBD provinsi Susel. Karena pemkot sudah menyiapkan penempatannya. Namun hingga saat ini pihak pemprov dan pemerintah pusat belum menanggapi terkait untuk pendanaan pembangunan pintu tersebut," ujarnya. Ia menambahkan kalau terjadi sedimentasi dan sampah belum diangkut maka pintu itu yang akan difungsikan melihat permukaan air laut lebih tinggi dibandingkan kanal yang ada di Makassar. (Sumber : Tribun Timur)

Copyright © 2014-2016 Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar | Pemerintah Kota Makassar