Call Centre 112 kini hadir dikota Makassar

09 November 2016

Redaktur

photo

Pemerintah Kota Makassar resmi meluncurkan program nomor panggilan tunggal gawat darurat 112 pada peringatan HUT Makassar ke-409, di Lapangan Karebosi, Pagi tadi

Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan, panggilan darurat yang akan dipusatkan di lantai 10 Balaikota Makassar ini akan menjadi pusat penyampaian informasi ke beberapa unit pendukung penanganan bencana, termasuk Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota Makassar.
"Peluncuran program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan informasi, terutama saat keadaan darurat," ungkap Danny 

Wali kota Makassar juga menambahkan, selama ini masyarakat sering kali mengalami kendala dalam menginformasikan bencana. Hal ini disebabkan oleh banyak layanan telepon yang tersedia hingga kerap membingungkan masyarakat.

"Alasan utama lambatnya informasi saat bencana, yaitu sulitnya menghafalkan kontak panggilan darurat yang berbeda-beda, seperti Ambulans 118, Kesehatan 119, Damkar 113, Polisi 110, dan Basarnas 115. Nah, setelah call center ini resmi kita luncurkan, maka semuanya akan dialihkan ke 112," paparnya.

Unit pendukung atau SKPD yang terhubung dengan Call Center 112, lanjut Danny, diantaranya Pemadam Kebakaran, Kepolisian, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, PMI, dan Komnas Perlindungan Anak. Layanan ini nantinya akan mengakomodir berbagai keadaan darurat, seperti penanganan kebakaran, kecelakaan, kesehatan, kriminal, bencana alam, gangguan keamanan dan ketertiban, serta kerusuhan.

Copyright © 2014-2016 Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar | Pemerintah Kota Makassar