Kota Makassar Fasilitasi Kerjasama Kelitbangan di indonesia dan Internasional

21 September 2017

Redaktur

photo

Pelaksanaan Fasilitasi Kerjasama Kelitbangan Nasional dan internasional oleh BALITBANGDA Kota Makassar di Hotel AeroSmile, Kota Makassar. Isu yg dibahas adalah peluang kerjasama Kelitbangan yg dapat dikembangkan oleh Pemkot bekerjasama dgn lembaga riset, baik dalam negeri maupun luar negeri. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah para Kabid dan staf dari SKPD Sekota Makassar dengan sejumlah 200 org.

Pengantar oleh mederator, Jusman, S.Kel, M.Si  digambarkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai sub-sistem dari Pemerintahan RI, tentunya sangat diperlukan sebagai institusi kelitbangan dalam peng-implementasi-an kebijakan dan memfasilitasi program dan kegiatan yang berbasis pada keseimbangan dan kebutuhan lokal.

Secara garis besar kelitbangan menurut Prof. Amir Imbaruddin, MDA, PhD (Direktur STIA LAN Makasar), bahwa banyak program pemerintah yang belum mampu menyelesaikan bermasalahan masyarakat, program atau kegiatan sebaiknya mampu menyelesaikan masalah dasar hingga yang lebih rumit melalui skema kerjasama kelitbangan. Permasalahan program dan kegiatan yang tidak tepat sasaran dapat disebabkan karena program atau kegiatan tanpa kajian dasar kebutuhan masyarakat, tidak dilakukan berdasarkan evidence based. Kondisi ini diawali karena Kondisi kelitbangan masih belum kuat, SKPD Kelitbangan masih dianggap OPD nomor 2 di pemerintahan sehingga sulit berkembang atau karna stigma lainnya. Dengan demikian Perlunya penguatan SKPD kelitbangan, dengan komitmen; anggarannya, sdm dan skill, material mesinnya dan peralatan yang mumpuni, akses internet, jurnal akademik, perpustakaan nasional dan sebagainya.

Skema Kerjasama kelitbangan dapat meliputi: perguruan tinggi negeri dan swasta, LIPI, kemenristek, kerjasama antar pemeritah daerah, Lembaga swasta, dan lembaga non emerintah lainnya seperti; lembaga riset pasar dan konsumen yang telah melakukan survey kepuasan pelanggan. Perlunya kerjasama dengan berbagai lembaga lembaga yang telah eksis melakukan pengumpulan data dan informasi melalui lembaga kajian bisnis, BAKTI, CSIS, smeru,  LSI yang telah kredible, dan sebagainya.

Memperkuat kelitbangan dapat juga dilakukan melalui kerja sama dengan konsulat luar negeri yang ada di Makassar misalnya jepang, australia, model kerjasama, bentuk kerjasama kelitbangan. Dapat juga dilakukan dengan skema join-riset, riset excange, pengalaman, pertukaran sdm dan tenaga terampil atau proses magang lainnya.

Pada sesi kedua dilanjutkan oleh Prof.  Dr. Arismunandar, M. Pd, pada sesi ini beliau secara garis besar,  Pertama perlunya jejaring kelitbangan antar pemerintah daerah, akademisi dan masyarakat seperti Jarliknas atau jarlikda, kedua mendorong kelitbangan dalam rangka meningkatkan potensi daerah seperti pengembangan ekonomi kreatif dengan dukungan technopark sebagai instrumen pengembangan penelitian dari prototype yang siap bersaing hingga hilirisasi produk produk kreatif dan teknologi, ketiga skema pengembangan kelitbangan yang mampu mendorong hilirisasi hasil hasil penelitian dengan kerjasama pemodalan, perbankkan, model pengembangan koperasi atau peluang peluang dari barbagai investor lokal dan nasional.

Copyright © 2014-2016 Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar | Pemerintah Kota Makassar