Wakili Asia Tenggara, Danny Pomanto Diundang Langsung PM Belgia Pembicara Konferensi PBB

19 Oktober 2017

Redaktur

photo

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto, akan menjadi wakil Indonesia dan kebanggaan Asia Tenggara dalam sebuah forum internasional di kota Mechelen, Belgia.

Danny sapaan akrabnya akan menjadi pembicara atas undangan langsung dari Pemerintah Federal Belgia dan Kota Mechelen, pada Konferensi Global tentang Kota dan Migrasi, pada 16- 17 November 2017 mendatang.

“Wali Kota Makassar (Danny Pomanto) satu- satunya wakil Indonesia sekaligus Asia Tenggara dalam forum bergengsi internasional ini,” kata Kabag Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra, Rabu (18/10/2017).

Kegiatan yang akan digelar di Mechelen, Belgia ini, diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments (UCLG), International Organization for Migration atau Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), dan United Nations Human Settlements Programme (UN–HABITAT).

UN Habitat sendiri adalah konferensi PBB di bidang permukiman dan pengembangan kota berkelanjutan.

"Berdasarkan undangan yang kita terima, Konferensi Mechelen, juka akan menghadirkan perwakilan politik lokal dan praktisi ahli dari seluruh dunia untuk bertukar pikiran dan menangani masalah-masalah yang terjadi di dunia," papar Firman.

Persoalan- persoalan global yang akan dibahas, lanjut Firman di antaranya tentang hak asasi manusia migran, kerjasama internasional untuk migrasi dan pemerintahan global, driver migrasi, penyelundupan migran dan perdagangan manusia, menangani migrasi tidak teratur, migrasi dan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, serta integrasi sosial.

Tujuannya agar konferensi ini memungkinkan pihak berwenang setempat, untuk menyumbangkan pengetahuan dan pengalaman mereka ke Global Compact 2018 untuk Migrasi yang aman, tertib dan reguler.

"Ini adalah kesempatan bagi negara-negara yang hadir untuk berkomitmen pada kerangka kerja kerjasama internasional yang komprehensif. Mengenai migrasi dengan komitmen yang dapat ditindaklanjuti, sarana pelaksanaan, serta bentuk kerangka kerja tindaklanjut," tutupnya.
[07:56, 19/10/2017] Dayat: Ndak ada fotonya
[07:57, 19/10/2017] Dayat: Klu ada koleksi fotonya bapak Itumi saja nah pak kabid
[07:57, 19/10/2017] Dayat: Ka acarana banti tgl 16-17 November pi
[14:02, 19/10/2017] Dayat: Upacara HUT Sulsel ke 348, Dalam Sambutannya SYL Puji Danny

Jajaran pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama seluruh pemerintah kota dan kabupaten yang ada di Sulsel, hadir pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulsel yang ke 348 tahun.

Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah pada upacara HUT kali ini. Dimana upacara tersebut digelar di kawasan reklamasi Center Poin of Indonesia (CPI).

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo yang menjadi inspektur upacara mengatakan pihaknya sengaja memilih CPI sebagai lokasi upacara HUT Sulsel untuk menunjukkan bahwa reklamasi di Sulsel ini memang sangat dibutuhkan dimasa depan.

"Sengaja upacara ini dibawa ke sini. Untuk menunjukan reklamasi ini dibutuhkan agar kita tidak kehilangan pantai losari dan pelabuhan, reklamasi yang ada di Sulsel untuk rakyat," ucapnya.

Ia melanjutkan, reklamasi inilah perwajahan Sulsel hari ini dan besok. Akan ada banyak sekali pembangunan yang akan di bangun di atas tanah reklamasi ini.

"Disini nantinya akan hadir salah satu masjid terbaik di Indonesia, masjid 99 kubah, ada Wisma Negara akan di bangun, akan dibangun pula Coral Centre dimana di dalamnya akan ada rumah sakit bertaraf internasional ," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut SYL beberapa kali memuji dan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah kota Makassar khususnya kepada Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto yang selama ini banyak mendukung proses pembangunan di sekitar CPI. Juga kepada seluruh Kabupaten di Sulsel yang telah turut serta berkontribusi memajukan Sulsel.

"Kalau ada yang baik itu, semuanya berkat Walikota dan Bupati sekalian. Gubernur hadir sebagai bagian yang menyatukan," katanya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengaku bangga karena Makasar dipilih menjadi lokasi upacara peringatan HUT Sulsel. Hal ini berarti Makassar telah berperan aktif dalam proses memajukan Sulsel.

Danny juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada provinsi Sulsel,di usianya yang ke 348 ini Sulawesi selatan dapat mengokohkan diri sebagai provinsi yang maju, mandiri, dan modern.

"Semoga menjadi provinsi terbaik di Indonesia. Dan menjadi andalan di Indonesia Bagian Timur," katanya.

Dalam upacara itu tampak seluruh Pangkotama hadir, bahkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriyawan, Gubernur Maluku, Said Assegaf, CEO MNC Group Harry Tanoesoedibjo karena mereka sebagian dari 13 tokoh yang menerima lencana sebagai warga kehormatan Sulsel. (Dayathumas)

Copyright © 2014-2016 Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar | Pemerintah Kota Makassar