Komitmen Kuat Walikota Makassar Optimalkan Kerja Unit Pengendalian Gratifikasi

09 November 2018

Redaktur

photo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan Rakornas Pengendalian Gratifikasi pada mulai tanggal 12 hingga 15 November 2015 mendatang di Bogor, Jawa Barat.

Rakornas ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dan peran Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG), dalam meningkatkan wawasan terkait gratifikasi serta untuk memperkuat sinergi antar UPG pada instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.

Pada acara ini KPK hanya mengundang 2 pemerintah daerah di Sulawesi Selatan yaitu Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Menurut Tim KPK, kriteria yang menjadi dasar keikutsertaan Pemerintah Kota Makassar pada Rakornas ini karena adanya keteladanan Walikota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto dalam melaporkan gratifikasi kepada Pihak KPK.

Disamping itu Tim KPK menilai bahwa terdapat komitmen yang kuat dari Danny Pomanto untuk mengoptimalkan kinerja Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) yang ada pada Inspektorat Kota Makassar.

Melalui kegiatan-kegiatan pengendalian gratifikasi secara internal dalam lingkup Pemerintah Kota Makassar, Walikota Danny dinilai mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan dalam hal mengolah secara optimal pemerintahannya.

Hal ini juga terlihat dari keaktifan UPG Inspektorat Kota Makassar melaporkan setiap tindakan gratifikasi melalui Sistem Gratifikasi OnLine (GOL) KPK RI.

Sejalan dengan hal tersebut KPK RI telah bekerjasama dengan UPG Inspektorat Kota Makassar melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada 25 Mei 2018.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan monitoring dan evaluasi terkait implementasi Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) pada Pemerintah Kota Makassar serta Bimbingan Teknis Gratifikasi OnLine (GOL).

Pada kegiatan tersebut sebagai narasumber yaitu Pejabat Fungsional Gratifikasi KPK, Asep Rahmat dan Laela Luana.(*/dayat)

Copyright © 2014-2016 Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar | Pemerintah Kota Makassar