Didampingi Danny Pomanto, Presiden Joko Widodo Meninjau Festival Smart Vaksinasi Makassar

MAKASSARKOTA, MAKASSAR, – Dalam kunjungannya ke Makassar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau event Festival Smart Vaksinasi Makassar yang dihelat di Hotel Dalton jalan Perintis Kemerdekaan Km 16 Makassar, Kamis, 18/07/2021. 

Kedatangan orang nomor satu di negeri ini didampingi oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. 

Kedatangan Jokowi ini bermaksud untuk melihat langsung proses vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar. Pada hari pertama Festival Smart Vaksinasi sudah 500 orang yang telah disuntik vaksin.

Jokowi mengatakan bahwa ada 500-an guru yang di vaksin, nanti kita harapkan dari total 8000 guru yang ada di Makassar, apabila semua sudah selesai, kita harapkan nanti ada uji coba tatap muka terbatas.

Dengan melakukan vaksinasi terhadap 8000 guru, merupakan bentuk kesiapan seluruh stakeholder dalam rencana belajar tatap muka pada bulan juli mendatang, agar uji coba sekolah terbatas bisa segera dilakukan.

“Vaksin yang disuntikkan kepada guru di Makassar untuk kelanjutan rencana proses belajar mengajar tatap muka di sekolah juli mendatang. Walau diketahui, program belajar tersebut masih dalam proses belajar tatap muka terbatas,” lanjut Jokowi.

Ia juga menjelaskan bahwa nantinya akan dievaluasi apakah bisa dilanjutkan secara tatap muka penuh atau tidak. Minimal proses belajar terbatas ini dilaksanakan beberapa bulan.

Selain itu, Jokowi juga sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Smart Vaksinasi ini yang digagas oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau yang akrab disapa Danny Pomanto bersama Wakil Walikota Makassar Fatma. “Kota Makassar ini bisa dijadikan kota percontohan untuk daerah lain dan saya sudah melihat sendiri bagaimana protokol kesehatan diterapkan begitu ketat,” kata Jokowi.

Pada gelaran event Festival Smart Vaksinasi ini diterapkan  protokol kesehatan yang ketat. Sebelumnya Danny Pomanto mengatakan penerima vaksinasi diwajibkan mengikuti rapid test antigen yang disediakan di lokasi kegiatan. Selain itu pejabat Pemkot, Protokol Kepresidenan, dan petugas vaksinator juga harus mengikuti tes PCR.

Para peserta Festival Smart Vaksin wajib mengikuti rapid antigen sebelum divaksin untuk memastikan kondisi mereka siap menerima vaksin. Sedangkan pejabat Pemerintah Kota Makassar, Protokol Kepresidenan, dan vaksinator telah mengikuti tes PCR sebelum kegiatan berlangsung.

Dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, event Festival Smart Vaksinasi Makassar ini dibuat senyaman mungkin untuk memanjakan para penerima vaksin. Para penerima vaksin  tersebut akan diberikan screening digital yang akan ditunjukkan ke petugas di lokasi untuk selanjutnya mendapatkan kode kursi dengan memperlihatkan barcodenya. 

Selain itu, untuk menghindari kemacetan dan kerumunan peserta penerima vaksin juga akan dijemput ojek online ke lokasi Festival Smart Vaksinasi Makassar di Hotel Dalton Makassar.

“Jadi para penerima vaksin itu pakai sistem digital. Akan diperlihatkan ke petugas untuk mengetahui nomor kursinya berapa. Ia juga akan dijemput ojek online, jadi tidak ada kemacetan maupun kerumunan,” kata Danny.

Selain itu sebelum Jokowi tiba di lokasi, Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi, terlihat sibuk mengurus dan memantau persiapan. Mulai mengecek ruangan yang ditempati warga untuk vaksinasi, alat yang digunakan, hingga memastikan harus berjalan sesuai protokol kesehatan. 

Sejak siang hari, Fatma sudah berada di lokasi. Ia didampingi beberapa pejabat struktural di lingkup pemkot. Memantau sekaligus memastikan Festival Vaksinasi Makassar berjalan lancar, tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Fatma.

Danny Pomanto dan Fatma terlihat sangat sibuk mempersiapkan festival vaksinasi. Keduanya terus melakukan koordinasi, dan beberapa kali mengecek langsung persiapan. 

Dua hari sebelumnya, Danny maupun Fatma juga mendatangi lokasi festival vaksinasi. Selain memberi pengarahan, juga mendengar sekaligus mengecek persiapan panitia. 

Saat ini Kota Makassar mendapatkan jatah 240 ribu dosis vaksin dari 1,6 juta jatah vaksin Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sumber : Ikhwan

Didampingi Danny Pomanto, Presiden Joko Widodo Meninjau Festival Smart Vaksinasi Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =

Kembali ke Atas