Perkuat Potensi Pariwisata, Makassar Perkuat Kerjasama Sister City

MAKASSAR, – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto terus memperkuat kerjasama sister city dengan Walikota Gold Coast, Tom Tate.

 

Pariwisata merupakan salah satu sektor kerjasama sister city dengan Gold Coast, sehingga kolaborasi dua kota beda negara itu perlu untuk ditingkatkan.

 

Salah satunya dengan menghadiri Twinning City Asian Australia Smart City Trust Fund (AASCTF), di Gold Coast, Australia, Senin (11/7/2022).

 

“Sister city dengan Kota Gold Coast menjadi pilihan dalam pengembangan kota yang sejenis dan setara dalam level kota-kota berkelas dunia sesuai dengan rekomendasi AASCTF,” kata pria yang akrab disapa Danny Pomanto itu melalui keterangan persnya, Selasa (12/7/2022).

 

Pengembangan potensi pariwisata tidak lepas dari pendekatan holistik terpadu seluruh sektor dengan destinasi wisata sebagai lokomotif dengan gerbong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif.

 

Usaha kreatif itu, kata Danny, menjadikan produk-produk lokal layak untuk dijual dengan kemasan yang sudah terbranding.

 

Sistem transportasi massal ramah lingkungan juga menjadi gerbong dari destinasi wisata, sehingga konektivitas antardestinasi wisata menjadi sebuah loop interaksi yang memperpanjang durasi wisata.

 

“Hal inilah yang menjadi perhatian pada sister city dengan Kota Gold Coast,” ungkapnya.

 

Dengan begitu, lanjut dia, perlu ada dukungan jejaring investor-investor yang fokus pada sektor pariwisata melalui keberadaan Kamar Dagang dan Industri Indonesia di Gold Coast.

 

“Keberadaan Kadin di Gold Coast ini yang akan mendukung program-program investasi kita di Kota Makassar. Jadi, sentimen positif dari Kadin di Gold Coast dapat mendukung pengembangan investasi di Kota Makassar,” ujar Danny.