Rakor PSN, Sekda Makassar Paparkan PSEL Teknologi Plasma

MAKASSARKOTA,MAKASSAR, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar, paparkan proyek pengolah sampah energi listrik (PSEL) Kota Makassar saat rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) secara virtual di War Room Lantai 10 Kantor Balaikota Makassar, Selasa (23/03/2021).

Rakor pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan  digelar oleh komite percepatan penyediaan infrastruktur prioritas bersama Pemerintah Kota Makassar 

M.Ansar menyebutkan berdasarkan arahan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto, teknologi pengolah sampah akan mencari alternatif lain selain incinerator.

Menurutnya Lahan antang yang saat ini seluas 16,8 hektar akan ditambah 5 hektar, dan nantinya akan menggunakan teknologi plasma, dengan skema pembiayaan tidak membebani APBD Pemkot.

“Saat ini lahan TPA 16,8 hektar, dan akan ditambahkan lahan baru seluas 5 hektar. 2,3 hektar telah dilakukan pembebasan lahan, sedang 2,7 hektar akan segera dibebaskan,” ujarnya.

Lebih jauh Ansar mengatakan, program pemerintah kota Makassar memfokuskan pada kelola sampah dari sumber (kompos/bank sampah). 

“Namun Untuk APBD saat ini, pemerintah  masih memfokuskan pada  pengendalian  pandemi Covid19,” jelasnya.

Teknologi plasma ini, diharapkan dapat lebih ramah lingkungan, merupakan teknologi dari Jerman yang telah diterapkan di beberapa wilayah di Amerika.

Sumber : Hidayat

Rakor PSN, Sekda Makassar Paparkan PSEL Teknologi Plasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 2 =

Kembali ke Atas