Susun Program Kerja 2022, TPAKD Kota Makassar Gelar Rakor

MAKASSARKOTA, MAKASSAR, – Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Makassar menggelar Rapat Koordinasi di Hotel Best Western Makassar, Senin (29/11/2021). Rakor ini dilaksanakan untuk menyusun program kerja TPAKD Kota Makassar tahun 2022. Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Ir. Rusmayani Madjid,M.SP saat mewakili Walikota Makassar, Danny Pomanto membuka acara mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Penyusunan Program Kerja TPAKD Kota Makassar Tahun 2022  diharapkan mampu menciptakan aliansi strategis yang kuat antar seluruh pemangku kepentingan  dalam mewujudkan literasi dan inklusi keuangan di tengah masyarakat.

“TPAKD yang digagas oleh OJK bersama sejumlah stakeholder, diharapkan mampu mendorong optimisme pemulihan ekonomi daerah melalui gerakan pemberdayaan, tersedianya sumber pembiayaan, optimalisasi kualitas produk, peningkatan infrastruktur keuangan, literasi, asistensi dan pendampingan“ ujar Rusmayani.

Ia juga meminta seluruh Tim TPAKD agar terus memperkuat jaringan, termasuk menjadi bagian kemitraan dengan seluruh stakeholder melalui berbagai program strategis yang efektif dan produktif.

“Melalui Rapat Koordinasi ini, kami sangat berharap lahirnya sebuah dokumen strategis, yang menjadi blue print dalam melaksanakan kerja kerja cerdas, kerja-kerja mulia untuk kemaslahatan masyarakat kita. UMKM kita telah berjuang melewati berbagai ujian sebagai penopang sekaligus tulang punggung di setiap krisis, namun saat ini mereka menjadi salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi. Olehnya itu, jangan biarkan mereka berjuang sendiri, mari kita hadir ditengah – tengah mereka memberikan yang terbaik dari apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Since Erna Lamba, SP.MP saat memberikan pengarahan mengatakan bahwa saat ini kota Makassar menjadi daerah Penyaluran KUR tertinggi di Sulsel sebesar 1.387.328 Miliar Rupiah dengan jumlah debitur sebanyak 40.484, kemudian disusul Kabupaten Bone dan Kabupaten Wajo dengan penyaluran masing-masing sebesar rp. 1.203.369 Miliar Rupiah dan 966.123 Miliar Rupiah. Selain itu, Since Erna Lamba juga memaparkan sejumlah poin penting dalam menyusun program kerja TPAKD.

“Ada lima poin penting dalam menyusun program kerja, yakni fasilitasi akses keuangan kepada UMKM sektor prioritas binaan pemerintah, mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan, fasilitasi program akses kredit atau pembiayaan melawan rentenir, mendorong budaya menabung sejak dini dengan target One Student One Account (OSOA) atau satu rekening satu pelajar (Kejar), dan yang terakhir yakni mendorong percepatan akses keuangan melalui digitalisasi produk atau layanan” ujarnya.

Dalam acara yang berlangsung sehari ini, hadir Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, dan Kemitraan Pemerintah Daerah, Bondan Kusuma, Kabag Perekonomian Pemkot Makassar, Drs. Nur Kamarul Zaman,M.Si, serta seluruh anggota Tim TPAKD Kota Makassar.

 Sumber : Hamzah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *