Tingkatkan Kualitas SAR Personelnya, BPBD Gelar Latihan Pertolongan Di Laut

MAKASSARKOTA,MAKASSAR – Peningkatkan Sumber Daya Manusia yang terampil dan berkualitas dalam segala situasi penanganan bencana alam wajib dimiliki oleh setiap anggota Search and Rescue, utamanya bagi personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar.

Hal tersebut diutarakan Kepala bidang Kedaruratan dan Kasi Logistik BPBD Kota Makassar Kepala seksi Logistik BPBD Kota  perlengkapan BPBD A. Mediyanto saat mendampingi personilnya dalam latihan pertolongan korban, di Pantai Bayam. Rabu 24/3/2021.

“Simulasi pertolongan bencana korban banjir kita laksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas, keterampilan serta kesiapsiagaan  personil BPBD, dalam membantu warga  yang terkena bencana,” katanya.

Menurutnya kesiapan setiap personil tanggap bencana, tidak hanya harus memiliki keterampilan secara teknis saja, namun harus diimbangi keterampilan yang cakap dalam menggunakan peralatan bencana. 

“Dalam latihan ini, perlengkapan yang biasanya kita pakai di lapangan, kita turunkan agar setiap personal memahami fungsi dan kegunaan masing masing perlengkapan tersebut saat terjadi bencana,” jelasnya. 

Kepala bidang Kedaruratan BPBD Makassar  Winardi menjelaskan, kegiatan pelatihan ini akan rutin dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan para personil BPBD Makassar.

“Latihan ini akan rutin kita laksanakan, tidak hanya latihan di laut namun latihan lainnya juga kita laksanakan sesuai seperti pencarian orang, membantu korban bencana alam seperti gempa dan lain lain,” Winardi.

Pada kesempatan latihan ini pihak BPBD Makassar menerjunkan 20 orang personil enam orang didalamnya adalah wanita.

Dalam latihan ini BPBD didukung oleh 1 Mobil ranger, 1 unit Perahu karet, serta 1 unit  mobil ambulance.

Sumber : Hidayat

Tingkatkan Kualitas SAR Personelnya, BPBD Gelar Latihan Pertolongan Di Laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =

Kembali ke Atas