Wali Kota Danny Terima Digital Innovation Award 2022 Atas Inovasi Digitalisasi Bidang Layanan Publik

MAKASSARKOTA,MAKASSAR, – Kesuksesan Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dalam menjalankan program kota cerdas Sombere’ and Smart City kembali membuahkan hasil dengan meraih penghargaan. 

 

Inovasi Pemkot Makassar yakni War Room Innovation for Public Service and Crime Reduction berhasil meraih penghargaan Digital Innovation Award 2022  yang diberikan oleh MNC Portal Indonesia. di Jakarta, Kamis (31/3/2022).

 

War Room yang diinisiasi Walikota Danny, menerima penghargaan untuk kategori Digital Innovation For Public Service, sebuah apresiasi kepada berbagai pihak atas penciptaan inovasi digital di bidang layanan publik.

 

Danny Pomanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada MNC Portal Indonesia atas penghargaan dan apresiasinya kepada Pemkot Makassar. Menurutnya, DIA 2022 ini menjadi pecut bagi pemerintah daerah untuk lebih berinovasi lagi.

 

Tidak hanya itu, DIA 2022 juga disebut oleh Danny memberi tambahan kekuatan bagi Indonesia untuk segera pulih melalui kemampuan adaptasi di era pandemi, di mana digitalisasi adalah solusi.

 

” Terima kasih kepada MNC karena terus membuat Indonesia memperkuat keunggulannya. Saya kira DIA 2022 mendorong pemerintah daerah untuk terus berinovasi dalam layanan publik. Apalagi di masa pandemi sekarang ini digitalisasi adalah solusi, kecepatan dan kemampuan adaptasi adalah keunggulan. Sebagaimana dikatakan Bapak Presiden, Recover Together Recover Stronger,” ujar Danny Pomanto.

 

War Room merupakan pusat data pelayanan publik real time yang terintegrasi seluruh SKPD Pemkot Makassar. Selain itu  War Room menghubungkan ratusan CCTV yang dapat dipantau selama 24 jam oleh pihak kepolisian.

 

“Dengan sistem yang ada di War Room kita dengan pihak kepolisian saling bersinergi untuk mengurangi angka tingkat kriminalitas yang terjadi di Makassar,” ujarnya.

 

Pemerintah Kota Makassar, lanjut Danny, memiliki tradisi inovasi yang berlaku setiap SKPD termasuk juga Perusda. Bahkan mempersiapkan diri menuju Makassar Kota Metaverse.

 

“Kita di  Makassar memiliki tradisi inovasi di mana setiap SKPD wajib membuat program inovatif. Sekarang setiap SKPD akan membuat konten Metaverse,” terang Danny Pomanto.

 

Diketahui, terobosan War Room yang diinisiasi Danny  pernah mendapat penghargaan dari berbagai lembaga dan instansi seperti; Kemendagri RI, Kementerian PAN/RB, Kemkominfo RI, Kemenkes dan beberapa kementerian lainnya. 

 

Juga pernah mendapat penghargaan tertinggi dari Kepolisian RI, bahkan dilirik mancanegara untuk menjalin kerjasama Kota kembar atau Sister City.

Sumber : Hidayat

Leave a Comment

Your email address will not be published.