Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Gojek Indonesia Jajaki Kerjasama Pembayaran Non Tunai GoPay Dengan Pemkot Makassar

Makassarkota – Pj. Wali Kota Makassar Iqbal S Suhaeb menerima audiens dari pihak Gojek Indonesia di Rujab Wali Kota, Jl. Penghibur, Jumat (24/5). Kunjungan Gojek Indonesia ini dalam rangka penjajakan kerjasama dengan Pemkot Makassar untuk pembayaran non tunai menggunakan aplikasi GoPay. Aplikasi GoPay sendiri merupakan metode pembayaran yang bisa digunakan untuk seluruh pembayaran utilitas hingga pembayaran pajak. “Akan segera dilakukan pembahasan tentang materi kerjasamanya,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Pemkot Makassar Najiran Syamsuddin. Karena sebelumnya menurut Najiran sudah ada kerjasama namun belum termasuk untuk fasilitas pembayaran non tunai utilitas. Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar Iqbal S Suhaeb menyambut baik hal tersebut. Ia mengatakan apa yang ditawarkan GoJek sangat memungkinkan untuk diaplikasikan di Pemerintah kota, termasuk untuk kebutuhan pajak masayarakat. Selain itu, program ini ikut mendukung gerakan non tunai nasional. “Sangat memungkinkan,” kata Iqbal. (Dayat-Cammang)

Pj Wali Kota Makassar Harap Wahdah Islamiyah Ikut Jaga Kedamaian Makassar

Makassarkota  – Pj Wali Kota Makassar Iqbal S Suhaeb berharap salah satu ormas Islam yang berpusat di Makassar, Wahdah Islamiyah ikut menjaga kedamaian di Makassar. “Saya tahu kita semua di Wahdah Islamiyah cinta dan diajarkan kedamaian. Karena itu saya berharap kita semua bisa bersama menjaga kedamaian di kota Makassar,” kata Iqbal usai salat Jumat di Mesjid Anas bin Malik,” di Kampus STIBA Manggala, Jumat, (24/5). Ada pun kata Iqbal sekaitan dengan hasil Pemilu Pilpres 2019 agar masyarakat bisa menghargai keputusan KPU sebagai penyelenggara. Karenanya Ia meminta semua pihak kembali bersatu merajut silaturahmi. Kejadian di Jakarta dan Madura tidak boleh terjadi di Makassar. Iqbal mengatakan kasus pembakaran kantor Polsek di Madura itu dikarenakan informasi hoax. Hari ini, informasi hoax begitu banyak beredar di masyarakat. Olehnya itu, peran ormas keagamaan seperti Whadah Islamiyah diharap bisa menjadi pendamai dan mampu menenangkan, serta memberi pencerahan kepada masyarakat agar tidak gampang terprovokasi informasi hoax. “Saya berharap kita semua bisa membantu pemerintah kota dalam mewujudkan ketentraman dan rasa aman di kota Makassar,” ucap Iqbal. (Dayat-Cammang)

Pj Wali Kota Makassar Turut Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Makassarkota – Beragamnya data kependudukan selama ini yang dianggap tidak valid dan seringkali berubah – ubah membuat Badan Pusat Statistik mencanangkan adanya sebuah sistem baru yang diharapkan akan menjadi sebuah terobosan untuk mendapatkan informasi yang akurat yang nantinya dapat digunakan secara maksimal di berbagai kebutuhan. Sensus penduduk ke tujuh yang akan di laksanakan pada 2020 mendatang ini diharapkan mendapat dukungan penuh dari seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia. Hal ini juga diutarakan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr Nurdin Abdullah dalam sambutannya saat membuka acara penandatangan MoU BPS bersama Universitas Hasanuddin Makassar di Ruang Rapat Senat Universitas Hasanuddin pagi tadi (23/05/2019). “Kerja sama semua pimpinan daerah dan stake holder juga akademisi sangat dapat membantu BPS dalam mensukseskan SP2020 mendatang. Sensus penduduk berbasis digital ini akan menjadi wadah informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya. Sementara itu Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb mengatakan akan mendukung penuh program pemerintah yang dianggapnya menjadi cerobong informasi yang sangat dibutuhkan. “Makassar akan mendukung penuh SP 2020 dan akan mengoptimalkan koordinasi dengan seluruh pihak terkait agar satu suara untuk Indonesia bisa di wujudkan,” tuturnya. Acara penandatangan piagam dukungan SP 2020 ini turut dihadiri oleh Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, Kepala Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono, Kepala BPS serta seluruh kepala daerah di masing masing kabupaten di Sulawesi Selatan. (Dayat-Cammang).

Pj Wali Kota Iqbal Kenalkan Ragam Budaya Makassar

Makassarkota – Kota Daeng terkenal dengan ragam budayanya yang mencuri perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Banyak tempat yang bisa dikunjungi selain kuliner yang menggugah selera. Hal ini diungkapkan Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb saat menerima kunjungan rombongan taruna Akademi Angkatan Laut (ALL) Tingkat II Korps Pelaut Angkatan ke – 66 Tahun 2018 – 2019 di Ruang kerja Wali Kota Makassar, Kamis (23/05/2019). “Makassar itu punya banyak spot yang wajib dikunjungi selain Pantai Losari, masih ada beberapa tempat pilihan menarik lainnya selain pilihan kuliner makassar yang khas,” ucap Iqbal. Pj Wali Kota Makassar mengucapkan terima kasihnya karena sudah berkunjung di Kota Daeng yang terkenal dengan keramahan dan multi etnisnya. Dalam kunjungan tersebut hadir Mayor Marinir Aang Andi Warta selaku Danyonmarhanlan VI Makassar yang sangat mengapresiasi kota Makassar. Ia berjanji akan mengajak taruna-taruni ini untuk keliling kota Makassar termasuk ke pulau – pulau yang terkenal dengan panoramanya yang indah. “Malam nanti akan kami ajak taruna – taruni berjalan jalan menyusuri indahnya Pantai Losari dengan mencicipi makanan khas seperti coto, konro, pisang epe dan lainnya. Besok rencananya akan mengunjungi pulau seperti Pulau Lae-Lae yang begitu eksotik,” ungkapnya. Hadirnya kunjungan ini diharapkan dapat menjadi bagian dari promosi kota Makassar yang bukan hanya sekedar dibicarakan namun dapat dilihat secara langsung. (Dayat-Cammang)

Pj Walikota Makassar Peringati Nuzulul Quran Bersama Pejabat Dan Warga Kota Makassar

Makassarkota – Pemerintah Kota Makassar menggelar peringatan Nuzulul Quran di halaman Kantor Balaikota Makassar, Kamis Malam 22/5/2019. Tema Nuzulul Quran Malam ke 19 Ramadhan yakni “Kita Jadikan Nuzulul Quran sebagai Motivasi Peningkatan Keimanan Dan Ketaqwaan Kita Dalam Malam Seribu Bulan”. Nuzulul Quran dirangkaikan dengan tarwih bersama jajaran Pemerintah Kota Makassar bersama warga kota Makassar, diikuti seluruh jajaran pemerintah kota diantaranya para asisten, Kepala dinas lingkup Pemkot Makassar, Kandep agama kota Makassar serta warga Kota Makassar. Dalam sambutannya Iqbal berharap di malam Nuzulul Quran ini seluruh warga kota Makasar diberi Rahmat dan berkah oleh Allah SWT. “Maka sepantasnya lah kita mengucapkan syukur di Malam bersih dan cerah ini, kita masih bisa bersaru berjamaah bersama sama disini. ini merupakan suatu yang mesti kita syukuri, “ujarnya. Iqbal juga menghimbau kepada seluruh warga kota Makassar menjelang akhir Ramadan ini untuk selalu menjaga keamanan rumah dan lingkungan sekitarnya. Menjelang akhir Ramadan tentunya banyak warga kita yang mudik, tentunya dibutuhkan keamanan bagi rumah dan lingkungan sekitarnya. Iqbal juga mengingatkan walaupun mengamankan rumah dengan berbagai alat pengamanan, seperti gembok, kamera CCTV dan menggunakan pagar yang tinggi namun, Keamanan yang paling utama adalah tetangga disekitar rumah kita. “Marilah kita saling menjaga khususnya tetangga disekitar kita, karena keamanan yang paling baik dari semua keamanan adalah tetangga dekat kita, “jelasnya. Malam Nuzulul Quran di isi dengan Tausiah yang dibawakan oleh H. Arifuddin Lewa sebagai imam tarwih dipimpin Muhammad Arfan dan yang pengajian Alquran adalah Muhammad Affandi. (Dayat-Cammang).

Skip to content