Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Purna Praja Kota Makassar Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Makassarkota – Purna Praja Kota Makassar menggelar acara buka puasa bersama anak yatim dan Pemerintah Kota Makassar di Hotel Arya Duta Makassar, Jalan Somba Opu Makassar, Minggu 26 Mei 2019. Menurut Kabag Tapem Kota Makasar Andi Mappanyukki yang juga ketua panitia buka puasa menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi dan mempererat ukhuwah antar sesama purna praja. “Di sini kita tidak mengenal merah biru ataupun warna lainnya, melainkan satu dalam keluarga, selalu menjaga ukhuwah yang harus lebih diperkuat,” katanya. Dalam kesempatan tersebut Mappanyukki menyebutkan jika selama ini Purna Praja di kota Makassar belum membentuk organisasi kepengurusan apapun. Dia berharap usai Ramadan nanti pembentukan wadah Purna Praja dapat direalisasikan. “Apapun bentuknya kepengurusan itu yang penting kegiatan purna praja dapat terkoordinir dengan sebaik – baiknya dalam satu wadah,” jelasnya. Dalam sambutannya Pj Wali Kota Iqbal menyebut purna praja adalah orang yang selalu tegak lurus, selalu ada dalam kebenaran, selalu ada untuk bangsa ini menjalankan visi – misi pemerintahan. “Purna praja bukanlah partisan, purna praja sejatinya selalu memperkokoh dan memupuk rasa korsa, mempunyai rasa juang yang tinggi kita tidak rela purna praja jika terpecah – pecah,” terang Iqbal. Pada kesempatan itu tampil ustad Rahman membawakan tausiahnya di hadapan purna praja dan anak yatim piatu. Acara kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (Dayat-Cammang)

Sambut Idul Fitri Kelurahan Rappocini Gelar Pasar Murah

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar DR M Iqbal S Suhaeb menghadiri pasar Murah yang diadakan pemerintah kelurahan Rappocini bekerja sama dengan PT Astra Group di halaman kantor Lurah Rappocini, Minggu, (26/5/2019). Pasar Murah menyediakan Sembako dengan harga ringan khususnya bagi warga yang kurang mampu di kelurahan Rappocini. Paket Sembako yang biasanya dijual dengan harga Rp 100 Ribu, di pasar murah ini hanya dibandrol seharga Rp 50 Ribu. Menurut Korwil Astra Group Suardi pasar murah ini sudah diadakan selama tiga tahun berjalan. “Ini yang ke tiga kalinya kita adakan dan bekerja sama dengan kelurahan Rappocini khususnya dalam menyambut hari raya Idul Fitri,” ucapnya. Dalam sambutannya Pj Wali Kota Iqbal mengapresiasi kelurahan Rappocini dan Astra Group yang sukses menggelar pasar murah. “Saya tidak mau ada warga yang tidak dapat merayakan Idul Fitri tahun ini. Saya harap seluruh kecamatan di kota Makassar dapat menggelar pasar murah seperti ini agar bukan saja warga di kelurahan ini yang menikmati namun seluruh warga kota Makassar yang kurang mampu dapat merasakan lebaran tahun ini,” jelasnya. Iqbal melanjutkan walaupun Sembako yang dibeli dengan harga murah, namun nantinya akan dikembalikan lagi kepada warga dalam bentuk CSR berupa bantuan pembangunan dan sarana pendidikan. Pada Kesempatan tersebut Iqbal di daulat untuk meresmikan Perpustakaan Lorong yang dinamai dengan Perpustakaan Komunitas Anak Cerdas. (Dayat-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Shalat Subuh Berjamaah Di Masjid Al Ikhlas Kompleks UMI

Makassarkota –  Hari ke- 21 Ramadan Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb melaksanakan shalat Subuh berjamaah dalam rangka Safari Ramadan yang digelar Pemerintah Kota Makasssr. Shalat Subuh Safari Ramadhan Tahun 1440 H diadakan di Masjid Al Ikhlas Kompleks Perumahan UMI Baru, Kelurahan Karampuang, Kecamatan Panakukang, Minggu (26/5). Dalam tausiahnya Iqbal menyampaikan kepada jamaah masjid untuk selalu berbuat kebaikan. Dia mengatakan hendaklah ada seorang diantara kamu untuk selalu menyerukan kebaikan dan menghindari hal – hal yang mungkar. “Hendaklah kita semua termasuk di dalamnya, yaitu orang – orang yang selalu membawa kebaikan antar sesamanya,” ingatnya. Iqbal yang juga Pengurus Dewan Masjid Indonesia ini, menghimbau kepada Masyarakat untuk selalu menjaga kota Makassar tetap kondusif, aman, dan damai pasca pengumuman hasil Pemilu lalu. Dia berharap apa yang terjadi berkaitan dengan Pilpres berupa demo tidak terjadi di Makassar. Menurutnya, pemerintah telah melakukan hal yang terbaik dalam Pemilu kemarin untuk memilih pemimpin. “Kalaupun ada yang tidak menerima keputusan pada pengumuman Pilpres semuanya harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, kita jangan ikut – ikut menyebarkan hoaks yang belum tentu kebenarannya,” pesannya. Iqbal juga menghimbau kepada masyarakat jika menemukan hal yang tidak baik dan ada indikasi mengganggu ketertiban dan kemanan di wilayahnya untuk segera berkoordinasi dengan camat maupun lurahnya. “Dengan melakukan koordinasi dan melaporkan setiap hal yang terindikasi mengganggu keamanan dan ketertiban jauh lebih efektif jika aparat pemerintah yang menyelesaikan,” jelasnya. Di akhir sambutannya Pj Wali Kota Iqbal menyerahkan bantuan kepada pengurus Yayasan Masjid Al Ikhlas disaksikan oleh Ketua Yayasan Masjid Al Ikhlas Aris Alimuddin, Sekda Kota Makassar Muh. Ansar, Staf Ahli Bidang I Andi Bukti Djufri, Camat Panakkukang Andi Pangeran, serta lurah di Kecamatan Panakkukang. (Dayat-Cammang).

Pj Walikota Makassar Apresiasi Perayaan Konser Spiritual Permabudhi Sulsel

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar DR M Iqbal S Suhaeb mengapresiasi konser spiritual yang digelar Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Sulawesi Selatan di Phinisi Ball Room Claro Hotel jalan A P Pettarani, Minggu (26/5). Pj Wali Kota Iqbal mengatakan konser spiritual ini ekspresi kecintaan umat Budha terhadap saudara – saudaranya yang berbeda keyakinan sekaligus merayakan hari suci Waisak.   “Ini adalah wujud penghargaan terhadap nilai – nilai persaudaraan dan kemanusiaan yang bersifat universal,” kata Pj Wali Kota Iqbal. Ia berharap acara yang digagas oleh Permabudhi Sulsel dapat menciptakan rasa damai dan rukun dalam persaudaraan dan silaturahmi antara sesama. Ketua DPD Permabudhi Sulsel Yongris mengatakan acara spiritual konser Lighy Up merupakan puncak dari Hari Raya Waisak di Sulawesi Selatan khususnya di kota Makassar. Dia mengatakan sebelum puncak acara ini diadakan pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial di masyarakat. “Sebelumnya kita sudah melaksanakan beberapa kegiatan sosial berupa sunatan massal, donor darah, meditasi bersama dan open house. Hari ini kita adakan puncak perayaan Waisak, rencananya kami mau buat dalam bentuk resepsi namun karena bulan puasa, maka kita sajikan dalam bentuk spiritual konser, “ucapnya. Menurut Yonggris kegiatan ini sebagai penghargaan atas nilai – nilai kebajikan, kedamaian, dan kerukunan yang selama ini kita jaga dan perjuangkan di Indonesia. Hadir dalam kesempatan acara tersebut Sekda Pemprov Sulsel Abdul Hayat pimpinan majelis Wihara, lintas tokoh agama dan rektor perguruan tinggi. (Dayat/Cammang)

Skip to content