Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Pj Wali Kota Makassar Pastikan Kelayakan Losari

Makassarkota  – Menindaklanjuti rapat koordinasi pekan lalu, siang tadi Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb kembali mengunjungi Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur untuk memastikan kebersihan dan kelayakan losari sebagai salah satu destinasi wisata di Makassar (2/05/2019). Di Losari, tampak Iqbal memantau secara detail keadaaan pantai. Dimulai dari kebersihan lantai serta sampah bekas makanan pengunjung, juga terlihat mengarahkan spot atau area mana saja yang bisa digunakan untuk sebuah pagelaran acara agar pengunjung tetap bisa leluasa menikmati indahnya Makassar di Losari. “Losari adalah ikon kota Makassar yang perlu dijaga. Olehnya itu, mari sama – sama menciptakan kebersihan dan buang sampah pada tempatnya agar tempat ini bisa terawat dan dinikmati anak cucu kelak,” ujarnya. Lebih lanjut Iqbal mengatakan perlunya penataan lapak para pedagang agar estetika tempat juga masih tetap terjaga. “Pedagang kita atur tempat jualannya biar terlihat rapi dan tetap menarik,” kata Iqbal. Dalam tinjauannya di Losari ini tampak beberapa Satgas kebersihan kota Makassar sedang membersihkan lantai anjungan. Di akhir tinjauan Pj Wali Kota yang turut didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Kamelia Thamrin Tantu, perwakilan pemerintahan kelurahan dan kecamatan Ujung Pandang. Adapula perwakilan dari Grab yang menyerahkan 23 paket Sembako kepada para petugas kebersihan sebagai ucapan terima kasih atas dedikasinya untuk kota Anging Mammiri. (Nana-Cammang)

Pj Wali Kota Makassar Sidak Pasar Jelang Lebaran

Makassarkota – Menjelang hari raya Idul Fitri seperti kebiasaan yang lazim terjadi di masyarakat, warga sudah berbondong – bondong mengunjungi pasar untuk membeli kebutuhan yang akan digunakannya di hari kemenangan nanti. Momen ini tentunya disambut baik oleh pedagang yang turut ramai menjajakan jualannya untuk memenuhi kebutuhan warga. Beberapa pasar akan tumpah ruah. Penuh sesak oleh masyarakat yang ingin berbelanja. Melihat fenomena ini Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb bersama Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah, siang tadi (02/05/2019) menyempatkan berkunjung ke beberapa pasar seperti Pasar Sentral, Pasar Terong, dan Pasar Pa’baeng – baeng. Dalam kunjungannya kali ini Iqbal mengaku jumlah pasokan dan juga harga bahan pokok masih stabil dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. “Siang ini saya bersama bapak gubernur meninjau tiga pasar yang ada di kota Makassar dan hasil Sidak kami stok bahan kebutuhan masyarakat masih aman dan harga tetap stabil,” ujar Iqbal. Lebih lanjut Pj Wali Kota Makassar mengatakan dari hasil Sidak ini selain memantau stok dan harga juga untuk melihat bagaimana kondisi di setiap pasar. “Kebersihan dan tata kelola pasar masih harus menjadi sorotan dinas terkait untuk segera melakukan koordinasi beserta tim agar tercipta pasar layak dan sehat seperti yang selama ini kita impikan bersama,” pungkasnya. (Nana-Cammang)

Iqbal Doakan Makassar Aman Dan Damai Di Penghujung Ramadan

Makassarkota – Memasuki penghujung Ramadan di malam ke – 29, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb melaksanakan shalat Itiqaf di Masjid Raya Makassar, Senin (2/06/2019). Iqbal menempati saf paling depan bersama jamaah lainnya. Di saf ke dua nampak Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Muhammad Mario Said, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Makassar Dahyal. Mengenakan baju koko muslim berwarna hitam dengan aksen biru, abu – abu, Iqbal terlihat khusyuk dalam menjalankan ibadah. Wajahnya tertunduk, ada banyak doa dan harapan yang ia panjatkan. Kehadirannya di Masjid Raya selain ingin mencurahkan segala harapannya dalam sujud, juga ingin berbaur dengan seluruh warga kota Makassar yang beramai – ramai melaksanakan shalat Itikaf di masjid ini. Pj Wali Kota Iqbal berharap agar seluruh warga dapat menyambut hari kemenangan Idul Fitri nanti dengan perasaan aman dan damai. “Bulan Ramadan akan segera berlalu dan hari kemenangan sudah di depan mata semoga Makassar tetap aman agar seluruh warga kota dapat tenang dan damai dalam menyambut Idul Fitri,” harap Iqbal. Ia juga mendoakan warga Makassar agar hidup rukun, saling menghormati dan menghargai di tengah keberagaman sebab menurut Iqbal, Makassar adalah kota yang dihuni dari beragam suku, agama, etnis, dan budaya. “Semoga kita semua dapat memelihara dan menjaga tolenrasi dalam masyarakat yang majemuk ini,” pinta Iqbal. (Nana-Cammang)

Pj Wali Kota Imbau Tidak Parkir Di Jalur Pedestrian

Makassarkota – Menanggapi membludaknya pengguna parkir di pusat – pusat perbelanjaan jelang lebaran, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb menghimbau agar tidak menjadikan pedestrian sebagai lahan parkir. Iqbal pun meminta agar pihak PD Parkir tidak memungut parkir di area terlarang. Meski itu sifatnya insidentil, namun Iqbal tetap tidak memperkenankan jalur pedestrian ditempati parkir. “Kalau parkirnya di jalur pedestrian, pejalan kaki di mana? Pejalan kaki juga punya hak, kalau pedestrian itu haknya pejalan kaki, tidak bisa,” ucapnya saat ditemui di Rujab Wali Kota, Minggu (2/6). Hal tersebut langsung direspon cepat PD Parkir Makassar Raya. Dirut PD Parkir Makassar Raya Satriani Ulfiah Mungkasa berjanji akan segera menertibkan dan lebih memaksimalkan lagi pengawasan. Fifi sapaan Dirut PD Parkir mengatakan jika pihaknya memang tidak pernah membenarkan jalur pedestrian sebagai tempat parkir. “Inisiatif jukir sendirilah yang mengarahkan pengendara untuk memarkir kendaraan di atas jalur pedestrian. Kami akan segera tertibkan dan maksimalkan pengawasan,” tegasnya saat dikonfirmasi. Fifi mensinyalir, situasi dan kondisi karena terjadi pembludakan pengunjung toko menjelang lebaran serta padatnya kendaraan di pusat – pusat perbelanjaan menyebabkan beberapa jukir berinisitif sendiri memakai jalur pedestrian. Sementara memang tidak banyak tempat di Jl Pasar Butung, Jl Sulawesi, maupun di Jl Tentara Pelajar yang bisa dijadikan tempat parkir. “Mungkin dia berfikir daripada parkiran meluber ke bahu jalan, makanya dia gunakan pedestrian. Tujuannya supaya tidak menyebabkan jalanan macet. Tapi mereka lupa kalau pedestrian itu peruntukannya buat pejalan kaki,” ungkap Fifi. Memang beberapa hari terakhir perparkiran yang mendapat banyak sorotan yakni di kawasan Pasar Butung. Karena itu Fifi mengatakan mobil patroli PD Parkir sudah terus mobile menegur dan memberi imbauan kepada jukir di kawasan tersebut. Tinggal, kata dia harus lebih dimaksimalkan lagi agar ketertiban pengguna parkir tetap terjaga sehingga tidak ada pihak – pihak yang merasa dirugikan. (Idris-Cammang)

Skip to content