Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Kehadiran Pegawai Lingkup Pemkot Pasca Libur Idul Fitri Capai 95 Persen

Makassarkota – Selepas upacara di lapangan kantor Balaikota, Pj Walikota Makassar di dampingi Sekda kota Makassar, Asisten I, Asisten II, Kepala BKD, Kabag Humas melakukan kunjungan ke dinas-dinas. “Kungan ke dinas-dinas sebagai bagian dari silaturahmi, selepas idul fitri,” ujar Iqbal S Suhaeb, Senin (10/06/2019). Kunjungan pertama, Pj Walikota bersama rombongan menuju ke di Dinas Pendapatan Daerah, dilanjutkan ke dinas tata ruang dan bangunan, dan lingkungan hidup. Berdasarkan laporan sekretaris masing-masing dinas, diketahui kehadiran pegawai negeri sipil maupu honorer berada di atas 95 persen. Dispenda dan DTRB kehadiran mencapai 100 persen, sedangkan DLH kehadiran 99 persen, dikarenakan 2 pegawai sedang izin pasca operasi dan melahirkan. Kunjungan dilanjutkan ke Dinas Kearsipan, Dinas Kelautan, dan dinas PU. Di dinas PU, terdapat 6 pegawai yang dinyatakan tidak hadir tanpa keterangan dari 475 pegawai. “Untuk pegawai yang tidak hadir, harap dicek, untuk memastikan kondisi mereka apakah baik-baik saja, sesama pegawai kita harus saling peduli,” ujarnya. Selepas dari Dinas PU, Pj Walikota bersama rombongan melanjutkan ke Dinas Kesehatan, Inspektorat, Dinas Catatan Sipil dan Berakhir di kantor Camat Rappocini. Disetiap dinas yang dikunjungi, Pj walikota juga menyempatkan membahas beberapa program masing-masing dinas agar dapat segera terealisasi. Beberapa program yang sempat dibahas yakni Kebersihan yang akan dijadikan sebagai program utama, program Jumat ibadah, Sabtu Bersih, dan Ahad Sehat. “Akan dibuatkan perda bebas kantong plastik kota Makassar,” ujarnya saat silaturahmi di dinas lingkungan hidup. (Dayat-Cammang).

Tiap Pekan PKK Kota Makassar Gelar Jumat Berkah, Sabtu Bersih, Dan Minggu Sehat

Makassarkota – Pj Ketua TP PKK Kota Makassar yang juga Ketua Dekranasda Kota Makassar Murni Iqbal Suhaeb punya inovasi bagi organisasi wanita di Makassar. Ia ingin menyatukan TP PKK Kota Makassar, DWP Kota Makassar, dan Dekranasda Kota Makassar dalam tiga kegiatan yang disebutnya Jumat berkah, Sabtu bersih, dan Minggu sehat. Itu diungkapkannya saat bertatap muka dengan pengurus Dekranasda Kota Makassar di Serambi Dekranasda Kota Makassar, Senin (10/06). Pertemuan itu sekaligus perkenalan Murni sebagai Ketua Dekranasda Kota Makassar sejak ia dilantik pada 13 Mei lalu. “Jumat berkah kita isi dengan kegiatan keagamaan semisal kajian Alqur’an dan hadis. Sabtu bersih kita giatkan kerja bakti dan bersih – bersih lingkungan. Adapun Minggu sehat diisi dengan kegiatan olah raga seperti bersepeda atau jalan santai,” terang Murni. Inovasi itu juga sejalan dengan harapan Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb yang menginginkan Makassar menjadi kota yang bersih, sehat, dan religius. “Kami mengharapkan organisasi wanita di Makassar khususnya TP PKK, Dekranasda, dan DWP Kota Makassar dapat bersinergi dengan program dan kebijakan pemerintah kota,” harap Murni. (Dayat-Cammang).

Pesan Pj Walikota Iqbal, Di Senin Perdana Pasca Lebaran

Makassarkota – Senin perdana setelah hari raya Idul Fitri 1440 H, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb, menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pegawai lingkup Pemerintah Kota Makassar saat menjadi inspektur upacara di halaman kantor Balaikota, Senin (10/06/2019). Selain itu, Iqbal juga menyampaikan terima kasih, atas kedisplinan para pegawai yang telah menunaikan tugas. “Diharapkan pekerjaan – pekerjaan dipacu, dikerjakan berbagai program yang belum terukur dan terarah,” ujarnya. Laporan terakhir sebelum lebaran, daya serap masih rendah di bawah 30 persen, dan diharapkan di bulan Juni ini dapat lebih dimaksimalkan. Demikian diungkapkan Iqbal menyemangati para peserta upacara. “Hal ini agar apa yang diinginkan oleh masyarakat dapat segera kita realisasikan,” lanjutnya. Di kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Iqbal mengingatkan fungsi ASN untuk mengabdi kepada masyarakat, bukan kepada sekelompok orang. “Jaga netralitas, profesional dalam bertugas, percaya diri,” lanjutnya. Akhir upacara diisi dengan halal bil halal, saling memafkan antara seluruh pegawai pemerintah lingkup kota Makassar. (Pike/Cammang).

Taufiek Rachman Pimpin Upacara Di Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran

Makassarkota – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menggelar upacara bendera di hari pertama kerja pasca libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H di halaman Kantor BPBD, Jalan Kerung-Kerung (eks THR Makassar), Senin (10/06). Upacara bendera dipimpin langsung Kepala Pelaksana BPBD, Taufiek Rachman yang diikuti seluruh pejabat dan staf BPBD ditambah personel dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar. Dalam amanatnya, Taufiek menghimbau kepada seluruh pejabat dan staf BPBD untuk selalu disiplin terutama terhadap tugas dan tanggung jawabnya. “Kurang lebih lima bulan berada di BPBD, tentunya ada perubahan-perubahan yang diharapkan terutama kedisiplinan seluruh pejabat dan staf dalam melaksanakan tugasnya”, himbaunya. Taufiek juga mengapresiasi kinerja personel BPBD yang senantiasa waspada dan siaga 1×24 jam terhadap potensi bencana pada Posko Siaga Hari Raya Idul Fitri 2019. “Apresiasi buat personel BPBD yang selalu stand by pada posko siaga selama pemantauan arus mudik sampai pasca lebaran idul fitri”, katanya. Taufiek mengungkapkan, di saat masyarakat menikmati libur dan cuti bersama, kita di BPBD tetap bekerja memantau kondisi dan potensi bencana yang kemungkinan terjadi di wilayah Makassar. Sebelumnya, di Posko Siaga mulai dari pemantauan arus mudik sampai libur pasca hari lebaran, BPBD menugaskan sedikitnya 35 personel BPBD. Personel terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC), Petugas Posko dan Relawan disiagakan di Posko BPBD, Carester (Ujung Tanah, Manggala dan Biringkanaya) dan dua posko lapangan yakni Posko Siaga Pelabuhan Paotere dan Posko Siaga Terminal Malengkeri ditambah Posko Siaga di Tanjung Bayang pasca hari lebaran. Setelah pelaksanaan upacara bendera, memanfaatkan momentum lebaran, tak lupa seluruh pejabat dan staf BPBD saling berjabat tangan memaafkan satu dengan yang lain. (HumasBPBD/Cammang).

Skip to content