Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Sekda Makassar Pimpin Rakor Gema Sabtu Bersih

Makassarkota – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar A M Ansar memimpin rapat koordinasi dalam rangka membahas program dan rencana aksi Gerakan Makassar (Gema) Sabtu bersih di ruang Sipakalebbi Kantor Wali Kota, Rabu (12/6/2019). Program dan rencana Gema Sabtu bersih merupakan program Pemerintah Kota Makassar dalam menangani pengelolaan sampah seperti sampah rumah tangga, dan kanal yang ada di kota Makassar. Untuk itu A M Ansar bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Rusmayani Madjid beserta 15 Camat Kota Makassar membahas konsep yang akan diterapkan saat launching Gema Sabtu bersih. Rusmayani mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka pencananganan Gema Sabtu bersih ini. “Kita akan melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam Gema Sabtu bersih, seperti melibatkan unsur pemerintah mulai dari SKPD, Camat hingga tingkat bawah Lurah dan RT/TW,” ujarnya. Selain melibatkan pemerintah kota, peran serta masyarakat, dari dunia pendidikan dan swasta harus memberi dukungan pada kegiatan pencanganan ini. “Jadi semua harus terlibat secara masif, kita akan buat surat edaran dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada, jadi konsepnya harus jelas dulu jangan sampai kita tidak siap karena kegiatan ini melibatkan semua elemen masyarakat,” jelasnya. (Dayat-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Ikut Donor Darah

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb ikut mendonorkan darah di halal bi halal yang diadakan Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Makassar di Rumah Makan Torani, Jalan Urip Sumihardjo, Rabu (12/06/2019). Menurut Iqbal, donor darah baik bagi kesehatan karena bisa memperlancar aliran darah juga memperpanjang usia. “Donor darah itu banyak manfaatnya. Selain memperlancar aliran darah dapat pula meningkatkan produksi sel darah merah,” kata Iqbal. Ia menambahkan donor darah juga dapat memperpanjang usia dan tidak kalah pentingnya bisa mendeteksi penyakit serius yang mungkin saja bersarang di tubuh kita. Dalam kegiatan donor darah ini Iqbal pun mengajak beberapa anggota SKPD lainnya agar turut menyumbangkan darahnya sehingga dapat membantu sesama yang saat ini sedang membutuhkan pertolongan darah. (Dayat-Cammang).

Dinas PU Kota Makassar Gelar Rakor Penanganan Kebersihan Dan Fungsi Kanal

Makassarkota – Pemerintah Kota Makassar peduli dengan kebersihan kanal dan menjadi perhatian serius bagi Pemkot Makassar untuk lebih menjaga dan memelihara kebersihannya. Hal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muh. Ansar memimpin langsung rakor yang dihadiri seluruh stakeholder jajaran Dinas PU Kota Makassar. Humas Dinas PU kota Makassar Hamka Darwis mengatakan point yang paling utama dibahas dalam rakor ini terkait dengan instruksi Pj Walikota mengenai masalah kebersihan dan fungsi kanal. ”Dalam Rakor kita membahas mengenai pembagian tugas masing-masing stakeholder untuk menangani sampah di kanal. Ini berdasarkan instruksi dari Pj Walikota agar kebersihan kanal dapat terjaga ,”jelas Hamka. Kata Hamka pembagian tugas di terapkan dalam rangka meringankan beban kerja satuan petugas kebersihan. Masing-masing stakeholder yang dilibatkan dalam menangani kebersihan dan fungsi kanal antara lain DPU, DLH, Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, Pasar, Kodim, Polres, Polsek, Koramil, Pihak Hotel, Restaurant, dan sejumlah pihak terkait lainnya. (Dayat-Cammang).

Skip to content