Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal : Advokat Harus Hadir Di Tengah Masyarakat Tak Mampu

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar, Dr M Iqbal S Suhaeb menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Makassar di Hotel Novotel Makassar, Sabtu (15/6/19). Ada 100 advokat yang dilantik sebagai pengurus DPC AAI Makassar. Selain itu, pelantikan ini juga untuk mengisi jabatan dewan kehormatan dan dewan penasehat AAI Makassar. Iqbal mendukung kegiatan tersebut. Katanya, hal ini perlu untuk menyatukan visi dan misi advokat khususnya di kota Makassar. “Advokat Makassar harus menjunjung tinggi serta menjaga nama baik dan kehormatan organisasi serta profesi advokat Indonesia,” ucapnya. Menurutnya, advokat harus menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran. Serta tak lupa harus melaksanakan AD/ART AAI dengan penuh tanggung jawab. Ia juga berpesan agar advokat bisa hadir di tengah masyarakat yang kurang mampu. “Harapan saya, anggota AAI harus bisa mengangkat dan membela hak masyarakat yang tidak mampu,” harapnya. (Inda-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Komitmen Majukan Pendidikan Di Kota Makassar

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar, Dr M Iqbal S Suhaeb berkomitmen memajukan pendidikan di Kota Makassar khususnya tingkat SD dan SMP. Hal itu disampaikan langsung di hadapan ratusan guru yang hadir dalam halalbihalal Dinas Pendidikan Kota Makassar, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Sabtu (15/6/19). “Tantangan terbesar dunia pendidikan saat ini adalah kehadiran ponsel pintar. Anak didik kita perlu diarahkan agar bijak menggunakannya. Jangan sampai anak – anak kita menjadi jauh dari lingkungan sosialnya. Ruang interaksi dengan lingkungannya semakin terbatas,” ucap Iqbal. Menurut Kadis Pendidikan Kota Makassar Rahman Bando, Makassar mengalami kekurangan tenaga pendidik sekitar 2 ribu orang. Sementara, untuk ruang belajar masih kurang 1.452 ruang. Menyikapi hal itu, Pj Wali Kota Iqbal berkomitmen menambah jumlah tenaga pendidik di Makassar untuk menutupi kekurangan itu. “Tahun ini Pemkot Makassar mengusulkan formasi CPNS sebanyak 511 yang didominasi tenaga pendidik dan kesehatan. Kita harapkan usulan itu dapat mengurangi kesenjangan antara jumlah peserta didik dan tenaga pengajar,” kata Iqbal. Ia juga mengatakan akan lebih memperhatikan kondisi tenaga pendidik agar bisa lebih fokus pada tugas pembinaan generasi penerus melalui proses belajar mengajar yang berkualitas. (Inda-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Hadiri Syawalan 1440 H Pimpinan Muhammadiyah

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb menghadiri acara Syawalan 1440 H Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini digelar langsung PW Muhammadiyah Sulsel bersama civitas akademika Unismuh Makassar dan PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) se – Sulsel, di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah Unismuh Makassar, Sabtu (15/6/19). Disebutnya sebagai Syawalan  karena acara ini dilakukan di bulan Syawal. Syawalan, selain dapat dimaknai sebagai acara silaturahmi yang dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah Ramadan, juga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peringatan akan harapan – harapan di masa depan. “Sebagai sebuah sikap dalam kehidupan sebagai muslim perlu dipertegas bahwa Muhammadiyah itu adalah muslim. Muhammadiyah itu adalah ummatan muslimatan,” ucap Iqbal. Kegiatan ini juga menurutnya sebagai cerminan jikalau umat Islam itu saling mendoakan, dan saling menyelamatkan. (Inda-Cammang)

Buka Resmi Rapat Tahunan KONI Makassar, Iqbal : Tingkatkan Prestasi

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb membuka secara resmi rapat tahunan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Makassar, di Hotel Santika, Sabtu (15/6/19). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum KONI Makassar Agar Jaya, sekretaris, bendahara serta koordinator Cabor (Cabang olah raga) setiap kecamatan. Kegiatan ini digelar selama dua hari. Dalam sambutannya, Iqbal mengatakan penanganan keolahragaan tidak dapat lagi ditangani sekadarnya. Tetapi harus ditangani secara profesional. Pembentukan dan pembangunan hubungan kerja pihak terkait, harmonisasi, sinergis, timbal balik dan saling mendukung demi kepentingan bersama. “KONI terbentuk didasari cita-cita nasional yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa karena itu KONI dibentuk sebagai subsistem keolahragaan nasional,” ungkapnya. Hadirnya KONI ini memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanaan pembinaan serta peningkatan atlet, kinerja wasit, pelatih dan manajer. “Saya harap rapat tahunan ini dapat membuahkan hasil yang lebih baik dengan target-target yang lebih memuaskan dan peningkatan prestasi,” harapnya. Sementara, Ketua Umum KONI Makassar, Agar Jaya menjelaskan ada beberapa hal penting yang akan dibahas pada rapat tahunan ini. Salah satunya ialah program kerja KONI Makassar selama satu tahun ke depan. “Selain itu, kita juga akan membahas dan menetapkan keanggotaan,” kuncinya (Inda-Cammang)

Iqbal Suhaeb Hadiri Halal Bihalal KKS Dan KKMB

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb menghadiri Halal Bihalal Kerukunan Keluarga Soppeng (KKS) 1440 H/2019 M di Sandeq Hall Hotel Claro Makasssr, Jumat (14/6/2019). Halal Bihalal ini mengusung tema “Merajut Harmoni dalam Keberagaman Guna Memperat Ukhuwah Islamiah”. Dalam sambutannya Pj Wali Kota Iqbal mengajak seluruh warga Soppeng baik itu yang berada di Makassar maupun di Soppeng agar selalu menjaga ukhuwah islamiah dengan bersilaturahmi. “Kami sangat bersyukur bisa hadir dalam acara ini, dapat bertemu dengan seluruh masyarakat Soppeng. Atas nama pribadi dan pemerintah kota, kami mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum,” ucapnya. Hadir pada halal Bihalal ini, tokoh masyarakat Soppeng Brigjen Pol (Purn) Burhanuddin Andi, Ketua Panitia Syarifuddin Wahid, dan pimpinan OPD Pemkab Soppeng. Menurut Syarifuddin Wahid, selama bulan suci Ramadan, KKS telah melaksanakan berbagai kegiatan Ramadan baik itu di Makassar maupun di Soppeng diantaranya anjangsana ke panti asuhan, buka puasa bersama, dan kegiatan amaliah Ramadan lainnya. Usai menghadiri halal bihalal KKS, Pj Wali Kota Iqbal melanjutkan ke Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman untuk menghadiri halal bihalal Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) di jalan Yusuf Dg Awing. Sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Makassar terlihat mendampingi Pj Wali Kota Iqbal. Hadir pada kesempatan itu pula Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Sekprov Sulsel Abdul Hayat, dan Gubernur Sulsel VI Amin Syam. (Dayat-Cammang).

Sakti Peksos Dinsos Kota Makassar Memulangkan Hasil Razia Anak Jalanan Kembali Ke Orang Tuanya Di Timika

Makassarkota – Dinsos Kota Makassar dua bulan terakhir sangat intens mengelar razia anak jalanan di sejumlah jalan di Makassar utamanya selama ramadan. Dalam razia ini, Dinsos mengamankan sekitar 8 anak jalanan yang berasal dari luar kota Makassar umumnya mereka berkeliaran di perempatan jalan (trafficlight). “Kami mengamanakan sekitar 8 anak jalanan, rata-rata berkedok meminta-minta dan menjual tissu diperempatan traffic light Juga di bawah jembatan fly over dan seputaran simpang bandara Maros-Makassar,” kata Sekretaris Dinas Sosial Kota Makassar, Ade Ismar Gobel, di Makassar, sabtu Dini hari (15/06/2019). Pada patroli tim gabungan Dinsos Makassar (TRC saribattang) kepolisian dan Satpol PP, ada juga Anak Jalanan yang terindikasi mabuk lem, untuk kasus seperti Pemerintah Kota Makassar melalui Dinsos bekerjasama dengan YKP2N (Yayasan Kelompok Peduli Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-obatan) dalam penanganannya, ungkap Ismar Kemarin Selama Bulan ramadhan, Anak Jalanan di Makassar lebih banyak beraktifitas pada malam hari dan memang umumnya rata-rata mereka berasal dari luar Kota Makassar, ini kami ketahui setelah dilakukan Assestmen pasca razia, Selain anak jalanan, Dinsos juga mengelar rasia PSK, Waria dan pasangan mesum yang berbuat tak senonoh di rumah kos selama ramadhan, Ujarnya Hari Ini teman-teman dari Tim Reaksi Cepat Dinas Sosial Kota Makassar (TRC Saribattang) bersama Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) telah bekerjasama untuk memulangkan salah satu anak dari hasil razia Anak Jalanan beberapa Waktu Lalu yang ternyata korban eksploitasi anak oleh tantenya sendiri yang berinisial SI. Orang tua Anak Ini merantau dan berdomisili di Timika Papua, anak jalanan bernama April ini sebelumnya mendapatkan perawatan dari salah satu peksos Dinas Sosial Kota Makassar (ibu Dahlia); setelah mendapatkan informasi yang cukup anak tersebut kami terbangkan ke Timika Dinihari Ini melalui Bandara Sultah Hasanuddin (Maros-Makassar), Tutup Sekdis Sosial. (HumasDinsos-Cammang).

Skip to content