Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

DPRD Kota Palu Melakukan Kunjungan Kerja Dibeberapa OPD Kota Makassar

Makassarkota – Kepala Dinas Sosial (Kadis) Kota Makassar, Akhmad Namsum didampingi Sekretaris Dinas (Sekdis) Sosial, Ade Ismar Gobel menerima kunjungan kerja rombongan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palu, di ruang kerja Kantor Dinas Sosial Kota Makassar. Senin, 17/06/2019. Adapun maksud kedatangan rombongan Anggota DPRD Kota Palu ini untuk melihat sekaligus belajar mengenai proses kerja penyaluran bantuan bencana selama ini yang di terapkan pemerintah kota makassar dalam hal ini Dinas Sosial. ” Jadi maksud kedatangan kami di kantor Dinas Sosial Kota Makassar ini guna membahas dan saling sharing terkait proses kerja penyaluran bantuan bencana yang sempat terjadi dikota Palu yang membuat warga palu banyak kehilangan baik dari anggota keluarga, tempat tinggal maupun materi”, Ungkap Salah satu anggota rombongan. Pada kesempatan ini, Akhmad Namsum selaku Kadis sosial Kota Makassar menjelaskan proses penyaluran bantuan untuk korban bencana. ” Sebelum menyalurkan bantuan terlebih dahulu kita harus memiliki rincian data-data korban bencana, mulai dari berapa kepala keluarga dan berapa anggota keluarga yg terkena dampak bencana dan juga kita harus tahu apa yang menjadi kebutuhan mendesak bagi para korban bencana dan setelah baru lah kita siapkan”, Ucapnya Sementara Sekdis Sosial, Ade Ismar Gobel pun menambahkan bahwa dalam teknis lapangan setelah segala kebutuhan telah disiapkan maka penyaluran bantuan korban bencana harus tepat sasaran makanya itu ada data dan nama-nama yang akan menerima bantuan. (HumasDinsos-Cammang).

Iqbal Suhaeb Target Data Capaian RPJMD 2014 – 2019 Rampung Dalam Dua Hari

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb menargetkan dalam dua hari ke depan, data capaian RPJMD kota Makassar tahun 2014 – 2019 rampung hingga 100 persen. Hal ini ia ungkapkan usai menghadiri ekspos hasil pemeriksaan inspektorat provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka hasil pemeriksaan akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota periode 2014 – 2019 terhadap capaian RPJMD kota Makassar di Ruang Sipakatau, Selasa (18/6). “Memang hasil ekspos sementara yang dilakukan masih banyak data – data yang kurang sehingga kinerja kita di situ belum maksimal,” ucap Iqbal. Karena itu ia menginstruksikan ke seluruh SKPD, terutama yang belum melengkapi data agar segera melakukan perbaikan. Ia pun memberi target dua hari kerja ke depan, sebelum finalisasi oleh inspektorat provinsi Sulawesi Selatan 21 Juni 2019. Kepala Inspektorat Kota Makassar Zainal Ibrahim menjelaskan ada tiga indikator yang mesti menjadi perhatian untuk dilakukan perbaikan ke depan. Yakni kesejahteraan masyarakat, daya saing daerah, dan pelayanan umum. “Dari ketiga indikator ini yang masih perlu diperbaiki adalah daya saing daerah. Hasil penilaiannya rendah bukan karena nilainya rendah. Akan tetapi data dari beberapa SKPD belum masuk,” katanya. (Idris-Cammang)

Iqbal Suhaeb Tinjau Kesiapan Kelurahan Buloa Ikut Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb meninjau kesiapan Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo yang akan berkompetisi pada Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019, Selasa, (18/6/2019). Ia terlihat mengecek dan memberi arahan kepada pekerja dari Dinas PU Makassar yang memperbaiki drainase agar memperhatikan kelancaran aliran saluran air tersebut. Beberapa bangunan yang berada di atas got dan penyebab penyumbatan saluran juga diminta segera dibongkar. Setelah itu, Iqbal kembali berkeliling melanjutkan peninjauan kelayakan fasilitas umum di tempat itu. “Kami sudah minta Dinas PU Kota Makassar untuk membenahi segera jalan di sini, paving blok yang sudah rusak agar diaspal. Begitu pun bibir drainase yang sudah rusak segera diperbaiki,” ucap Iqbal. Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Andi Rahmat Mappatoba mengatakan Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Provinsi ini akan dihelat pada bulan Juli mendatang. Pada penilaian untuk tingkat Kota Makassar sebelumnya, Kelurahan Buloa berhasil meraih juara I. Ia berharap Kelurahan Buloa bisa kembali merebut juara I di tingkat provinsi bulan depan. “Ada 23 paket penilaian. Puncaknya pada tanggal 4 Juli, bulan depan,” pungkasnya. Ada pun 23 paket penilaian yang dimaksud: 1. Kejar Paket A, B, C, dan kejar usaha – PAUD dan Taman Bermain 2. Pustu, Posyandu, UKS, dan Longset – Kelompok Lansia 3. TTG, Usaha Ekonomi Kreatif, (pembuatan nugget) 4. Pembangunan, penataan, administrasi Poskamling 5. Pembangunan sarana dan prasarana posko BPBD – administrasi kelurahan 6. Penataan administrasi LPM kelurahan 7. Pembinaan administrasi kelurahan 8. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 9. Karang Taruna dan Kelompok WKS BM 10. Majelis Taklim, TPA dan Remaja Masjid 11. Kelompok Tani, Kebun PKK Toga dan Bulo 12. Kelompok UPPKS, BKB, BKR, BKI, PPKB, dan Lorong 13. Rumah Sehat I, II, III 14. Kadarkum 15. UP2K dan Binaan UMKM (bros dan tempat kado) 16. Revitalisasi, penataan Posyandu dan taman baca 17. Kelompok perawatan jenazah 18. Penataan lingkungan 19. Pembuatan pintu gerbang, revitalisasi baruga, renovasi kantor kelurahan 20. Rumah binaan I sampai IX 21. Pembersihan, penataan dan penyemprotan akses lokasi binaan 22. Rumah binaan XII-XIII – penertiban lalu lintas 23. Rumah binaan XIV-XV. (Idris-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Doakan Liestiaty Di Usia 55 Tahun

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb mendoakan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Liestiaty F Nurdin tepat di hari jadinya yang ke – 55 tahun. Liestiaty yang juga isteri Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah merayakan ulang tahunnya malam ini di Baruga Karaeng Pattingaloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (17/06/2019). Iqbal datang ditemani sang isteri yang juga Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Iqbal Suhaeb. “Selamat ulang tahun ibu gubernur. Berkah usianya, semoga sehat selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu memberikan ide bagi kemajuan Sulsel,” doa Iqbal. Sejak menjabat sebagai Ketua TP PKK Sulsel, dan berbagai organisasi lainnya seperti Dekranasda, dan Perwosi, Liestiaty dikenal aktif mendorong berbagai program pemberdayaan perempuan. Ia juga memiliki perhatian pada isu kemanusiaan yang ditunjukkannya dengan menjadi penasehat Lions Club Makassar Host, sebuah organisasi nirlaba yang aktif melakukan kegiatan kemanusiaan. (Nana-Cammang).

Skip to content