Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal Harap Peringatan Harganas 2020 Lebih Meriah

Makassarkota, MAKASSAR,- PJ Wali Kota Makassar, Dr M Iqbal S Suhaeb berharap peringatan Harganas (Hari Keluarga Nasional) tahun 2020 mendatang dapat berlangsung lebih ramai dan meriah. Harapan itu disampaikan Iqbal saat menghadiri pembubaran panitia Harganas XXVI tahun 2019, di halaman Bank Panin, Sabtu (13/07). “Terima kasih kepada para panitia yang bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan 30 Juni 2019 kemarin. Ini sangat berkesan, pesertanya pun sangat banyak. Insya Allah Harganas tahun depan kita buat lebih meriah dan ramai,” ucapnya. Peringatan Harganas XXVI tahun 2019 dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar, Minggu 30 Juni lalu. Ditandai dengan kegiatan Sepeda Santai yang dinamai Assapeda. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 7.000 peserta dari komunitas sepeda, OPD lingkup Pemkot Makassar, dan masyarakat umum. Iqbal berharap di peringatan Harganas tahun 2020 nanti, keterlibatan berbagai elemen masyarakat lebih meningkat lagi. Utamanya orang tua bersama anak – anak sehingga kebersamaan dalam keluarga dapat semakin ditumbuhkan. Dia mengatakan, Sepeda Santai ‘Assapeda’ sangat baik bagi kesehatan. Selain menyehatkan, masyarakat yang beruntung juga dapat membawa pulang beragam hadiah yang disiapkan penyelenggara. Pembubaran panitia Harganas XXVI tahun 2019 dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Makassar Andi Zulkifli Nanda, pimpinan dan jajaran manajemn Bank Panin. (Sumber: Inda/Dayat – Editor: Cammang)

Dukung Gema Sabtu Bersih, BPBD Kota Makassar Bersihkan Pantai Losari

Makassarkota, MAKASSAR – Sebanyak 40 personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar dikerahkan untuk berpartisipasi pada kegiatan Gerakan Makassar (Gema) Sabtu Bersih di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (13/07). Kegiatan yang diinisiasi langsung oleh Pj Wali Kota Makassar, Dr M Iqbal S Suhaeb mengajak peran serta masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masing-masing. “Ini inovasi baru mendorong dan menggalakkan kegiatan gotong-royong atau kerja bakti. Salah satunya adalah melakukan bersih-bersih di sepanjang anjungan pantai losari,” kata Taufiek Rachman selaku Kepala Pelaksana BPBD. Menurutnya, kegiatan ini sudah hampir satu bulan berjalan dengan melibatkan personel dari BPBD dan SKPD lainnya. “Personel BPBD dikerahkan untuk membantu membersihkan di sekitaran anjungan pantai losari dari tumpukan sampah,” ucapnya. Kegiatan “Sabtu Bersih” dimulai pukul 07.00 WITA sama pukul 09.00 WITA dengan melakukan penyisiran di sepanjang pantai losari. “Tidak hanya personel, BPBD juga menurunkan tiga perahu karet dan satu perahu lipat, serta dua perahu pattasaki ditambah satu perahu sampah dari kecamatan yang dipakai untuk menyisir pantai losari,” ungkap Taufiek saat ditemui di pantai losari. (Sumber: HumasBPBD – Editor: Cammang).

Tinjau Sabtu Bersih, Iqbal Bersepeda Ke TPA Manggala

Makassarkota, MAKASSAR,- Program Gema Sabtu Bersih secara resmi telah diluncurkan oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah sejak 22 Juni lalu di Anjungan Pantai Losari, kini ditindak lanjuti Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb mengunjungi kecamatan di Kota Makassar secara bergantian dengan bersepeda santai. Kunjungan bersepeda rutin dilakukan Iqbal setiap Sabtu untuk mengecek kebersihan wilayah Kota Makassar secara langsung. Dengan didampingi beberapa OPD Iqbal mengayuh sepedanya menuju kecamatan Manggala. Mereka start dari Rujab Wali Kota Makassar, Sabtu pagi (13/07). Sesampainya di TPA , iqbal beserta rombongan dijamu warga dengan Bubur Kacang Ijo dan sajian kue-kue tradisional. kemudian menyusuri jalan ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggala. Melihat kondisi TPA yang cukup memprihatinkan. iqbal berhararap teknologi BSF (Black Sordier Fly) dari Korea. Mampu mengurangi tumpukan sampah. “Kita bersyukur Pemkot Makassar sudah akan menjalankan teknologi BSF (Black Sordier Fly) dari Korea. Dengan adanya tehknologi ini bisa mengurangi tumpukan sampah. Khususnya sampah organik,” ucap Iqbal. Dihadapan warga Iqbal berterima kasih dikarenakan mereka telah bekerja keras mengurusi sampah rumah yang datang dari berbagai pelosok Kota Makassar. “Entah bagaimana jadinya jika sampah sampah ini tidak terurus, terima kasih selama ini memperhatikan TPA,” ucapnya kepada warga setempat. Iqbal melanjutkan perjalanannya kembali ke Rujab Wali Kota Makassar dengan menyisir alur waduk. Mereka menepi dan singgah berfoto bersama di tempat tersebut sambil memandangi para piemancing ikan yang sedang asyik menanti ikan pancingannya. (Sumber: Dayat – Editor: Cammang).

Hadiri Community Meet Up Berbagi Kebaikan, Ketua TP PKK Ungkapkan Indahnya Berbagi

Makassarkota, MAKASSAR, CIMB Niaga menggelar acara Community meet up berbagi kebaikan kejar mimpi di gudang Popsa, Jumat (12/07), dan diikuti oleh komunitas-komunitas yang ada di kota Makassar. Ketua TP PKK Makassar, Murni Djamaluddin turut hadir dan memberikan sambutannya, mengungkapkan tentang keindahan dari berbagi. “Gotong royong, saling membantu jika dilakukan dengan sepenuh hati, akan terasa indah,” ujarnya. Berbagi dengan sesama, saling menjadi keutamaan sebagai makluh sosial, lanjut istri dari Pj Walikota Makassar, Iqbal S Suhaeb. Sementara itu pihak CIMB Niaga, yang juga bernama Murni berharap kehadiran CIMB Niaga dapat memudahkan masyarakat untuk berbagi kebaikan. “Salah satu kemudahan untuk berinfak, bersedekah, maupun wakaf disiapkan oleh layanan CIMB Niaga,” ujarnya. Kini wakaf tidak harus dalam bentuk tanah, tetapi bisa juga melalui uang tunai. Kemudahan dari bank niaga, memudahkan nasabah bank niaga untuk berwakaf. “Melalui handphone nasabah, mereka bisa bebas memilih lembaga yang akan mereka inginkan untuk berwakaf,” lanjutnya. (Sumber: Dayat – Editor : Cammang)

Skip to content