Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal Suhaeb Jamu Raja Kelantan Dengan Sajian Tradisional

Makassarkota, Makassar,- Bangsawan dari Kelantan Malaysia Raja Amin mengunjungi Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Kamis (1/8/2019) sore dan diterima langsung oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb dan Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal. Kedatangan Raja Amin ke Makassar kali ini sungguh membuatnya terpukau. Ada banyak perubahan signifikan yang ia lihat dan kagum akan kemajuan cepat ini. “Tiga tahun lalu saya bertandang ke kota Makassar dan hari ini saya kembali lagi ternyata sudah banyak kemajuan. Cukup pesat perkembangan yang ada. Makassar kian elok dipandang mata,” ungkapnya dengan penuh sumringah. Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang menerima kunjungan Raja Amin ini sembari bercerita tentang Kota Makassar juga memperkenalkan sajian kuliner khas yang menjadi jamuan di sore itu. “Kita bisa lihat perkembangan Makassar, ini semua berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Makassar dan para investor. Kami pun membuka kesempatan kepada Malaysia jika sekiranya ada hal yang bisa disinergikan,” ucap Iqbal di sela – sela jamuan. Sajian tradisional yang dihidangkan yakni Pallu Basa, Pallu Mara, Paria Kambu, ikan Baronang dengan cobek khas Makassar. Bukan itu saja kue tradisional seperti Cucuru Bayao, dan Barongko juga menjadi sajian menyambut sang raja. (Sumber: Nurdiyana – Editor: Cammang)

ALPTKPTM Undang Pj Wali Kota Makassar Buka Rakernas X

Makassarkota, Makassar,- Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (ALPTK ) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) mengundang Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X ALPTKPTM seluruh Indonesia yang rencananya dihelat pada 6-8 Agustus mendatang. Undangan itu disampaikan Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Makassar (UMM) Abd Rakhim Nanda saat berkunjung ke Rumah Jabatan Walikota, Kamis (1/8/2019). Ia datang bersama Wakil Rektor II Andi Sukri Syamsuri, Dekan FKIP Erwin Akib, Wakil Dekan I FKIP Bahrullah dan Wakil Dekan II FKIP Andi Adam. Selain meminta kesediaan orang nomor satu di Makassar ini untuk membuka acara, Pertemuan antara Iqbal Suhaeb dan Abd Rakhim Nanda juga membincangkan persiapan jelang Rakernas X ALPTKPTM seluruh Indonesia. Kegiatan yang dijadwalkan akan mulai dihelat di Baruga Anging Mamiri yang akan dihadiri oleh 150 peserta dari 50 lebih PTM se – Indonesia. Olehnya itu Wakil Rektor I  Abd Rakhim Nanda mengharap agar acara akbar ini bisa mendapat perhatian Pj Walikota Makassar. “Besar harapan kiranya Pj Wali Kota Makassar bisa membuka acara Rakernas ini yang akan dihadiri oleh PTM dari berbagai kota di Indonesia,” pintanya. Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb menyatakan kesiapannya dan berharap kegiatan Rakernas ini bisa berjalan lancar di kota Makassar. “Kota Makassar menjadi tuan rumah dalam Rakernas X ini, pesertanya juga se  -Indonesia. Semoga bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk para peserta,” harap Iqbal. (Sumber: Nurdiyana – Editor: Cammang)

Pemkot Makassar Apresiasi Event Indonesia Marketeers Festival 2019

Makassarkota, Makassar – Kota Makassar berkesempatan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Indonesia Marketeers Festival 2019. Sebuah event roadshow marketing terbesar di Indonesia yang memang rutin mengunjungi kota – kota besar dalam penyebarluasan ilmu marketing. Bertempat di Ballroom Sandeq Hotel Claro Makassar, Kamis (1/8/2019). Event yang memfokuskan edukasi ilmu pemasaran ini mendapat respon yang cukup baik dari warga Makassar. Bukan hanya itu, Indonesia Marketeers Festival ini juga mencoba menyentuh sektor perdagangan di lingkup pemerintah setempat. Hal ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya peningkatan pendapatan dengan memanfaatkan berbagai lini sebagai media pemasaran. Hal ini terungkap saat Hermawan Kartajaya selaku Presiden World Marketing Association ini menyapa semua peserta yang hadir di hadapan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb dan Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan Hadi Basalamah. “Banyak pelaku usaha yang sebenarnya punya potensi tapi tidak paham dalam hal promo. Ada pula usaha yang bisa mendapatkan pendapatan lebih tapi tidak terkonsep dengan baik. Hal inilah yang mendorong kami hadir sebagai fasilitator ilmu di Kota Makassar,” ungkapnya. Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengaku mendukung dan berterima kasih karena mampu menjadi partner nyata untuk pertumbuhan usaha di kota Makassar. “Pemerintah Kota Makassar berharap event seperti ini rutin diadakan agar bisa memancing para pelaku usaha yang kendor dalam hal promosi bisa sadar akan peluang yang segera harus dimanfaatkan secara efektif,” pungkas Iqbal. Dalam event ini diserahkan pula beberapa penghargaan untuk pelaku industri  dan juga instansi yang turut membantu dalam perkembangan usaha. Untuk Kota Makassar kategori Public Service of the Year berhasil diraih Dinas Pekerjaan Umum. (Sumber: Nurdiyana – Editor: Cammang)

Iqbal Suhaeb Buka Pekan Inovasi Sulsel 2019

Makassarkota, Makassar,- Penyelenggaraan Pekan Inovasi Daerah Sulawesi Selatan 2019 resmi dibuka oleh Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb di GOR Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis (1/8/2019) sore. Pekan Inovasi Daerah ini digelar dalam rangka menyemarakkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2019. Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb dalam sambutannya berharap agar Pekan Inovasi Daerah ini dapat menjadi wadah pembelajaran bagi siapapun untuk pengembangan diri maupun instansi. “Saya berharap acara ini bisa dimanfaatkan untuk belajar bagi para ASN dan juga mahasiswa agar dapat mengembangkan potensi diri. Hal inipun dapat dijadikan sebagai gerbong informasi tanpa sekat untuk kegiatan Pemerintah Kota Makassar,” ungkap Iqbal. Ada 30 stand yang disiapkan dan diisi oleh beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan juga universitas yang ada di Kota Makassar. Semuanya menonjolkan produk inovasi dari daerah masing – masing. Tampak Pj Walikota Iqbal mengelilingi semua stand yang ada sembari bertanya jawab akan produk yang dipamerkan. (Sumber: Dayat  – Editor: Cammang).

Iqbal Suhaeb Antar IYL Hingga Ke Peristirahatan Terakhir

Makassarkota, Makassar,- Iring iringan kendaraan pengantar jenazah Ichsan Yasin Limpo menuju peristirahatan terakhir di pekuburan Islam Panaikang memadati ruas jalan kota Makassar, Kamis (1/8/2019) siang. Sejumlah tokoh politik, kerabat, handai taulan bersama dengan keluarga nampak haru melepas kepergian IYL. Sang pejuang pendidikan telah berpulang setelah berjuang melawan Kanker Paru – Paru yang dideritanya. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam prosesi pemakaman mantan Bupati Kabupaten Gowa dua periode itu. Ketua PMI Sulsel ini dimakamkan berdekatan dengan makam anak mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Rinra Sujiwa Syahrul Putra. Keluarga memilih Pekuburan Islam Panaikang agar tidak berjauhan dengan makam Yasin Limpo di TMP Panaikang. Pelopor Perda pendidikan gratis di Sulsel kini telah tiada. Hasil kerja nyatanya bisa dinikmati hingga sekarang oleh warga Sulsel. Inilah yang selalu dikenang Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang turut mengantar IYL hingga ke tempat peristirahatan terakhirnya. “Ichsan Yasin Limpo telah tiada, namun akan selalu hadir di hati masyarakat Sulsel. Ada banyak sumbangsih yang almarhum lakukan semasa hidupnya dan kita bangga akan itu,” ungkap Iqbal sesaat setelah prosesi tabur bunga dilakukan. IYL menghembuskan nafas terakhirnya di RS Juntendo, Tokyo, Jepang pada Selasa (30/7/2019) pagi dan meninggalkan seorang istri serta 4 orang anak, 2 menantu dan 2 cucu. (Sumber: Dayat  – Editor: Cammang)

Skip to content