Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Iqbal Suhaeb Apresiasi Film Ati Raja Produksi Sineas Makassar

Makassarkota, MAKASSAR,- Pejabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb mengapresiasi film karya sineas Makassar, Ati Raja yang mengangkat setting Makassar tahun 1940-an dengan keberagaman budaya, dan agama yang sangat kental kala itu. Hal tersebut diungkapkan Iqbal saat menggelar pertemuan dengan produser beserta kru film Ati Raja, di ruang Sipakalebbi, lantai ll Kantor Wali Kota, Jalan Ahmad Yani No 2 Makassar. “Kota Makassar merupakan salah satu kiblat film di Indonesia selain kota Jakarta yang memproduksi film-film lokal. Di film Ati Raja ini mengambil latar belakang  Makassar tempo dulu, dengan keanekaragaman dan pembauran budaya dan etnis yang ada sejak dahulu di Sulsel,” ungkapnya. Menurut Iqbal dalam film ini dikisahkan seorang keturunan Tionghoa bernama Ho En Jhi yang sangat cinta terhadap budaya kesenian Sulawesi Selatan sehingga dari tangannya lahir kesenian lagu-lagu daerah seperti Ati Raja (Kebesaran Jiwa) “Kita akan dukung pemutaran perdana film Ati Raja bersamaan dengan HUT Kota Makassar ke 412. Kita akan ajak seluruh jajaran pemerintah kota untuk menyaksikan pemutaran film Ati Raja ini,” jelasnya. Produser film Ati Raja Arwan Tjahyadi  menyambut baik pemutaran perdana film Ati Raja bersamaan dengan peringatan HUT Kota Makassar. “Terima kasih atas bantuan pak wali, selain pemutaran perdana bersamaan dengan HUT kota Makassar film ini kita akan putar ke luar Indonesia seperti ke negara  Malaysia, Singapura, bahkan sampai ke Hong Kong,” ucapnya. Sementara itu pemerhati film daerah Niki berharap film Ati Raja ini dapat sukses seperti film lokal sebelumnya seperti Uang Panai, dan Silariang. Kita harapkan dengan adanya kerja sama dan bantuan Pemerintah kota Makassar yang turut serta mempromosikan film ini  sehingga dapat sukses mengikuti jejak film-film karya sineas Makassar sebelumnya. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Buka Porseni SMP 6, Iqbal Suhaeb Kenang Masa Remaja

Makassarkota, MAKASSAR,- Pejabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb kembali mengenang masa remajanya saat bersekolah di SMPN 6 Makassar, 40 tahun silam. Kenangan itu kembali hadir saat ia membuka secara resmi Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) SMPN 6 Makassar, Senin (21/10/2019). “Beberapa puluh tahun lalu saya juga bermain di sini, bercanda di sini, punya teman di sini dan belajar di sini, itu sudah berlalu 40 tahun yang lalu. Saya hadir kembali di sini memimpin upacara, saya bangga hadir di sini,” ucapnya. Menurut Iqbal SMPN 6 Makassar, siswa siswinya adalah orang-orang hebat dan kelak menjadi contoh bagi yang lain saat menjadi pelayan masyarakat. “Kita menimba ilmu di sini, jadikan SMPN 6 ini tempat bersejarah, tempat di mana anak – anak ku mendapatkan ilmu dan pengalaman. Di sini kita juga mendapatkan hal-hal baru, ambil yang positifnya jangan ambil yang negatifnya,” jelas Iqbal. Iqbal berharap di ajang Porseni setiap pelajar dapat menjunjung nilai-nilai sportifitas utamanya persatuan antara kelas satu dengan kelas yang lainnya. “Mari kita junjung sportifitas dan pertemanan karena pertemanan adalah hal sangat berharga bagi kehidupan anak-anak ku,” pesannya. Porseni yang diikuti seluruh kelas tujuh, delapan, dan sembilan akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 21 hingga 26 Oktober yang mempertandingkan berbagai perlombaan di bidang akademik, diantaranya lomba sains, Matematika, Storytelling, pidato Bahasa Indonesia, dan debat Bahasa Indonesia. Selain itu juga digelar lomba di bidang seni, dan olah raga serta keagamaan, diantaranya menggambar, Futsal, Ponco, Basket, Tarik Tambang, Tenis Meja, Badminton, menari/dance, menyanyi, game FIFA, dakwah, adzan, mengaji dan tadarus Al Qur’an, serta lomba baris berbaris. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Sambut HUT Ke 14 Tahun MKC, Iqbal Didaulat Menjadi Juri

Makassarkota, MAKASSAR- Pejabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb didapuk sebagai juri kompetisi ikan Koi yang akan diselenggarakan oleh MKC (Makassar Koi Club) dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke 14 tahun. Amanah itu diterima Iqbal, saat menerima kunjungan pengurus MKC di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Senin (21/10/2019). “Kami sengaja datang untuk mengundang pak wali membuka serta menjadi juri dalam kompetisi ikan Koi ini. Dalam kompetisi Koi nantinya pak wali akan memilih ikan terbaik dan favorit. Dari hasil penilaian itu akan dijadikan juara dan diberikan satu trofi dari pak wali,” beber Ketua MKC Makassar Ahmad. Rencananya kontes ikan Koi akan dilaksanakan di Mall GTC Tanjung Bunga Makassar selama tiga hari mulai tanggal 25 – 27 Oktober 2019. Lanjut Ahmad, ikan Koi yang ikut dalam kontes ditargetkan berjumlah tujuh ratus ekor ikan yang datang dari berbagai wilayah di Sulawesi. “Jadi setiap peserta boleh mengikutsertakan lebih dari satu ikan Koi. Target kami seperti tahun – tahun sebelumnya berjumlah tujuh ratus ekor, bahkan bisa lebih,” jelasnya. Penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb menanggapi secara positif kontes yang akan digelar MKC dalam rangka menyambut HUT ke 14 tahun MKC. “Insya Allah kita akan hadir pada acara tersebut,” ucap Iqbal yang didampingi  Kadis PTSP Andi Bukti Jufri dan Kadis DP2 Haji Rahman Bando. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Tutup Turnamen International Jetski, Iqbal Berterima Kasih Kepada Peserta

Makassarkota, MAKASSAR,— Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menutup secara resmi Tournament International Jetski Walikota Cup 2019, Minggu (20/10/19). Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Hendra Hakamuddin, Iqbal mengatakan, event yang diselenggarakan secara rutin tiap tahun akan lebih baik pada pelaksanaan tahun depan. “Ini salah satu juga hobby saya. Event tahunan ini berjalan baik tahun ini. Saya berterima kasih kepada para peserta baik yang berasal dari dalam negeri dan mancanegara. Insya Allah tahun depan saya akan mempersiapkan jauh lebih baik dari tahun ini. Event ini tidak boleh berhenti, ini ajang bergengsi,” ucap Iqbal. Selain itu, Iqbal menyebutkan kejuaraan internasional tahunan ini akan menjadi pemicu terus berkembangnya olahraga aquatic di Kota Anging Mammiri ini . Ada 25 atlet jet ski ambil bagian pada Kejuaraan Jetski Walikota Cup 2019 di pantai pasir putih Center Point of Indonesia (CPI). Adu ketangkasan diadakan selama tiga hari, tanggal 18 hingga 20 oktober 2019. Selain kejuaraan jet ski, panitia menampilkan atraksi flying board dari Korea dan Belanda selama festival berlangsung. Adapun kelas jet ski yang diperlombakan terdiri dari enam kelas lomba, yaitu Novice Runabout Stok, Expert Runabout Limited, Novice Runabout 1000 CC, Expert Ski Limited, Endurance Open, dan Yamaha Run Make Race. Berikut Nama Pemenang : Kelas Novice Runabout Stock 1. Makaio Wimylie 2.Muh Solihin 3.Uji Nurdin Ski Closed Course 1. Lucky Limanjaya 2. Muhammad Fadli Hashim (Malaysia) 3. Muhammad Fadlan Runabout Endurance Open 1. Bryan cnia (Malaysia) 2. Moh Azli Abdullah 3. Lucky Limanjaya Expert Runabout 1100 CC Open 1. Bryan Cnia 2. Uji Nurdin 3. Eric Horas (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Skip to content