Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal Suhaeb Kumpulkan Camat Lurah Se Makassar Rapat Koordinasi

Makassarkota, MAKASSAR- Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengumpulkan seluruh asisten, staf ahli, Organisasi Perangkat Daerah, seluruh camat dan lurah se Makassar di Ruang Sipakatau, Balai Kota Makassar, Senin (11/11/2019). Kehadiran seluruh jajaran pejabat lingkup Pemkot Makassar dalam rangka rapat koordinasi dan pengarahan yang dipimpin langsung Iqbal Suhaeb. Dalam rapat koordinasi ada beberapa permasalahan yang diungkapkan Iqbal terkait pelayanan publik di lingkup Pemerintah Kota Makassar salah satunya  adalah penggunaan aplikasi qlue. “Ada 10 komplain masyarakat yang tidak ditindaklanjuti dan diselesaikan oleh pihak terkait. Tidak ada gunanya dibuat kalau ada respon dari masyarakat  namun tidak ditindaklanjuti,” ucapnya. Untuk itu Iqbal menegaskan kepada jajaran perangkat daerah, khususnya camat dan lurah memperhatikan hal – hal tersebut. Demikian pula dengan masalah kewenangan dan tanggung jawab pemerintah kota terhadap kebersihan drainase maupun kanal. Iqbal menegaskan jangan hanya karena  bukan wewenang dan tanggung jawab pemerintah kota kebersihan drainase dan kanal jadi terabaikan. “Ini juga banyak keluhan yang masuk kepada saya makanya kita harus memperhatikan betul – betul kebersihan kanal dan drainase walaupun itu tanggung jawab Kementerian PU kita juga wajib untuk ikut serta  membersihkannya,” ujarnya. Iqbal juga menyoroti terkait penataan tentang keindahan kota, menurutnya pihak kelurahan dan kecamatan harus berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL yang berjualan bukan pada tempatnya. “Jangan sampai ada pembiaran karena akan susah dibersihkan kalau PKL sudah banyak. PKL yang tidak ditata dengan baik akan memunculkan kesan kumuh bagi kota Makassar,” imbuhnya.   (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Iqbal Suhaeb Ajak Umat Islam Jaga Kerukunan Dan Kedamaian

Makassarkota, MAKASSAR,- Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengajak umat Islam menjaga kerukunan dan kedamaian yang disampaikannya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal 1441 Hijriah di Tribun Lapangan Karebosi, Senin (11/11/2019). Menurut Iqbal, Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum bagi umat Islam untuk selalu menjaga kerukunan dan kedamaian . “Kerukunan dan kedamaian tidak akan terwujud jika kita tidak bersatu. Kuncinya adalah harus bersatu sebagai masyarakat yang penuh dinamika dan majemuk.  Umat Islam sangat cinta damai dan menjaga akhlaknya. Itulah tujuan Rasulullah SAW diutus ke dunia,” terangnya. Sementara itu, Kakanwil Agama Provinsi Sulawesi Selatan Anwar Abubakar mengatakan suatu kehormatan pada maulid tahun ini terselenggara dengan meriah berkat kerjasama antara Pemprov SulSel, Pemkot Makassar, dan Kementerian Agama. “Ke depan acara seperti ini dapat lebih meriah lagi, lebih menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Intinya adalah bagaimana usaha dan upaya kita selaku masyarakat meneladani akhlak Rasulullah SAW menjadi pedoman bagi kita dalam  kehidupan sehari – hari,” terangnya. Tampil membawakan tausiah Maulid yakni Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Prof Hamdan Johannis. Selain dihadiri Asisten I Pemprov Sulsel Andi Aslam Patonangi, juga hadir Forkopimda Tingkat Provinsi Sulsel, jajaran perangkat daerah Pemprov Sulsel, dan Pemkot Makassar serta kepala Kantor Agama kabupaten dan kota di Sulsel. Perayaan Maulid mengusung tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Wujudkan Keteladanan Akhlak Rasulullah Dalam Sikap dan Perilaku Sehari – hari”. Kegiatan ini diawali dengan penilaian lomba bakul Maulid dan becak hias diikuti 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Upacara Hari Pahlawan Iqbal Suhaeb Ajak ASN Bekerja Dan Berinovasi

Makassarkota, MAKASSAR- Pemerintah Kota Makassar bersama seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November dalam suatu upacara Bendera di Halaman Upacara Kantor Walikota Makassar, Senin 11 November 2019. Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional dihadiri seluruh komponen pejabat di Sekretariat Pemerintah Kota Makassar mulai dari pejabat eselon ll eselon lll dan IV serta seluruh staf  SKPD. Hari Pahlawan Tahun 2019 mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb tampil sebagai inspektur upacara untuk mengenang jasa pahlawan yang telah rela berkorban demi memperjuangkan Indonesia merdeka dari penjajahan bangsa asing. Dalam sambutannya di hadapan peserta upacara, Iqbal mengajak ASN untuk  mengisi pembangunan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan masyarakat dengan membawa harum nama bangsa di dunia internasional . “Jika dahulu semangat perjuangan mengusir penjajah dengan mengangkat senjata dengan berbagai pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa, namun sekarang diisi dengan membawa harum nama bangsa di mata internasional dengan berbagai inovasi dan prestasi,” kata Iqbal. Iqbal juga mengajak seluruh peserta upacara untuk mencintai tanah air dan menjaga keutuhan NKRI. Dengan menjaga keutuhan NKRI yang kita peroleh dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia – sia dengan hal – hal yang mengganggu seperti perbuatan hoaks dan anarkis. “Mari kita memaknai secara mendalam dengan bekerja, bukan hanya yang sifatnya seremonial saja melainkan mengasihi, mempunyai rasa kepedulian antar sesama yang membutuhkan,” terang Iqbal. Iqbal juga mengutip ungkapan The Founding Fathers Bung Karno bahwa “Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa yang Besar”.   (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Skip to content