Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Ganjar Bicara Pertumbuhan Ekonomi-Pendidikan, Anies Paparkan Kesetaraan Pembangunan dalam Rakernas Apeksi 2023 di Makassar

MAKASSAR,- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbicara banyak hal dalam hari kedua Rakernas Apeksi 2023 di Makassar. Beberapa hal yang di-highlitnya dalam diskusi kali ini ialah perihal pertumbuhan ekonomi juga pendidikan.

Sementara itu, Anies Baswedan berbicara mengenai kesetaraan pembangunan khususnya di Kawasan Indonesia Timur juga menjadi fokusnya.

Dalam materi yang dibawakan selama kurang lebih 30 menit, Ganjar memaparkan apa yang menjadi visi, misi juga program yang diterapkannya di Jateng.

Dia menyebut, masyarakat di sana mengeluhkan dua hal utama yakni, perihal korupsi dan janji politik yang tak ditepati.

Dari situ, pihaknya mulai membangun program dari problem-problem masyarakat itu, khususnya soal pungutan liar di dalam sekolah.

Itulah mengapa, untuk mencapai itu pihaknya mengaku sangat fokus terhadap dunia pendidikan. Pemprov Jateng, aku dia, memberikan porsi besar terhadap pendidikan.

Dalam hal pembangunan gedung sekolah misalnya dan layanan dasar pendidikan lainnya. Termasuk, kata dia, anak muda membutuhkan perangkat sistem IT dalam belajar dan mengembangkan bakatnya.

Pun, ihwal pertumbuhan ekonomi. Ganjar mengungkapkan, dalam studi Goldman Sachs, pada 2050 nanti Indonesia akan masuk dalam negara empat besar ekonomi dunia.

Olehnya, ia mengajak para wali kota yang hadir dalam Apeksi ini agar terlibat dalam mewujudkan potensi kekuatan ekonomi dunia itu.

Meski, di tengah banyaknya tantangan dan disrupsi global yang terjadi dengan cepat.

Sedangkan, Anies Baswedan sebagai pemapar kedua, memulai presentasinya dengan sebuah foto yang memperlihatkan Indonesia pada malam hari.

Anies menunjukkan bahwa foto itu membuktikan pembangunan belum merata. Hal itu ditandai dengan gelapnya kawasan Indonesia Timur, sebagian kawasan Indonesia Tengah dan Barat.

Sementara, gambar dengan lampu paling terang terlihat di Jawa khususnya Jakarta dan sekitarnya. Makanya dia mendorong agar pembangunan kedepannya mesti merata dan meluas.

Juga, dengan me-mention pertemuan Rakernas Apeksi ini, dia mendorong adanya pembentukan sebuah badan yang menaungi kota-kota di Indonesia ini.

Wadah itu sebagai upaya mengakomodasi kepentingan-kepentingan pemerintah kota.  

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan masing-masing tamu agung itu membawakan materi yang berhubungan dengan Rakernas Apeksi pada hari kedua ini.

Di situlah, kata dia, akan memperlihatkan warna-warni Indonesia hari ini dan masa depan.

Ganjar Pranowo tiba dalam diskusi Panel sekira pukul 11. 00 Wita lalu bertolak sekitar pukul 12.00 Wita, sementara Anies Baswedan tiba pukul 13.00 Wita.

Prabowo Subianto tiba sekira pukul 15.00 wita.

Diskusi dengan tema Visi Kota untuk Pemimpin Negeri ini dihadiri oleh tiga tokoh politik yang digadang-gadang sebagai capres 2024 nanti, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Sumber : Humas Kominfo Makassar 

Skip to content