Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Cetak Sejarah Baru, Pemkot Makassar Berhasil Raih Juara 1 Lomba Kelurahan Terpadu Tingkat Nasional

Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala mencetak sejarah baru bagi Kota Makassar dengan keberhasilannya meraih juara 1 tingkat nasional dalam Lomba Desa/Kelurahan terpadu tahun 2024 oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara Temu Karya dan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi yang berlangsung di Gedung Ksirarnawa, Denpasar, Bali, pada Selasa, (8/10/2024).

Setelah menjadi Juara I tingkat Provinsi, Kelurahan Manggala berhasil menyabet Juara I dalam lomba kelurahan tingkat regional III yang mencakup wilayah Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bersama Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, La Ode Ahmad P. Bolombo, kepada Lurah Manggala, Arwinah Aminuddin.

Lurah Manggala, Arwinah Aminuddin, menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung Kelurahan Manggala dalam proses lomba ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Makassar, Ketua TP PKK, PJ Sekda Makassar, dan jajaran OPD Pemkot Makassar atas dedikasi dan bantuan yang diberikan sehingga Kelurahan Manggala bisa meraih hasil yang luar biasa ini,” ujarnya.

Arwinah berharap prestasi ini bisa menjadi pemicu semangat warga Kelurahan Manggala untuk terus mempertahankan apa yang telah kami bangun bersama.

Pj Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, memberikan apresiasi tinggi atas capaian Lurah dan Camat Manggala serta warga kelurahan dalam proses perlombaan mulai dari tingkat provinsi hingga nasional.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang mulai dari pembinaan, verifikasi, hingga pemaparan, Kelurahan Manggala berhasil membawa pulang juara 1,” ucapnya.

Firman juga mengatakan kemenangan ini adalah hasil kerja keras semua pihak, terutama OPD Pemkot Makassar yang telah berkolaborasi dalam membina Kelurahan Manggala.

“Ini adalah kolaborasi luar biasa pemkot dan antusiasme warga Manggala yang menunjukkan bahwa kerja keras memainkan peran besar dalam keberhasilan ini,” tambahnya.

Selain itu, Firman prestasi ini merupakan bukti kemajuan Pemkot Makassar dalam ajang Lomba Kelurahan, diketahui tahun-tahun sebelumnya Kota Makassar hanya mendapatkan juara tingkat provinsi.

“Di tahun 2023 Kelurahan Maccini Sombala mewakili Kota Makassar dan berhasil meraih juara 2 nasional dalam lomba kelurahan. Ini menunjukkan adanya perkembangan signifikan dalam pembinaan kelurahan. Semoga penghargaan ini dapat dipertahankan,” imbuhnya.

Dengan kemenangan ini, Firman berharap agar prestasi yang telah diraih bisa menjadi dorongan bagi kelurahan lain di Kota Makassar untuk terus berinovasi dan melibatkan masyarakat dalam pembangunan wilayah mereka.

Sumber : Humas Kominfo Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 14 =

Skip to content