Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Operation Room/War Room

Inovasi Operation Room adalah sebuah ruangan yang fungsikan sebagai pusat pelayanan informasi, pusat monitoring layanan seluruh SKPD, dan pusat data pemerintah Kota Makassar dengan berbagai platform dan High Technologi infratruktur untuk mendukung terwujudnya visi Program Sombere Smart City Walikota dan Wakil Walikota Makassar, dibangun pada tahun 2015, mulai dioperasikan pada tahun 2016 hanya dengan Pemantauan CCTV dan video wall, berlokasi di Gedung Balaikota Lt. 10, Kantor Balaikota, Jalan Jend. Ahmad Yani No.2 Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Insert Gambar, Fungsi Operation room/war rom sebagai monitoring centre, Information services center dan Data Centre

Layanan operation room saat ini yaitu; 1) Sebagai Data center pemerintah Kota Makassar dengan infrastrukur server Hyperconverged Infrastructure (HCI), Sistem Kemananan jaringan dan Informasi pada level 4 dan Sumber Energi yang memadai, 2)  Cloud Hosting/computing Pemerintah untuk aplikasi berbasis website, aplikasi mobile dan storage data untuk data-data sektoral Pemerintah Kota Makassar, 3) Menyediakan Virtual Private Server (PVS) dan IP Publik khusus layanan online pemerintaha Kota yang mendukung layanan goverment enterprise (G2G), goverment to citizen (G2C) dan Goverment to employ (G2E), 4) Pusat monitoring seluruh Unit CCTV baik yang terpasang di Jalan utama (ANVR Camera), cctv surveilance yang terpasang bangunan Pemerintah Kota Makassar ruang pusat pelayanan publik, ruang terbuka hijau, pasar-pasar, teminal dan sebagainya, 5) Mendukung Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan baik infrastruktur dan aplikasi, 5) pusat monitoring layanan pemerintahan kota Makassar (diantaranya realisasi PAD, Layanan Kesehatan (homecare), layanan rumah sakit, layanan administrasi catatan sipil), 6) pusat monitoring jaringan internet, internet device, komputer server pemerintah Kota makassar, 7) Memiliki  Network  Operation  Center  (NOC)  jaringan  yang  beroperasi  di  Pusat Jaringan 24 jam per hari dan 7 hari dalam seminggu,8) menyediakan Layanan Call Center 112 bebas pulsa untuk seluruh layanan SKPD Pemerintah Kota Makasar, yang beroperasi 24 jam/hari, 7 hari/minggu, 9) Dukungan dan bantuan online (helpdesk) maupun  on site selama 7×24 jam dan 365 hari per-tahun khusus untuk penanganan gangguan jaringan internet dan CCTV.

Dampak Operasional Operation Room Kota Makassar diantaranya; 1) mendorong terwujudnya pemerintahan digital baik berupa support, capacity dan value. 2) Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) atau Call Center 112 telah memudahkan masyarakat melakukan pengaduan dan untuk mendapatkan berbagai informasi terkait layanan pemerintahan kota Makassar. 3) Layanan CCTV yang telah terbukti memberikan banyak andil dalam menjaga keamanan dan menekan jumlah kriminalitas di Kota Makassar, 4) Dengan dukungan pelaksanaan ETLE, maka iovasi Operation Room turut mendukung terwujudnya Keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas  di wilayah Kota Makassar, 5) operation room kota Makassar telah menjadi banchmarking pengembangan kota pintar di Indonesia dengan banyaknya jumlah kunjungan yang cukup tinggi dari berbagai daerah dan lembaga pemerintah, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi,  siswa dan siswi berbagai sekolah dan tingkatan, media cetak dan elekronik international, nasional maupul lokal, NGO, dan berbagai kalangan Masyarakat. Tahun 2018 Jumlah kunjungan mencapai 55 kunjungan, Tahun 2019 sebanyak 127 kali kunjungan, Tahun 2020 sebanyak 34 kali kunjungan, tahun 2021 mencapai 50 kali kunjungan, Tahun 2022 hingga bulan Juli telah 17 kali kunjungan.

Makassar, 30 Agustus 2022

Oleh :

Dr. Jusman

Skip to content