Moda Transportasi

Kota Makassar sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sulawesi Selatan memiliki banyak daya tarik. Terkenal dengan potensi bahari, aneka kuliner tradisional, dan budaya etniknya. Banyak tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi selama berkunjung ke sini. Berikut kami rangkum aneka pilihan transportasi berkeliling kota, yang memudahkan Anda dalam mengeksplor kekayaan daerah ini.

1. Pete-pete

Kamus Besar Bahasa Indonesia sudah memasukkan pete-pete sebagai kata baku, yang artinya kendaraan bermotor angkutan umum di dalam kota (Sulawesi Selatan). Model kendaraan ini sama dengan umumnya angkutan kota di kota-kota besar lain berupa mobil mikrolet. Berdasarkan data Dinas Perhubungan Kota Makassar tahun 2021, ada 1.101 unit pete-pete yang terdata secara aktul dilapangan dalam wilayah kota Makassar yang setiap hari beroperasi melayani 14 trayek dalam kota.

Kendaraan ini menjadi salah satu andalan warga Makassar dalam menempuh perjaanan di dalam kota, khususnya untuk Taryek dengan panjang rute yang panjang. Relatif mudah ditemukan baik siang atau malam hari. Jauh-dekat jarak tempuh ongkosnya Rp 8.500 sekali jalan.

2. Trans Mamminasata

Bus Rapid Transit (BRT) atau bus transportasi massal Trans Mamminasata mulai dioperasikan Perum Damri cabang Makassar sejak pertengahan 2015. Saat ini beroperasi sekitar 200 unit di empat koridor, dan segera menyusul koridor lainnya. Trans Mamminasata bisa menjadi pilihan alternatif menikmati pemandangan dalam kota dengan suasana yang nyaman. Bus ini bisa menampung 70 orang dan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti AC dan WiFi. Ongkosnya Rp 5 Ribu per koridor.

3. Becak

Pemerintah Kota Makassar menjadikan becak sebagai alat transportasi wisata. Sebagai sarana tradisional, becak sudah jarang ditemukan di dalam kota. Sekarang lebih banyak ditemukan di sekitar kawasan wisata dan hiburan seperti Pantai Losari dan sekitarnya. Kendaraan ini cocok untuk menempuh perjalanan pendek dengan perlahan, sembari menikmati suasana sekitar. Urusan harga, silakan nego dengan pengayuhnya.

4. Bentor

Bentor atau becak bermotor, sesuai namanya, bisa dibilang evolusi dari becak. Perubahan mendasar adalah alat kemudi yang tidak lagi dikayuh, melainkan dengan mesin sepeda motor. Yang tersisa dari becak adalah ruang penumpang di bagian depan. Kecepatan yang lebih tinggi perlahan-lahan membuat bentor menggantikan keberadaan becak. Kendaraan ini juga cocok untuk perjalanan singkat jarak pendek. Pemerintah Kota Makassar melarangnya beroperasi di jalan-jalan utama atau protokol.

5. Taksi

Ada banyak pilihan layanan taksi di Makassar. Tinggal menghubungi nomor pusat layanan, supir akan datang menjemput dan mengantar ke tujuan. Kendaraan ini cocok untuk penumpang yang menginginkan transportasi praktis dengan kenyamanan dan privasi, karena tidak dibatasi trayek atau koridor. Ongkosnya lebih cocok untuk kelas ekonomi menengah ke atas.

6. Ojek

Ojek umumnya ditemukan di pangkalan yang dekat dengan pemukiman penduduk. Tapi belakangan sedang marak layanan ojek online. Anda tinggal memesan lewat perangkat ponsel. Ongkos biasanya tergantung jarak tempuh. Ojek online saat ini bertransformasi menjadi sarana mobilitas warga yang sangat dapat diandalkan karena adanya beberapa operator ojek online yang telah beroperasi di Kota Makassar.

7. Sewa mobil atau motor

Dengan menyewa kendaraan, pergerakan berkeliling kota bisa lebih leluasa. Penyewaan kendaraan di Makassar banyak tersebar dengan tarif per hari atau per minggu. Untuk motor, berkisar Rp 80 Ribu per hari. Adapun mobil biasanya Rp 250 Ribu sampai Rp 300 Ribu. 8. Angkutan Khusus Lainnya Angkutan khusus lainnya sangat beragam fungsinya, ada Angkutan Pariwisata yang dikhususkan untuk penyewaan bagi wisatawan yang berupa Bus, Angkutan Antar Jemput Anak Sekolah, yang dikelola oleh swasta, pemerintah maupun layanan yang disediakan sekolah tersebut. Demikian juga beragam jenis angkutan khusus yang dapat diakses bagi memenuhi kebutuhan masyarakat seperti ambulance, mobil pemadam kebakaraan, moda angkutan barang khusus, dan lain-lain. 9. Kapal Motor Untuk menunjang mobilitas masyarakat pulau dalam wilayah Kota Makassar yang mempunyai 14 pulau, Kapal Motor dapat menjadi pilihan utama untuk menunjang mobilitas baik orang maupun barang serta dapat digunakan sebagai sarana untuk mencapai destinasi wisata bahari.