Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Pemkot Makassar Mengadakan Rapat Paripurna Revisi AD/RT & Penyusunan LPM

Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sekretariat Kota Makassar membuka resmi rapat Paripurna Revisi  revisi AD/RT & Penyusunan LPM AD/RT dan Penyusunan Program Kerja LPM Kota Makassar yang diselenggarakan di Hotel Trisula jalan Boulevard, Makassar, sabtu (1/12/18). Hadir dalam rapat paripurna tersebut yakni, Elber Maqbul Amin Ketua Asosiasi LPM Kota Makassar, para Ketua FK LPM Sekota Makassar dan pengurus Asosiasi. Dalam sambutannya, Kepala BPM, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus LPM kota Makassar, telah memperlihatkan komitmennya dalam membesarkan organisasi LPM untuk lebih baik lagi. “Yang pertama kami dari BPM mengapresiasi pengurus LPM, kemudian pengurus Asosiasi atas terlaksananya rapat paripurna penetapan revisi AD/RT LPM Kota Makassar, ” sambutnya Kita berharap dengan adanya revisi AD/RT ini kedepan, LPM akan mampu beradaptasi dengan berinovasi yang terkoneksi dengan fungsi dan tugas LPM itu sendiri. “Harapannya dengan adanya revisi AD/RT ini, LPM akan mampu berkontribusi terhadap pembangunan kota Makassar khususnya dalam sektor pemberdayaan. Dengan adanya revisi AD/RT dan penyusunan progaram kerja tersebut akan menjadi landasan fungsi kerja yang akan menjadi hak dan kewajiban bagi para pengurus LPM sekota Makassar, ” kata kabag bpm BPM sendiri sebagai SKPD pendamping bagi lembaga masyarakat, akan terus memonitoring dan akan mengawal apa yang menjadi masukan dan usulan sampai ke tingkat kota. “AD/RT dan berbagai usulan dari LPM akan kami kawal, bahkan untuk fasilitas seperti gedung sekretariat BPM sendiri sudah dorong ke Pemkot untuk pengadaanya, ” ungkapnya Saya juga ingin menyampaikan apresiasi Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “danny” Pomanto harapannya, semoga LPM Kota Makassar bisa menjadi garda terdepan dalam memujudkan Makassar Dua Kali Tambah Baik. “Pak Wali menyampaikan, bahwa LPM harus menjadi garda terdepan dalam mengawal Makassar Dua Kali Tambah baik, ” kutip kabag

TP PKK Kota Makassar Raih Juara 1 Stand Terbaik

Tim Penggerak PKK Kota Makassar berhasil meraih Juara 1 Stand Terbaik dalam Pameran Rapat Koordinasi Daerah PKK se-Sulawesi Selatan. Penghargaan diserahkan langsung Ketua PKK Provinsi Sulsel, Liestiaty F. Nurdin kepada Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail di Fourpoints by Sheraton, Jalan Andi Djemma. Sabtu malam (1/12/2018). Tidak hanya menampilkan kuliner andalan dari UKM binaan, stand TP PKK Makassar juga menampilkan ragam produk kerajinan. Bahkan, ada pula demonstrasi kerajinan logam di stand, langsung oleh pengrajinnya. “Icon kita itu Makassar Kota Kuliner, tapi bukan berarti kita tidak punya produk unggulan selain kuliner. Ada juga produk kerajinan dari kelompok binaan,” ungkap Indira Jusuf Ismail. Selain itu, kumpulan dokumentasi program kegiatan PKK Makassar menjadi latar stand. Berdasarkan pemantauan, ada 23 program kerja dari empat Pokja serta bendahara dan sekretariat. Diketahui, pameran Rakorda PKK ini diikuti pengurus PKK dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan. Masing-masing berusaha menonjolkan icon daerah dengan menampilkan produk dan keunggulan daerahnya.

Hadiri Sosialisasi eSAKIP, Asdep Kemenpan-RB Puji Kinerja Danny

MAKASSAR, — Asisten Deputi Wilayah III Kemenpan-RB, Natalina Sipayung melayangkan pujian atas kinerja dari Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Danny Pomanto. Hal itu disampaikan saat menghadiri langsung kegiatan sosialisasi pelayanan publik Sistem Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau eSAKIP, Sabtu (1/12/18) di Hotel Santika Makassar. “Saya sangat bangga atas kinerja yang dipaparkan tadi oleh Pak Wali. Namun, testimoni tersebut sedikit menggambarkan apakah hanya Danny saja yang punya ide dan merealisasikannya sendiri? Ini yang saya masih ragu. Wali Kotanya sangat inovatif tapi bagaimana dukungan dari SKPD?,” tanggap Natalina. Natalina menilai hal itu terjadi karena melihat masih lemahnya laporan yang dibuat oleh para SKPD kemudian dilaporkan ke pihaknya. Kata dia, monitoring dan evaluasi ini mencakup beberapa tahapan antara lain perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi kinerja. Perencanaan kinerja merupakan proses penetapan kegiatan tahunan dan indikator kinerja berdasarkan program, kebijakan, sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis. Hasil dari proses ini berupa Rencana Kinerja Tahunan. “Salah satu dasar utama dalam menerapkan manajemen kinerja adalah pengukuran kinerja dalam rangka menjamin adanya peningkatan dalam pelayanan public dan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas, fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran,” ucapnya. Sementara, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto membenarkan hal tersebut. “Saya tidak terlalu puas dengan outcome yang kita hasilkan. Kita masih mengevaluasi semuanya itu. Kita kan sekarang masih diberikan nilai B. Kelemahan kita benar ada pada pelaporan. SKPD kita malas mengupdate, malas menginformasikan,” jelas Danny. Karenanya, Danny akan menggenjot disisa waktu jabatannya untuk bisa jauh lebih meningkat lagi. Danny pun meminta kepada pihak Kemenpan-RB agar dipermudah untuk merotasi dan mutasi para pejabat SKPD yang dinilai tidak sanggup membantu mewujudkan Makassar dua kali tambah baik. (*/cammang).

Skip to content