Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Danny Berharap Masyarakat Dapat Mengambil Hikmah Momentum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Makassarkota – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto meminta warga kota Makassar agar dapat mengambil hikmah dari peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW. Hal ini disampaikan saat memberi sambutan pada Isra’ Miraj yang diselenggarakan di Mesjid Raya Makassar, Jumat, (5/4). “Mari kita mengambil hikmah dari momentum isra’ miraj ini. Kita lihat apa yang ditemukan hari ini membuktikan kebenaran alquran. Sehingga ummat Islam di era teknologi 4.0 tidak perlu minder. Penemuan hari ini telah diceritakan dalam alquran jauh sebelumnya, termasuk pada peristiwa isra’ mi’raj,” ungkapnya. Hadir dalam kegiatan ini penceramah KH. Dr. Nasrulloh Afandi, Lc, MA, dari Ponpes Balekambang Jepara yang juga wakil Khatib PWNU Jawa Tengah, pimpinan DDI Mangkoso AGH Prof. Dr. Farid Wajdi, Lc. MA, dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo. Lanjut Danny, di era teknologi 4.0, telah dikembangkan ilmu tentang teleportasi. Teknologi ini memungkinkan seseorang berpindah tempat dengan hanya masuk dalam tabung langsung hilang, dan berada di tempat lain. Hal ini kemungkinan besar bisa terjadi 30-an sampai ratusan tahun ke depan. Namun perjalanan nabi pada peristiwa isra’ mi’raj dalam menerima tanggung jawab salat 5 waktu jauh lebih hebat dari itu. Hal ini pun telah terjadi ratusan abad sebelumnya. Inilah hikmah luar biasa dari peristiwa tersebut. Sehingga dengan pelajaran ini Danny berpesan, kepada umat manusia yang diberi kehidupan agar dapat membawa banyak manfaat dalam kehidupan ini. “Isra’ mi’raj nabi adalah sebuah peristiwa perjalanan. Semoga melalui momentum ini jangan lagi ada yang melakukan perbuatan sia-sia dengan menjadi penyebar hoax, penyebar fitnah. Semoga para penyebar hoax dan penyebar fitnah diperjalankan kembali ke jalan yang lurus,” pungkasnya. (Hamzah/Cammang).

Menangkan Revolusi Industri 4.0, Diskominfo Kota Makassar Diskusi Bareng Startup

Makassarkota – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar terus massif menggelorakan kebangkitan digital di kalangan generasi muda Makassar. Salah satu yang didorong untuk mengambil peran penting dalam persaingan di era ekonomi digital yakni para pengusaha rintisan yang lebih banyak digeluti oleh para anak muda atau akrab di istilahkan startup. “Potensi ekonomi digital di Indonesia sangat menjanjikan. Kita bisa lihat data terakhir yang di keluarkan menko perekonomian dimana pada tahun 2022 nilai e-commerce di Indonesia bakal mencapai 55 – 65 miliar USD. Tentu ini lonjakan yang begitu besar jika kita lihat data tahun 2017 yang hanya 8 miliar USD” ujar Denny Hidayat, Kepala Bidang Aplikasi Telematika, Dinas Kominfo Makassar saat menjadi pembicara pada diskusi yang bertajuk “Membangun daya saing dengan team work ICT dalam memenangkan revolusi industri 4.0” yang di gelar di Anomali Cafe, jumat (5/4/2019). Pada diskusi kali ini, hadir sejumlah pelaku startup di kota Makassar yang selama ini banyak bergelut dalam penciptaan inovasi baru dengan sentuhan digital. Menurut Denny, perubahan perilaku masyarakat di era digital ini menjadikan peluang besar bagi startup dalam meraih momentum. “Rata-rata pengeluaran masyarakat di Indonesia yang mengakses pasar digital terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan tahun lalu sudah mencapai 90 USD atau 2 persen PDB per kapita” ujarnya. Selain Denny Hidayat, pada diskusi ini juga tampil membawakan materi, yakni Ketua Makassar Teknopark, DR. Jusman, serta Abdul Aziz Lihawa yang berprofesi sebagai konsultan bisnis dan manajemen. “Secara skill, startup kita di Makassar sangat mumpuni dan handal, namun kita kadang kedodoran dalam hal membangun team work. Ini yang penting dielaborasi kedepan, termasuk terus memaksimalkan kelembagaan rumah software Indonesia Makassar Teknopark (RSMTP)” ujar Jusman. Sementara itu, Abdul Aziz Lihawa banyak berbicara tentang sistem manajemen kerja dan beberapa hal yang membuat perusahaan rintisan sering gagal meraih target. (Hamzah/Cammang).

Bimtek Penasehat Wali Kota, Danny: Tugas Penasehat Wali Kota Lebih Sensitif

Makassarkota – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto menyampaikan apa saja tugas penasehat wali kota bidang RT/RW. Hal ini terlihat saat hadir membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penasehat Wali Kota untuk Kecamatan Rappocini, Bontoala, Manggala, dan Kep. Sangkarrang. Kegiatan berlangsung di hotel Karebosi Condotel, Jumat (5/4). “Penasehat wali kota saya angkat dengan SK Wali Kota. Tugasnya adalah bagaimana menyelamatkan bangsa ini, mulai dari lingkungan terkecil, terhadap narkoba,” kata Danny. Sekaitan hal tersebut, Danny mengaku sudah membicarakannya dengan ketua BNN. Ke depan bagaimana penasehat wali kota dilatih untuk mendeteksi narkoba. Penasehat Wali Kota bidang RT/RW ini nantinya akan menyampaikan laporan kepada BNN atau kepolisian jika menemukan hal-hal ini di lapangan. “Karena kalau ketua RT/ RW tugasnya khusus pelayanan publik. LPM bertugas khusus pemberdayaan masyarakat. Tetapi, Khsusus untuk penyelamatan generasi saya akan berikan tugas kepada penasehat wali kota. Tugasnya lebih sensitif. Kalau tugasnya sudah jelas seperti ini, maka jelaslah semua, termasuk insentif dan fasilitas,” kata Danny. Penasehat wali kota diharapkan akan menerima tugas menyelamatkan generasi bangsa ini dari beberapa hal. Di antaranya narkoba atau obat-obat terlarang, kekerasan, dari lem, kekerasan seksual, seks bebas, pernikahan dini, dan lainnya. Dengan aktifnya Penasehat Wali Kota maka banyak anak-anak generasi penerus bangsa ini yang diselamatkan. “Maka tugas penasehat wali kota sangatlah luar biasa. Karena akan jadi penyelamat generasi. Deteksi sosial ada di tangan kita,” tutupnya. (Dayat-Cammang)

Walikota Makassar Terima Kunjungan Tim Penilai PKK KB Kesehatan Di Posyandu Bougenville III

Makasarkota – Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menerima Kunjungan tim Penilai Pusat PKK KB tingkat Nasional di Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) Bougenville lll Jalan Telegraf Perumahan Telkommas ,Kelurahan Berua Kecamatan Biringkanayya. Junat 5 April 2019. Tim penilai mengunjungi Posyandu Bougenville lll dalam rangka penilaian PKK KB Kesehatan tingkat Nasional dimana Posyandu Bougenville lll mewakili kota Makassar dalam perlombaan tersebut.   Posyandu Bougenville lll juga telah masuk sebagai nominasi lomba posyandu untuk kategori integratif dalam rangka penilaian PKK KB Kesehatan Tahun 2019 tingkat nasional. Walikota Makassar mengatakan dirinya yakin Posyandu Bougenville lll bisa meraih hasil yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Karena sebelumnya Kota Makassar mendapatkan juara kedua di tingkat Nasional. “Alhamdulillah kita bersyukur, tahun ini Posyandu kota Makassar kembali masuk dalam nominasi enam besar, tiap tahun kita selalu masuk dalam nominasi bahkan menduduki urutan kedua tingkat nasional, mudah mudahan tahun ini bisa lebih baik lagi,” ucapnya. Namun Wali kota mengingatkan dalam kompetisi ini tujuan utama adalah meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan Masyarakat . Menurutnya perlombaan ini hanya merupakan pemicu dan cambuk bagi kita, untuk meningkatkan pelayanan semaksimal mungkin, apalagi pemkot Makassar mempunyai program pelayanan yang terintegrasi seperti kesehatan seperti, Home Care , layanan 112 , dan Lansia Care. “Tidak hanya lombanya saja namun yang terpenting bagaimana melayani masyarakat di semua kalangan baik itu bayi yang baru lahir, ibu Hamil, serta Lansia,” terang Danny. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkot Makassar Zulkifli mengatakan, dari 15 Kecamatan pihaknya telah memilih satu yang terbaik untuk diajukan mengikuti kompetisi tingkat nasional. Tim penilai pusat akan melakukan verifikasi data secara faktual terhadap Posyandu Bougenville ini yang terintegrasi di Kota Makassar.Target kita mudah-mudahan tembus juara satu,” kuncinya. (Dayat-Cammang)

Technical Meeting Lomba Bercerita Dinas Perpustakaan Kota Makassar Disambut Antusias Oleh Para Peserta

Makassarkota – Puluhan guru pendamping dan peserta lomba bercerita sangat antusias hingga memenuhi ruang baca Perpustakaan Umum Kota Makassar Lt. 2, Jl. Lamadukelleng No. 3, Kamis (04/04). Kehadiran mereka untuk mengikuti technical meeting atau penjelasan lomba bercerita seleksi Kota Makassar yang tahun 2019 ini memasuki audisi lomba tahun ke 10. Acara technical meeting dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Budaya Baca Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Thato Amran Kudus. Agenda technical meeting adalah kewajiban panitia sesuai SOP lomba bercerita seleksi Kota Makassar, SOP dilaksanakan 1 Minggu sebelum pelaksanaan lomba dimulai. Setiap tahun, lomba ini paling banyak diminati oleh Peserta dan Kota Makassar telah 5 kali mengirimkan utusan yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dan seluruhnya masuk 10 besar. Tahun 2018, utusan Kota Makassar yang lolos mewakili Sul-Sel, Aqila Nailatul Izzah dari SD Negeri Unggulan Monginsidi I berhasil memperoleh juara 3 Nasional. Tahun ini, peserta audisi seleksi Kota Makassar diperkirakan akan diikuti lebih 100 orang untuk memperebutkan tiket ke tingkat Provinsi. Peserta yang belum mendaftarkan diri dan belum menyerahkan naskah ceritanya diharapkan ke Kantor Dinas Perpustakaan Kota Makassar sekaligus mengambil nomor undian tampil paling lambat hari Senin, 8 April 2019 atau 1 hari sebelum pelaksanaan Audisi Lomba Bercerita. Audisi lomba bercerita dilaksanakan pada hari Selasa, 9 April 2019 di Aula PT. Penerbit Erlangga Cabang Makassar, Jl. Hertasning No. 50 Makassar mulai pukul : 08.00 Wita sd. Selesai. Sedangkan Grand Final yang menampilkan 10 finalis terbaik akan dilaksanakan pada hari Kamis, 11 April 2019 di Hotel Asyra Makassar, Jl. Maipa No. 1 Makassar. | Dinas Perpustakaan Makassar selalu ingin lebih dekat dan bersahabat… (HumasDinasPerpustakaan/Cammang).

Hello world!

Welcome to ThemeGrill Demo. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Skip to content