Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

BPBD Hentikan Sementara Pencarian Penumpang Yang Terjatuh

Makassarkota – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menghentikan sementara pencarian penumpang dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Rucitra 7 yang terjatuh di Perairan Makassar, Sabtu (13/04). Nurhidayat Sukardin selaku Koordinator Lapangan BPBD mengatakan, pencarian untuk sementara dihentikan dan akan dilanjutkan besok pagi. “Hingga petang tadi, korban yang belum ditemukan, tim gabungan dari BPBD, Basarnas, Damkar dan potensi SAR sementara stand by di Pantai Tanjung Bayang,” katanya Dalam pencarian tadi, tim gabungan mengerahkan dua unit perahu karet bermesin untuk melakukan upaya pencarian pada penumpang yang belum diketahui identititasnya. “Pencarian yang dilakukan dari pagi hingga petang tadi dengan menyusuri area yang terpusat pada titik koordinat jalur kapal, sekitaran pulau Kodingareng dan di sepanjang pesisir Pantai Tanjung Bayang,” ungkapnya. Area pencarian yang begitu luas dan titik jatuhnya korban yang jauh dari bibir pantai sehingga menyulitkan tim gabungan untuk melakukan proses pencarian. “Titik jatuhnya ini korban melewati Pulau Kodingareng sehingga menyulitkan melakukan penyisiran” ucapnya. Basarnas juga besok akan menurunkan Perahu Rigid yang sejenis perahu pengawas pantai untuk membantu proses pencarian. “Besok pagi sekitar pukul 06.00 Wita, proses pencarian akan dilanjutkan. Area pencarian akan diperluas sampai Pulau Langkai,” kata Nurhidayat saat ditemui di Posko Siaga Tanjung Bayang. (HumasBPBD/Cammang).

Tandatangani Perwali, Danny Pomanto Bakal Beri Insentif Penasehat Wali Kota

Makassarkota – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto secara resmi menandatangani perwali tentang pembentukan penasehat wali kota Makassar bidang RT dan RW. Hal ini, demi efektifnya pembinaan serta kordinasi para ketua RT dan RW di Kota Makassar dalam membantu pemerintah kota. “Hari ini penasehat wali kota telah memiliki tugas resmi. Sebagai mitigator sosial. Artinya pencegahan terhadap persoalan-persoalan sosial,” ucap Danny sapaan akrab wali kota pada puncak Penganugerahan RT/RW Caradde yang dirangkaikan dengan senam bersama dan penandatanganan Perwali Penasehat Wali Kota bidang RT/RW di Lapangan Karebosi, Sabtu, (13/4). Penasehat wali kota ini yang akan mengurusi anak-anak jika ada kecenderungan terancam terlantar maupun terjerumus narkoba. Mereka bertugas mengamati, melaporkan serta berkordinasi baik kepada BNN, Kepolisian dan pihak-pihak terkait. “Sebelum anak-anak terjun bebas di narkoba, kalau ada anak-anak terlantar, bisa tidak makan atau busung lapar, maka mitigatornya adalah penasehat wali kota. Begitu juga jika ada anak-anak berpotensi atau cendrung melakukan seks bebas maka penasehat wali kotalah tugasnya,” sambung Danny. Pencegahannya namanya mitigasi. Artinya jika selama ini RT/RW bertugas di pelayanan Publik, LPM pada pemberdayaan masyarakat, Penasehat Wali Kota menjadi mitigator sosialnya. Penasehat wali kota menutup tugas-tugas di lapangan yang belum ter-cover dengan baik. Misalnya masalah sosial anak-anak yang terlibat narkoba. Mestinya kata Danny, sebelum anak-anak terlibat narkoba itu sudah ada pemantauan dan pengkondisian, supaya mereka terputus dengan rantai narkoba. Demikian halnya Seks bebas, penyalahgunaan lem, kekerasan pada anak, anak melakukan kekerasan. Penasehat Wali Kota Bidang RT/ RW ini sendiri adalah lembaga kemasyarakatan yang dibentuk Danny Pomanto merujuk pada Permendagri No. 18 tahun 2018 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa. (Dayat-Cammang)

BPBD Fokuskan Pencarian Korban Tenggelam Di Pesisir Pantai Tanjung Bayang

Makassarkota – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menurunkan Tim Rescue untuk membantu pencarian penumpang kapal yang diperkirakan terjatuh di Perairan Makassar. Tim rescue dilepas langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD, Taufiek Rachman di halaman kantor BPBD, Sabtu (13/04). “Tim Rescue ini terdiri dari personil BPBD, Dinas Damkar dan Potensi SAR,” kata Taufiek. Taufiek mengungkapkan, ini adalah operasi kemanusiaan untuk membantu pencarian penumpang yang terjatuh dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Rucitra 7. “Informasi adanya penumpang yang terjatuh pada Sabtu (13/04) dini hari, penumpang ini melompat dari kapal tujuan Makassar Surabaya,” ungkapnya. Menurut dia, informasi baru diterima di Posko PB sekitar pukul 06.00 Wita, penumpang yang belum diketahui identititas ini dilaporkan tenggelam. “Atas informasi tersebut, kami bersama potensi SAR lainnya langsung terpanggil untuk membantu pencarian penumpang ini,” katanya. Sementara itu, Nurhidayat Sukardin selaku koordinator lapangan BPBD mengatakan, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Basarnas, Damkar dan potensi SAR saat ini sedang melakukan proses pencarian. “Proses pencarian tadi dimulai pukul 10.00 Wita dan terpusat pada titik koordinat jalur kapal dan di sekitaran pulau Kodingareng,” bebernya. Selain itu, penyisiran juga dilakukan di sepanjang pesisir pantai Tanjung Bayang. “Proses pencarian menggunakan dua perahu karet bermesin, masing-masing satu dari BPBD dan Basarnas. Posko pencarian dipusatkan di Pantai Tanjung Bayang,” kata Nurhidayat yang juga Kasie Kesiapsiagaan BPBD saat ditemui di Posko Tanjung Bayang. Sebelumnya dilaporkan, adanya penumpang terjatuh dari KMP Darma Rucitra 7 yang dilaporkan oleh petugas siaga dari VTS Makassar, bahwa pada TW 0412 2240 H, MOB satu orang terjatuh dari KMP Dharma Rucitra Tujuh, Rute Makassar-Surabaya pada posisi 05°12’36” S – 119°05’30” E, yang di perkirakan terjatuh di Perairan Makassar. (HumasBPBD/Cammang).

Taufiek Lepas Tim Rescue BPBD Bantu Pencarian Korban Tenggelam Di Pantai Tanjung Bayang

Makassarkota – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Taufiek Rachman melepas Tim Rescue dari BPBD, Damkar dan Potensi SAR di halaman kantor BPBD untuk membantu pencarian orang tenggelam di sekitaran Pantai Tanjung Bayang Makassar, Sabtu (13/04). “Tim Rescue ini akan tergabung dalam Operasi SAR Gabungan bersama BASARNAS di Posko Pencarian Orang Tenggelam di Pantai Tanjung Bayang” katanya. Informasi yang diterima di Posko PB, dilaporkan satu orang terjatuh dari Kapal KMP Dharma Rucitra Tujuh di Perairan Makassar. “Info diterima dari pegawai VTS Makassar sekitar pukul 06.00 WITA, bahwa pada TW 0412 2240 H, MOB satu orang terjatuh dari KMP Dharma Rucitra Tujuh, Rute Makassar-Surabaya pada posisi 05°12’36” S – 119°05’30” E, di Perairan Makassar” ungkapnya. BPBD menurunkan 10 personil ditambah satu perahu karet lengkap dengan mesin untuk membantu pencarian korban tenggelam. (HumasBPBD/Cammang).

Donasi Buku Dapat Diskon Buku

Makassarkota – Donasikan bukumu yang masih layak pakai/ layak baca di Program Donasi Buku di Hari Buku Internasional, 23 April 2019 dan dapatkan voucher diskon 25% untuk digunakan membeli buku baru terbitan Erlangga Group di Toko Buku yang ada di Kota Makassar. Voucher hanya dapat diperoleh pada momen Hari Buku Internasional di Perpustakaan Umum Kota Makassar, Jl. Lamadukelleng No. 3 pada hari Selasa, 23 April 2019 mulai pukul : 09.00 s.d. 15.00 Wita. Untuk pelajar SD dan SMP ikuti juga Talkshow Wajib Kunjung Perpustakaan (Gratis) di Lt. I bersama Duta Baca Provinsi Sulawesi Selatan dan Duta Baca Pelajar Kota Makassar pada pukul 08.30 Wita sd. Selesai. Untuk informasi dan pendaftaran peserta Talkshow Wajib Kunjung Perpustakaan dalam rangka Hari Buku Internasional 2019 hubungi Nara hubung : 085242437564 – Satu buku yang disumbangkan/ didonasikan mendapatkan 1 voucher (berlaku kelipatan). Maksimal 1 orang 3 Voucher. – Disarankan buku yang didonasikan adalah buku anak-anak. – Untuk peserta Talkshow Hari Buku Sedunia yang mewakili sekolah, setiap sekolah maksimal 10 orang ditambah maksimal 2 guru pendamping. – Peserta Talkshow terbatas. “Berbagi Buku, Berbagi Ilmu…” | Dinas Perpustakaan Makassar selalu ingin lebih dekat dan bersahabat.(HumasDinasPerpustakaan/Cammang)

Skip to content