Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Pasca Dilantik, Pj Wali Kota Makassar Ajak SKPD Bukber Dan Tarwih Bersama

Makassarkota – Pasca pelantikan, PJ Wali Kota Makassar, Dr M Iqbal S Suhaeb mengadakan buka puasa perdana dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Baruga Anging Mammiri, Senin (13/5/19). Buka puasa ini merupakan wadah silatuhrahim mendekatkan diri kepada SKPD. “Nantinya kita akan bertugas bersama. Kita harus bangun sinergitas yang baik. Lewat buka puasa bersama di hari perdana saya bekerja sebagai Pj Wali Kota Makassar, saya harap ini awal yang baik buat koordinasi lebih dekat,” ucap Iqbal. Selain mempererat tali silaturahmi, momentum buka puasa bersama ini juga dapat mempererat ukhuwah islamiyah antara sesama pelaku pembangunan khususnya di lini SKPD. Ia juga menyampaikan bahwa dalam konteks persatuan sesungguhnya umat Islam khususnya memiliki peranan yang sangat signifikan, karena kota Makassar sendiri merupakan simpul dan barometer Kawasan Timur Indonesia yang tentunya tidak terlepas dari peranan kaum muslimin yang sangat kental. Olehnya itu, Ia mengajak para SKPD yang hadir agar tetap menjaga keutuhan silatuhrahim agar kedepannya bisa membawa Makassar jauh lebih baik. Selain berbuka puasa, Iqbal juga melakukan shalat Magrib berjamaah sekaligus Tarwih bersama. (Dayat-Cammang)

Mahasiswa Beasiswa Kemenlu Silaturahmi Bersama PJ Wali Kota Makassar

Makassarkota – Sebanyak 12 orang mahasiswa Program Beasiswa Seni Budaya Kementrian Luar Negeri silaturahmi bersama Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Senin, 13 Mei 2019. Kepala Subdit Sosial Budaya Direktorat Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI Meylia Wulandari mengatakan kedua belas mahasiswa Beasiswa Seni Budaya Luar Negeri ini mempelajari berbagai kesenian daerah Sulawesi. “Untuk itu kami dari Kemenlu berkewajiban membawa dan memperkenalkan kedua belas mahasiswa ini ke Pemerintah kota Makassar, ” kata Meylia. Menurut Meylia selain Makassar, ada beberapa kota lain yang ditunjuk sebagai tempat mempelajari adat istiadat, seni tari, budaya, dan kearifan lokal. “Ada enam kota yang kita tunjuk sebagai studi kesenian budaya daerah diantaranya, Jogja, Bali, Banyuwangi, Padang, Kutai Kartanegara dan Makassar. Jumlahnya ada 72 orang dari 42 Negara,” jelasnya. Meylia berharap selama mereka berada di Makassar dilibatkan dalam berbagai kegiatan kesenian, budaya, dan diperkenalkan nilai – nilai positif yang ada di Makassar. Apalagi di bulan suci Ramadan seperti ini. Meylia mengatakan, mahasiswa ini sengaja didatangkan di bulan Ramadan agar mereka dapat melihat bagaimana kehidupan masyarakat muslim di Indonesia walaupun mayoritas tapi moderat. “Apalagi dari dua belas peserta dari luar negeri ada tiga mahasiswa muslim, ini juga yang ingin kita perlihatkan biar mereka rasakan bagaimana hidup toleransi, sambil menikmati berbagai hidangan buka puasa,” ujarnya. Sementara itu Pj Wali Kota Makassar yang baru saja dilantik Dr M Iqbal S Suhaeb menyambut baik kedatangan kedua belas mahasiswa di kediaman resminya. Iqbal berharap selama mereka berada tiga bulan di Makassar selain mempelajari adat istiadat dan seni budaya, mahasiswa ini juga menikmati berbagai sajian kuliner khas Makassar dan suasana Kota Anging Mamiri. “Kami berharap selama berada di Makassar bisa mempelajari adat istiadat seni budaya, kami juga mempersilahkan mencicipi aneka kuliner khas Makassar, seperti Pallu Basa, Coto dan lain lain,” harapnya. Diketahui selama tiga bulan belajar di Makassar, nantinya mahasiswa ini akan kembali ke Banyuwangi untuk melakukan pagelaran kesenian daerah yang telah dikunjunginya. (Dayat-Cammang)

Murni Resmi Jabat PJs Ketua TP PKK Dan Dekranasda Kota Makassar

Makassarkota — Murni Iqbal Suhaeb resmi menjadi Penjabat Sementara (PJs) Ketua TP – PKK Kota Makassar dan Ketua Dekranasda Kota Makassar menggantikan Indira Yusuf Ismail yang mengakhiri masa jabatannya (2014 – 2019) yang ditandai dengan serah terima jabatan (Sertijab) di Baruga Anging Mammiri, Senin (13/5/19). Sertijab dihadiri dan disaksikan langsung oleh Ketua TP – PKK Provinsi Sulawesi Selatan Liestiaty Fachrudin, PJ Wali Kota Makassar Dr Iqbal S Suhaeb, pengurus TP PKK Kota Makassar, dan pimpinan OPD lingkup Pemkot Makassar.   Dalam kesempatan itu, Ketua TP – PKK Provinsi Sulawesi Selatan Liestiaty Fachrudin, menyampaikan doa dan ucapan selamat kepada PJ Ketua TP PKK Kota Makassar yang baru saja melakukan serah terima jabatan. “Selamat kepada Ibu Murni semoga di tangannya PKK semakin lebih maju lagi dalam memberikan kontribusi untuk di Kota Makassar,” ucapnya. Ia tak lupa berterima kasih kepada Indira Yusuf Ismail atas dedikasi dan ide yang telah disumbangsikan kepada Kota Makassar sehingga membuat kota Makassar menjadi lebih maju. Liestiaty juga berharap kepada PJ ketua TP PKK Kota Makassar yang baru agar program terbaik yang telah dirintis oleh ketua yang lama dapat teruskan dan dipastikan keberlanjutannya. “Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, tantangan yang baru, harapan yang baru dengan menyusun program kerja yang akan dijalankan. Bangun sinergitas yang baik,” harapnya. Sementara, Murni juga menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan peran strategis PKK di kota berjuluk Anging Mammiri. “Insya Allah amanah ini saya akan jalankan dengan sebaik-baiknya. Mari saling membantu dan bersinergi untuk menciptakan inovasi dan ide yang lebih baik. Yang sudah baik akan dijalankan, yang kurang akan dibenahi,” pungkasnya. (Hamzah-Cammang)

Gubernur Resmi Lantik Iqbal Suhaeb Sebagai PJ Wali Kota Makassar

Makassarkota — Usai masa jabatan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto berakhir, Pemerintah kota (Pemkot) Makassar, kini resmi dipimpin Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar M. Iqbal Suhaeb setelah dilantik Gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah di Halaman Kantor Balai Kota Makassar, Senin, (13/5/19). Turut hadir Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman, Forkopimda Makassar, SKPD lingkup Pemerintah kota Makassar, anggota DPR RI, anggota DPRD Sulsel, DPRD Makassar, camat dan lurah se – kota Makassar. Pelantikan Iqbal Suhaeb sebagai orang nomor satu di Makassar berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131. 73 – 2352 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Penjabat Walikota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan tanggal 26 April 2019. “20 bulan masa jabatan Pj wali kota Makassar. Kalau satu tahun berhasil, ada diskresi dari gubernur untuk dilanjutkan ke Mendagri untuk dilanjutkan,” ungkap Gubernur Prof Dr Nurdin Abdullah dalam sambutannya. Olehnya itu, mantan Bupati Bantaeng 2008 – 2018 ini menyampaikan ucapan selamat atas jebatan baru Iqbal Suhaeb sebagai Pj wali kota Makassar. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto dan Dr Syamsu Rizal MI. yang selama ini memimpin pemerintah kota Makassar. “Menyampaikan selamat atas pelantikan ini dan terima kasih kepada Pak Danny Pomanto dan Daeng Ical, juga Pak Sekda yang malaksanakan tugas harian,” tutur Gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah. Dalam pelantikan tersebut, Gubernur Nurdin juga berpesan kepada Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb untuk melanjutkan jalannya roda pemerintahan di Kota Makassar. “Terus melakukan perbaikan – perbaikan di seluruh aspek roda pemerintahan dan aspek kehidupan masyarakat, agar Kota Makassar nantinya bisa lebih baik lagi,” pesan Gubernur Nurdin Abdullah. Dalam kegiatan pelantikan ini dilaksanakan juga penyerahan memori jabatan dari Plh Wali Kota Makassar, Anshar ke PJ Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. Selesai acara pelantikan, para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada PJ Wali Kota terpilih dilanjutkan dengan ucapan selamat dari pimpinan SKPD, tokoh tokoh masayarat, serta pejabat lingkup Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan. (Hamzah/Cammang).

Skip to content