Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Makassar Terdepan Dalam Inovasi Pelayanan Publik

Makassarkota – Inovasi pelayanan publik Makassar kembali mendapatkan pengakuan dari lembaga negara. Kali ini datang dari LAN RI yang memboyong peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat ll Angkatan IX bertemu Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb, di Ruang Sipakalebbi, Balai Kota, Kamis, 16 Mei 2019. Rombongan dipimpin Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) LAN RI di Makassar Dr Andi Taufik. Tujuannya untuk melihat dan mempelajari inovasi kota Makassar. “Kita memilih Makassar karena kota Makassar merupakan salah satu kota metropolitan yang terdepan dalam hal inovasi pelayanan publik kepada warganya,” terang Andi Taufik. Salah satu agenda dari Puslatbang KMP LAN RI adalah mengembangkan kepemimpinan kewirausahaan (Entrepreneur Leadership) sebagai bagian dari kepemimpinan strategis. “Inilah yang menjadi tujuan utama kami berkunjung ke Balai Kota Makassar khususnya ke War Room dan Sombere Galeri,” ujarnya. Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb dalam arahanannya di hadapan peserta PKN Tingkat ll Angkatan IX mengatakan sebagai pejabat setingkat eselon ll tentunya dituntut untuk siap memimpin di mana saja mereka ditempatkan. “Kenapa itu dilakukan, agar setiap PNS mampu memahami semua permasalahan di masyarakat khususnya mengenai layanan publik, jadi tidak hanya bertugas di tempat itu saja, perlu adanya perputaran tempat agar mampu memahami semua persolan yang ada,” terangnya. PKN Tingkat II Angkatan IX dimulai sejak tanggal 8 Mei hingga 6 September 2019 yang diikuti 57 pejabat pimpinan tinggi pratama dari 23 kabupaten/kota dan 5 kementerian/lembaga. (Dayat-Cammang)

Pj Wali Kota Makassar Silaturahmi Ke Pangdam XIV Hasanuddin

Makassarkota  – Setelah bersilaturahmi dengan jajaran Forkopimda Kota Makassar diantaranya Kejari Makassar, dan Kapolrestabes Makassar, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb kembali melakukan kunjungan silaturahmi ke Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjend Surawadi di Ruang Tamu Kehormatan Kodam XIV Hasanuddin, Jalan Urip Sumihardjo, KM 7, Makassar, Kamis, 16 Mei 2019. Pertemuan antara keduanya berjalan dengan suasana penuh keakraban. Panglima Mayjend Surawadi mengatakan suatu kehormatan Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb sowan ke Kodam XIV Hasanuddin. “Suatu kehormatan besar bapak Pj wali kota bertandang ke sini. Kami harap amanah yang diembankan kepada bapak sebagai Pj wali kota selama dua puluh bulan ke depan dapat dijalankan sesuai amanah yang diberikan, kalau bisa di tambah sampai lima tahun lagi,” ucap Pangdam Mayjend Surawadi. Menurutnya, selama ini Pemerintah Kota Makassar dan Kodam XIV Hasanuddin sudah menjalin kerja sama sejak lama dalam pembangunan yang melibatkan TNI. “Ini yang mesti kita pertahankan, apalagi selama ini pemerintah kota banyak memberikan bantuannya kepada Kodam,” ujarnya. Di kesempatan yang sama Pj Wali Kota Iqbal mengajak Pangdam Mayjend Surawadi untuk terus berkesinambungan menjalin kerja sama tersebut. “Keterlibatan TNI selama ini tidak dapat dipisahkan dengan Pemerintah Kota Makassar, kita lihat saja saat melaksanakan kegiatan bersih – bersih, saat warga melihat TNI bekerja mereka turut serta terlibat,” ujar Iqbal. Silaturahmi antara keduanya ditutup dengan saling tukar cendramata dari Pemkot Makassar dan Kodam XIV Hasanuddin. (Dayat-Cammang).

Pj Wali Kota Makassar Melayat Mendiang Mantan Sekda Sidrap

Makassarkota – PJ Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb melayat mendiang mantan Sekda Kabupaten Sidrap, Sainuddin Hasanuddin di rumah duka, Perumahan Yayasan Kantor Gubernur, Blok E, No. 18, Makassar, Kamis, 16 Mei 2019, pagi. Sainuddin Hasanuddin menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Grestelina karena sakit. Sebelum memasuki masa pensiun Sainuddin terakhir menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang. Semasa hidupnya, almarhum juga pernah menduduki beberapa jabatan penting di berbagai tingkatan mulai dari kabupaten, kota, dan provinsi. Di mata Pj Wali Kota Makassar, sosok almarhum Sainuddin Hasanuddin merupakan pamong praja yang patut dijadikan panutan. Almarhum telah malang melintang dan menduduki berbagai posisi penting baik di pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi, terakhir beliau menduduki jabatan Sekda di Sidrap. “Almarhum dikenal sebagi birokrat senior yang memiliki integritas tinggi. Beliau adalah contoh bagi kita semua kader – kader muda, bagaimana memiliki integritas sangat tinggi sampai memasuki masa pensiun. Kita semua berduka, dan merasa kehilangan sosok panutan,” sedih Iqbal. Almarhum meninggalkan seorang Istri Andi Husna dan seorang puteri. Rencananya, jenazah Sainuddin Hasanuddin akan dikebumikan di Pekuburan Pabbangiang, Jalan Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa. (Hamzah-Cammang)

Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Serahkan Bantuan Sembako Gratis

Makassarkota, — Pj Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Iqbal menyerahkan bantuan Sembako (Sembilan bahan pokok) kepada warga kurang mampu di Jalan Panampu, Lorong 2, kecamatan Tallo, Kamis, (16/5/19). Penyerahan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Liestiaty F Nurdin didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Hasanuddin Endang Surawahadi, dan Ketua Bhayangkari Polda Sulsel Julachmi Hamidin. Kegiatan ini dikemas dalam agenda Amaliah Ramadan Pemprov Sulsel dan TP PKK Pemprov Sulsel bekerjasama dengan TP PKK Kota Makassar serta Pemerintah Kota Makassar. Bantuan yang diserahkan sebanyak 300 paket Sembako secara gratis. Satu paketnya berisi beras 2 kg, tepung terigu 2 kg, minyak goreng 2 liter, mentega 3 kg, susu kental manis 2 kaleng dan 1 boks biskuit. “Alhamdulillah kegiatan ini difokuskan di Makassar karena di kota ini banyak juga yang membutuhkan. Kami kerja sama dan Alhamdulillah dengan kerja sama ini masyarakat dapat Sembako tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun,” ucap Murni. Hal senada diungkapkan Ketua TP PKK Sulsel, Liestiaty, kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang dilakukan pihaknya. Tujuannya, agar para masyarakat bisa melakukan ibadah puasa dengan tenang tanpa harus memikirkan pembelian Sembako. “Kita tahu di bulan Ramadan ini ibu rumah tangga banyak kebutuhannya jadi penyerahan ini mengutamakan warga yang tidak mampu, Ini gratis yah, tidak dipungut biaya,” jelasnya. Liestiaty berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga. Kegiatan ini juga menjadi ajang silatuhrahmi Ketua TP PKK Sulsel dan Ketua TP PKK Kota Makassar agar lebih dekat dengan masyarakatnya. (Hamzah/Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Tinjau RPH Tamangapa

Makassarkota –  Penjabat Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb melakukan peninjauan ke Rumah Potong Hewan (RPH), kelurahan Tamangapa, kecamatan Manggala, Kamis, (16/5/2019) dini hari. Kunjungan yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Iqbal untuk meninjau aktifitas pemotongan hewan yang saat ini dikelola oleh Perusahaan Daerah Pemerintah Kota Makassar. Iqbal mengatakan kunjungannya ke RPH ingin melihat langsung bagaimana proses penanganan hewan ternak, karena beredar video viral tentang bagaimana proses penanganan hewan ternak sebelum disembelih. “Setelah kita melihat langsung ternyata perlakuan hewan ternak di Tamangapa seperti di video yang viral ternyata tidak benar. Kami juga mencoba mempelajari sistem yang ada di sini karena bangunannya sudah cukup lama dan sudah tidak layak lagi,” ucapnya. Menurutnya untuk mendapatkan dana bantuan berupa penambahan dana dari APBD Kota Makassar, APBD Provinsi Sulsel serta APBN penting dilakukan perbaikan cara pengelolaan aset RPH. “Selama ini cuma Perusda yang mengelola sendiri, kalau bekerja sama dengan dinas terkait, tentunya pembiayaan melaui APBD kota dan provinsi serta APBN akan lebih mudah, dengan adanya dana tersebut peralatan yang dipakai manual akan kita modernisasikan, termasuk sarana penunjang lainnya seperti jalan,” terangnya. Iqbal menekankan harapan Pemerintah Kota Makassar agar masyarakat tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi daging yang diproses dan dipotong di RPH Tamangapa. Dia berharap ketersediaan daging di bulan suci Ramadhan dan memasuki hari raya Idul Fitri tahun ini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. “Kita harapkan tidak terjadi inflasi. Mudah-mudahan stock daging mencukupi dan tidak terjadi kenaikan harga. Kita pantau terus bersama dinas terkait,” ungkap Iqbal. Usai melakukan kunjungan ke RPH Tamangapa, rombongan Pj wali Kota yang didampingi Asisten ll Andi Irwan Bangsawan, Staf Ahli Wali Kota Andi Bukti Djufri menyempatkan shalat Subuh berjamaah di Masjid Jami’ul Ihsan, Jalan Todopuli Raya, Makassar. (Dayat-Cammang).

Operasi Yustisi Tim Gabungan Pemerintah Kota Makassar Razia Sejumlah Rumah Kost

Makassarkota – Tim Gabungan Pemerintah Kota Makassar yang terdiri dari Dinas Sosial, Satpol PP, TNI dan Kepolisian melakukan razia di sejumlah rumah kost di Kota Makassar, Rabu (15/5/2019) malam. Mereka terjaring operasi yustisi ini dalam rangka menjaga kenyamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan suci ramadhan, tadi terjaring dua pasang; ada juga yg kedapatan lagi pesta narkoba kita langsung serahkan ke pihak kepolisian untuk diproses “ ungkap Kadis Sosial Akhmad Namsum. Dari hasil sementara, empat pasangan muda-mudi tanpa status pernikahan ditemukan berduaan di dalam kamar. Mereka didapat di sejumlah kamar kost di Jalan Banta-Bataeng dan Jalan Faisal, Kota Makassar. Tak pelak, proses razia ini pun menjadi tontonan warga. Bahkan, beberapa warga meneriaki para pasangan yang diamankan. “Kasi nikah saja langsung,” teriak warga sekitar. Hingga saat ini, tim gabungan Pemkot Makassar masih melakukan razia ke sejumlah rumah kost lainnya. (Yoga-Cammang).

Skip to content