Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

Dihadiri JK, Pj Wali Kota Siap Pentaskan La Galigo Di Jamuan Makan Malam PSBM

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb menerima Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulsel Ir Zulkarnaen Arief di Rujab Wali Kota, Rabu, (29/5). Zulkarnaen yang juga panitia Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) menemui wali kota untuk melaporkan rencana Pertemuan Saudagar Bugis-Makassar yang akan dibuka Wapres RI Jusuf Kalla. Sekaligus kata dia untuk meminta kesedian Pemkot Makassar menerima tamu dari ribuan peserta PSBM. Iqbal menyambut baik kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun di Makassar ini. Bahkan ia mengaku saat jamuan makan malam Pemkot Makassar dengan PSBM nanti akan menghadirkan aneka pementasan dan hiburan. “Saya ingin nanti di situ ada pementasan Lagaligo meski versi pendeknya. Yah sekaligus juga sebagai persembahan terima kasih kita di akhir masa jabatan bapak JK sebagai Wapres,” ucapnya. Kegiatan rencana akan dilaksanakan di Fort Rotterdam 16 Juni mendatang. Pemkot Makassar akan menjamu makan malam ribuan saudagar Bugis – Makasar dari berbagai penjuru dunia. Ketua Kadin Zulkarnaen, menyampaikan harapan agar pertemuan tersebut dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan perkembangan UMKM Makassar saat ini. “Kita berharap para saudagar ini berminat berinvestasi di kampung sendiri. Anda sudah membangun di daerah orang lain masa di daerah sendiri tidak bisa” ucap Zulkarnaen. (Idris-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Edukasi Pedagang Jaga Kebersihan Pasar

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb mengedukasi pedagang pentingnya tanggung jawab bersama menciptakan pasar yang bersih dan nyaman. Itu ditunjukkannya saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Pa’baeng – baeng dan meminta pedagang memungut dan mengantongi sampahnya masing – masing. Sebelum Sidak ke Pasar Pa’baeng – baeng, Pj Wali Kota Iqbal terlebih dulu meninjau pembersihan kanal Pa’baeng -baeng oleh Satgas Kebersihan, Rabu, (29/5). Iqbal menilai, masalah utama dari penumpukan sampah di kanal berasal dari sampah pasar. “Meskipun Pemerintah kota rutin melakukan pembersihan kanal namun jika tidak didukung dengan kesadaran dan upaya bersama dari pedagang pasar untuk menjaga kebersihan maka usaha itu tidak akan maksimal,” kata Iqbal. Ia menyayangkan adanya opini pedagang yang menganggap karena mereka membayar retribusi sampah, maka petugas sampahlah yang berkewajiban membersihkan sampah pasar. Petugas sampah, kata Iqbal tinggal mengambil sampah. Akan tetapi pedaganglah yang mengumpulkan dan memasukkannya ke kantongan sampahnya sendiri terlebih dahulu. “Tidak benar kalau petugas sampah memunguti sampah berserakan di lantai (tanah). Dia semestinya tinggal mengambil sampah yang sudah dimasukkan ke dalam kantong,” tambahnya. Selain di tempat tersebut, Iqbal Suhaeb juga meninjau beberapa lokasi. Yakni, Tempat Pembuangan Sampah(TPS) di Dg Tata 3 Tamalate, Pasar Pamus, Kelurahan Sambung Jawa Mamajang, dan Kanal Pasar Senggol Mariso. Dalam kunjungan tersebut Iqbal ingin memastikan tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai atau kanal. (Idris-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Shalat Subuh Di Masjid Makmur Melayu

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb melakukan Safari Ramadan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Makmur Melayu, Kecamatan Wajo, Rabu (29/5). Selain ibadah dan bersilaturahmi langsung dengan warga di kelurahan Melayu, Iqbal juga menyempatkan diri memberi tausiah singkat. Layaknya da’i, Ia menjelaskan tentang 3 elemen dasar dalam diri manusia. “Manusia terdiri dari 3 elemen dasar yakni pertama, jasad, dibangun dari tanah. Semua kita ini akan kembali ke tanah. Kedua, akal, adalah hal yang membedakan kita dengan makhluk lain karena diberi kemampuan berpikir, dan roh. Roh adalah cahaya kesucian yang ditiupkan dari Allah, SWT,” terangnya. Karena itu, pada momentum bulan Ramadan ini, Iqbal mengajak jamaah shalat Subuh yang hadir agar terus menyempurnakan ketiga elemen dasar manusia itu. Sebab jika hal itu terwujud, maka persoalan – persoalan di Jakarta pasca Pilpres 2019 ini tidak perlu terjadi. Sekaitan dengan itu pula, Iqbal kembali mengingatkan agar persoalan yang terjadi di Jakarta hari ini, cukup tetap di tempat itu saja. “Masalah – masalah di Jakarta cukup di Jakarta saja, tidak usah dibawa ke Makassar. Kita fokus dengan ibdah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar kota kita ini senantiasa damai dan tenteram,” ucap Iqbal. Tak lupa, di salah satu masjid tertua Makassar tersebut Iqbal mengajak seluruh warga Makassar selalu berdoa, agar daerah ini mendapat ridho Allah SWT. Menurutnya dengan berdoa bersama, negeri ini, kota Makassar akan selalu diberkahi, Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman. (Idris/Cammang).

Skip to content