Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal Pantau Kesiapsiagaan Pasca Hari Raya Dan Libur Lebaran

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb didampingi Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Iqbal memantau kesiapsiagaan pasca hari raya dan libur lebaran di empat kecamatan di kota Makassar. Ia ingin memastikan jajaran Pemerintah Kota Makassar di tingkat kecamatan siap dan sigap merespon aduan ataupun kebutuhan warga pasca hari raya dan libur lebaran. Kecamatan pertama yang dikunjungi Iqbal adalah Kecamatan Panakkukang. Ia disambut Camat Panakkukang Andi Pangeran Nur Akbar. Di sini, Iqbal sempat berkeliling melihat dan mengecek kondisi bangunan kantor yang berlokasi di Jalan Batua Raya. Ia juga berkesempatan menyaksikan inovasi kecamatan Panakkukang berupa Mini War Room yang berfungsi sebagai alat kontrol dan monitoring di kelurahan – kelurahan yang ada di kecamatan Panakkukang. “Kami memanfaatkan CCTV sebagai alat kontrol yang terhubung ke setiap kantor kelurahan se – kecamatan Panakkukang. CCTV ini juga berfungsi sebagai alat pengaduaan masyarakat,” terang Andi Pangeran. Setelah itu, Pj Wali Kota Iqbal bergerak ke kecamatan Tamalanrea. Ia disambut oleh Camat Tamalanrea M Reza. Di sini, Iqbal tak mampu menyembunyikan kekagumannya tatkala menyaksikan deretan tanaman hidroponik dan tanaman peneduh yang berjejer rapi di halaman kantor pemerintah kecamatan Tamalanrea. Camat M Reza memanfaatkan kunjungan ini dengan menunjukkan kantin yang berfungsi sebagai tempat para staf kecamatan untuk makan siang, sehingga tidak perlu lagi keluar kantor saat istirahat siang. “Kantin ini juga berfungsi sebagai Warkop yang terbuka untuk umum. Warga Tamalanrea bisa memanfaatkannya sebagai ruang interaksi sosial dengan pemerintah kecamatan,” ucap Reza. Dari kecamatan Tamalanrea, Pj Wali Kota Iqbal bergeser ke kecamatan Biringkanaya yang disambut oleh Camat Biringkanaya Mahyuddin dengan suguhan kopi dan kue khas lebaran di Posko Siaga Kecamatan Biringkanaya. Iqbal bercengkerama dengan petugas Posko sambil menanyakan pengelolaan sampah dan keadaan wilayah pasca hari raya Idul Fitri. Usai berbincang dengan petugas Posko, Iqbal melanjutkan pantauannya ke kecamatan Wajo. Ia dijemput Camat Wajo Aulia Arsyad yang memperlihatkan pusat pelayanan masyarakat yang berada di wilayahnya. Iqbal sempat berkeliling dan foto bersama sebelum pamit mengakhiri pantauannya malam itu. “Alhamdulillah dari empat kecamatan yang kami kunjungi semalam. Camat dan jajarannya siap dan siaga memberikan pelayanan kepada warga bahkan saat pasca hari raya dan libur lebaran,” ungkap Iqbal (8/06). Ia berpesan kepada seluruh camat agar mempertahankan kinerjanya dan mengedepankan pelayanan yang berkualitas bagi warga Makassar. (Humas-Cammang)

Iqbal Suhaeb Minta BKPRMI-Pemerintah Bersinergi Mengembalikan Fungsi Masjid

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb meminta kepada jajaran pengurus IKA BKPRMI Sulawesi Selatan bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengembalikan fungsi masjid. Ia mengaku prihatin dengan kondisi masjid saat ini yang seolah dikerdilkan. Padahal menurutnya, setidaknya tiga fungsi dasar masjid haruslah menjadi kekuatan umat untuk terciptanya kondisi masyarakat atau sebuah kota Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman). “Intinya harus ada upaya untuk mengembalikan fungsi masjid. Fungsi masjid jangan sampai disempitkan, karena itu saya meminta seluruh komponen umat utamanya BKPRMI untuk membantu hal ini,” ucap Iqbal pada Halal bi Halal pengurus IKA BKPRMI Sulsel, di Baruga Anging Mammiri, Sabtu (8/6). Tiga fungsi dasar masjid kata Iqbal yakni Fungsi zikir atau ibadah, fungsi pikir, dan fungsi sosial. Fungsi pertama, zikir karena masjid merupakan tempat bertawakkal, melaksanakan ibadah, memperbanyak zikir, mensucikan diri dan hati. Sehingga tercipta rasa saling mengasihi yang berdampak tidak adanya saling dengki, iri, dan menjauhkan pertikaian antar sesama. Ke dua, fungsi pikir adalah menjadikan masjid tempat berdiskusi memikirkan fenomena atau hal-hal kekinian yang terjadi. Bahkan ia berharap kekuatan pikir ini dimulai dari masjid. Sementara ke tiga, fungsi sosial diharapkannya masjid selain untuk meningkatkan kesalehan ritual juga menjadi pusat kesalehan sosial. Dari masjid persoalan-persoalan sosial bisa dipecahkan. Sehingga tidak ada lagi kefakiran, mengatasi kemiskinan, anak jalanan, pengemis, serta mengentaskan kebodohan dan penindasan. “Yang mengherankan adalah ketika setiap hari masjid semakin bertambah jumlahnya, namun kemiskinan, anak jalanan, dan pengemis, juga bertambah banyak. Berarti fungsi masjid tidak jalan. Ini yang kami harapkan ke IKA BKPRMI,” pungkas Iqbal. Sementara itu, Ketua IKA BKPRMI Sulsel Abubakar Wasahua mengatakan organisasi berbasis masjid ini wajib membantu pemerintah mewujudkan program-program keumatan. Terlebih kata dia, Pj Wali Kota juga merupakan alumni pengurus BKPRMI. “Beliau adalah alumni BKPRMI, sehingga organisasi ini wajib berkontribusi mendukung dan menjalankan program pemerintah. Insya Allah, kami dapat menggaransi di bawah kepemimpinannya beliau mampu mengantarkan kota Makassar menjadi kota dengan masyarakat dan pemerintahan yang saleh,” optimisnya. (Idris-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Ajak OPD Bersepeda Sembari Tinjau Kebersihan

Makassarkota – Meski masih suasana cuti hari raya Idul Fitri 1440 H, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb tetap intens melakukan pemantauan wilayah. Ia bahkan mengajak beberapa OPD Pemkot Makassar berkeliling bersepeda santai sembari meninjau kebersihan di beberapa titik yang dilalui. Utamanya, wilayah kanal, seperti kanal di Tanjung Bunga (kanal Jongayya), kanal Patompo, dan kanal Pa’baeng-baeng. Di tempat-tempat tersebut banyak terlihat penumpukan sampah plastik yang menghambat aliran air. “Soal kebersihan adalah hal urgent. Meski masih suasana cuti, saya tetap fokus di kebersihan. Karena, yang namanya kebersihan tidak ada istilah cuti,” ungkap Iqbal, Sabtu, (8/6). Terkait hal tersebut, Iqbal mengatakan sejak tadi malam, dirinya telah meninjau empat kecamatan memastikan semua petugas tetap siaga dan stand by. Hari ini juga dilakukan di empat kecamatan, yakni kecamatan Ujung Pandang, Mariso, Tamalate, dan Mamajang. Dari peninjauan kanal itu, Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb langsung memerintahkan camat setempat segera menyiapkan pasukan kebersihannya, untuk melakukan pembersihan secara bersama-sama, besok. “Target kita adalah yang penting konsisten, terus menerus kita bersihkan tiap hari, tidak boleh menunggu penumpukan. Jangan sampai ada sampah yang menumpuk,” pungkasnya. Tampak turut mendampingi Sekda Kota Makassar A M Ansar. Sementara beberapa OPD di antaranya, Kepala BKPSDMD A Siswanta Attas, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB A Zulkifli Nanda, Kadis Pariwisata Kamelia Thamrin Tantu, dan Camat Ujung Pandang Andi Patiware. Mereka terus mengayuh sepeda dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan jarak tempuh sekitar 10 km. Sesekali rombongan berteduh menghindari gerimis sepanjang pagi. Hingga akhirnya memilih sebuah warkop di Jl. Ratulangi untuk sarapan. (Idris-Cammang)

Iqbal Dampingi Gubernur Nurdin Abdullah Resmikan Kantor Camat Kepulauan Sangkarrang

Makassarkota – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan bekerjasama Pemerintah Kota Makassar beserta negara kincir angin Belanda akan membangun sarana air bersih bagi masyarakat di Kecamatan kepulauan Sangkarrang. Kecamatan Kepulauan Sangkarang adalah merupakan pemekaran dari Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Kecamatan Kepulauan Sangkarang ini terdiri dari tiga kelurahan yang berada di beberapa pulau pulau supermonde yang termasuk dalam kawasan Kota Makassar. Gubernur Sulsel, Prof. HM. Nurdin Abdullah yang didampingi Pj Walikota Makassar Dr Iqbal S Suhaeb menjelaskan, semangat pembentukan Kecamatan Kepulauan Sangkarang adalah salah satu langkah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, di kepulauan secara cepat. Olehnya itu, Prof. Nurdin Abdullah berharap, setelah diresmikannya kantor kecamatan ini pemerintah Kota bisa mempermudah akses dan pelayanan publik masyarakat khususnya di pulau-pulau yang termasuk dalam kecamatan Kepulauan Sangkarrang. “Saya berpesan kepada bapak Camat, Lurah tokoh masyarakat dan masyarakat Kecamatan Sangkarrang untuk tidak segan-segan memberikan masukan kepada pemerintah provinsi mengenai kebutuhan infrastruktur masyarakat kepulauan,” ungkap Prof. HM. Nurdin Abdullah dalam sambutannya, usai meresmikan kantor Camat Baru kepulauan Sangkarrang, Jumat (7/5). Lebih lanjut, Prof. Nurdin Abdullah manajemen pelayanan publik dan pemerintah hari ini harus berubah, pelayanan masyarakat kepada setiap warga harus adil dan merata baik yang tinggal di darat maupun di pulau-pulau. Nurdin berharap agar seluruh masyarakat untuk menghapus stigma bahwa masyarakat yang tinggal di pulau adalah warga kelas dua. Padahal yang sangat perlu adalah penyediaan sarana infrastruktur dasar bagi masyarakat. “Saya percaya melalui sinergi yang baik antara pemerintah kota dan pemerintah provinsi, kita dapat mamastikan setiap kebutuhan utama masyarakat, “jelasnya. Sementara itu Pj Walikota Dr. Iqbal S Suhaeb mengapresiasi dengan apa yang dilakukan gubernur Nurdin Abdullah untuk memperhatikan warga membangun sarana air bersih dan pembangkit listrik bagi warga yang bermukim di pulau. “Saya sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan siap mendukung penuh untuk pembangunan dan kemajuan Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Apalagi Gubernur Sulsel sendiri sudah meresmikan Puskesmas Pulau Barrang Lompo, Kantor Camat Sangkarrang dan Masjid di sini, “ucapnya. Iqbal menyebutkan selain menyediakan air bersih dan pengadaan listrik gubernur juga mewujudkan pembangunan sarana prasarana gedung sekolah SMA. “Pak Gubernur juga akan mendorong terwujudnya pembangunan sekolah SMA Negeri untuk Kecamatan Kepulauan Sangkarrang,”jelasnya. (Dayat-Cammang).

Skip to content