Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal Suhaeb Raih Penghargaan Sang Pemimpin

Makassarkota, MAKASSAR,- Pejabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb menerima penghargaan sang pemimpin kategori kebijakan publik dari okezone.com, di Grand Ballroom, hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019). Iqbal dinilai sebagai kepala daerah yang berhasil dalam mengelola dan menggarap potensi daerah sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan di Makassar. “Alhamdulillah. Makassar kembali mendapatkan apresiasi. Tentunya, penghargaan ini semakin memacu semangat pemerintah kota Makassar untuk bekerja semakin baik dalam melayani masyarakat,” ucap Iqbal. Pemimpin Redaksi Okezone.com Angelina Donna mengatakan penghargaan yang diberikan meliputi kategori sektor pariwisata, pelayanan publik, kebijakan publik, sosial dan budaya, tata kelola pemerintahan, investasi dan ekonomi kreatif. “Kepala daerah ini telah bekerja keras dalam membangun sehingga membuahkan hasil yang berguna untuk kemajuan masyarakat di daerahnya,” kata Donna. Sebanyak 18 kepala daerah yang mendapat apresiasi terdiri atas 8 bupati, 5 wali kota, dan 5 gubernur. Mereka diapresiasi atas kinerjanya dalam berbagai kategori. Penghargaan Sang Pemimpin diterima Kepala Inspektorat Makassar Zaenal Ibrahim mewakili penjabat wali kota Makassar. Apresiasi ini diberikan oleh portal berita okezone.com yang tergabung dalam MNC Digital Indonesia (MDI). Berikut 18 kepala daerah penerima penghargaan: Bupati: 1. Paulus Soliwoa – Bupati Ngada (Pariwisata). 2. Agus Ambo Djiwa – Bupati Pasangkayu (Investasi). 3. Benny Laos – Bupati Pulau Morotai (Pelayanan Publik). 4. Frederikus Gebze – Bupati Merauke (Pelayanan Publik). 5. Ni Putu Eka Wiryastuti -Bupati Tabanan (Sosial & Budaya). 6. Matius Awoitauw – Bupati Jayapura (Sosial & Budaya). 7. Abdullah Azwar Anas – Bupati Banyuwangi (Pariwisata). 8. Anne Ratna Mustika – Bupati Purwakarta (Tata Kelola Pemerintahan). Wali Kota: 1. Hendrar Prihadi – Walikota Semarang (Pariwisata). 2. Muhammad Iqbal Samad Suhaeb – Wali Kota Makassar (Kebijakan Publik). 3. Marten Taha – Walikota Gorontalo (Pelayanan Publik). 4. Mohammad Idris – Walikota Depok (Pelayanan Publik). 5. Sutiaji – Walikota Malang (Ekonomi Kreatif). Gubernur: 1. Anies Rasyid Baswedan – Gubernur DKI Jakarta (Kebijakan Publik) 2. Wahidin Halim – Gubernur Banten (Pariwisata). 3. Mochamad Ridwan Kamil – Gubernur Jawa Barat (Kebijakan Publik). 4. Khofifah Indar Parawansa – Gubernur Jawa Timur (Pelayanan Publik). 5. Ganjar Pranowo – Gubernur Jawa Tengah (Pariwisata). (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Motivasi Anak Muda Cinta Budaya, TP PKK Kota Makassar Gelar Talent Show

Makassarkota MAKASSAR,- TP PKK Kota Makassar menggelar talent show dan gala dinner ana’ dara malebbi na kallolo magaretta II, di Baruga Anging Mammiri, Jumat (18/10/2019). Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan semangat bagi generasi muda untuk lebih mengenal budaya Makassar. Demikian diungkapkan Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal saat membuka acara secara resmi. “Hal ini sebagai salah satu cara melestarikan budaya daerah kita, memotivasi anak muda untuk melestarikan dan mencintai budaya,” ujarnya. Murni pun berharap setelah melalui kegiatan ini, anak-anak Makassar mampu mengembangkan budaya, serta paham akan potensi pariwisata yang dimiliki Makassar. “Jangan sampai anak-anakku teralienasi dari budaya sendiri karena maraknya pengaruh budaya lain melalui gadget di tangan,” lanjutnya. Potensi Pariwisata bukan hanya objek wisata tetapi juga ragam budaya tarian, kuliner, dan berbagai hal lainnya yang patut dipromosikan bersama. Kegiatan ini pun diikuti oleh perwakilan dari 15 kecamatan se kota Makassar dengan menggandeng Ergas dan Inul Beauty. (Sumber: Hidayat – Editor: Cammang)

Iqbal Suhaeb Jajaki Kerja Sama Dengan  Mindanao Trade And Business Mission

Makassarkota, MAKASSAR,- Penjabat  Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menerima kunjungan Mindanao Trade and Business Mission yang diketuai Konjen  Filipina di Mindanao Manuel Ayab dalam rangka menjajaki kerjasama dalam bidang perdagangan di Makassar, Jumat (18/10/2019). Dalam pertemuan tersebut Iqbal menyambut baik kunjungan tersebut di mana Konjen Mindanao Manuel Ayeb menjelaskan maksud kedatangan mereka ke kota Makassar. “Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik rencana kerja sama ini. Kota Makassar dapat menjadi salah satu tujuan potensi bisnis perdagangan dalam banyak sektor antara Makassar dan Filipina,” ujarnya. Menurut Iqbal, Makasar merupakan salah satu kota yang potensi bisnisnya sedang berkembang. Iqbal juga mengarahkan agar antara kedua kota membina sister city apalagi kedua kota mempunyai letak geografis, dan kondisi wilayah yang sama, sehingga terbuka peluang perdagangan dari berbagai sektor, termasuk ekspor, impor sumber daya alam khususnya di bidang pertanian. Sementara itu pihak Mindanao Trade and Business Mission sangat optimis dalam  mewujudkan perjanjian kerja sama di bidang perdagangan dengan kota Makassar. “Kami melihat kota Makassar sangat  strategis dalam bidang perdagangan. Apalagi pemerintah Filipina sedang menstrategikan perekonomian yang bisa bekerjasama dengan kota-kota di pulau Sulawesi, termasuk penting di Makassar. Kami berharap dapat segera melakukan kerja sama perdagangan dalam ekspor, impor antara Filipina dan Makassar,” jelas Manuel Rencana selanjutnya Pemkot Makassar melalui Dekranasda dan Dinas Perdagangan Kota Makassar bersama pihak Mindanao akan menggelar pameran berbagai hasil bumi pada 30 Oktober  mendatang di kota Makassar. (Sumber: Hidayat – Editor: Cammang)

Iqbal Suhaeb Doakan Indonesia Damai Jelang Pelantikan Presiden Dan Wapres RI

Makassarkota, MAKASSAR – Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia, 20 Oktober nanti Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama tokoh lintas agama, TNI dan Polri menggelar doa bersama untuk Indonesia damai di Tribun Lapangan Karebosi, Makassar, Jumat (18/10/2019). Bertajuk doa bersama dari Makassar untuk Indonesia damai dihadiri jajaran pemerintah kota Makassar, Pemprov Sulsel, unsur TNI, Kapolda Sulsel Irjen Pol Guntur Laupe, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Adnas, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo beserta jajaran Polda Sulsel, dan tokoh lintas agama (Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, serta Konghucu). Iqbal Suhaeb mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan Makassar damai apalagi saat ini menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang sisa dua hari lagi. “Marilah kita sama-sama berdoa, kita ciptakan Makassar aman dan damai  bersama TNI, Polri, tokoh lintas agama agar setiap masalah yang kita hadapi dapat mempunyai solusi yang baik serta senantiasa bersinergi membawa kota Makassar jauh lebih baik,” ucap Iqbal. Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Guntur Laupe mengajak seluruh elemen masyarakat kota Makassar mendoakan para pemimpin kita serta kota Makassar agar tetap aman. “Di sini kita bersama-sama pemerintah provinsi, pemerintah kota, TNI, Polri  berdoa bersama dengan lima tokoh lintas agama mendoakan pemimpin kita serta mendoakan kota Makassar agar menjelang pelantikan presiden nantinya dapat berjalan aman dan kondusif,” terangnya. Usai menggelar doa dan zikir seluruh dilanjutkan dengan melaksanakan shalat Jumat berjamaah. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Gandeng Dinas Ketenagakerjaan, TP PKK Kota Makassar Gelar Beauty Class

Makassarkota, MAKASSAR,- TP PKK Kota Makassar menggandeng Dinas Ketenagakerjaan menggelar Beauty Class sebagai rangkaian dari pemilihan ana’dara malebbi na kallolo magaretta II Tahun 2019. Kegiatan digelar di kantor Disnaker Kota Makassar, dan dihadiri oleh perwakilan 15 kecamatan se Kota Makassar. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya wanita mengetahui cara mempercantik diri. “Dengan mengikuti beauty class diharapkan para peserta nantinya memiliki kemampuan untuk tampil cantik dan menarik di setiap kesempatan, bukan hanya pada saat tertentu saja,” ujarnya, Kamis (17/10/2019). Selain kemampuan mempercantik diri, tentunya kemampuan ini pun membuka peluang dari segi ekonomi. Namun, Ketua TP PKK Kota Makassar juga mengingatkan pentingnya mendalami inner beauty, sehingga wanita-wanita Makassar bukan hanya cantik fisik, tetapi juga dari hati. Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan, yang memberikan apresiasi dan dukungan atas program kerja TP PKK Kota Makassar. “Berbagai program bermanfaat dari TP PKK Kota Makassar tentu akan terus kita dukung, dan hal ini diharapkan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat,” tambahnya. Kegiatan ini pun melibatkan beberapa pihak seperti Inul Beauty, dan Ergas. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

BPBD Kota Makassar Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Di Kelurahan Masale

Makassarkota, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menyerahkan bantuan kepada warga yang mengalami bencana kebakaran beberapa hari lalu di kelurahan Masale kecamatan Panakkukang. Kamis 17/10/2019. Kepala Seksi Logistik BPBD Kota Makassar Mediyanto, SE, M.A.P menjelaskan bantuan logistik yang diserahkan berupa perlengkapan balita, serta keperluan mendesak lainnya yang sangat dibutuhkan warga yang tertimpa kebakaran. “Hari ini kami menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran berupa perlengkapan untuk balita, seperti Babykid, First Kid, tenda , selimut, sarung, dan Family Kid,” ucapnya. Bantuan yang diserahkan diterima langsung oleh Sekretaris Kelurahan Masale Muh.Ridwan, S.T. M.Si di saksikan oleh Tokoh Masyarakat setempat Diketahui dalam bencana kebakaran di Kelurahan Masale jalan Hertasning Utara 2 Lorong 1 ada sekitar 14 Rumah dan 29 Kepala Keluarga yang menjadi korban dari kebakaran tersebut. 100 jiwa termasuk didalamnya 13 balita yang perlu segera mendapatkan bantuan untuk keperluan sehari hari. (Sumber: Hidayat – Editor: Cammang)

Jelang Pelantikan Presiden Dan Wapres RI, Iqbal Suhaeb Hadiri Silaturahmi Tiga Pilar

Makassarkota, MAKASSAR,—  Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2019 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar silaturahmi tiga pilar yakni lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, di Claro Hotel, Kamis (17/10/19). Silaturahmi ini mengangkat tema “sinergi dalam harmoni Makassar damai untuk Indonesia”. Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan kondisi dan situasi akhir-akhir ini dinilai up and down. “Kita tidak bisa duga keadaan sekarang. Apalagi ini jelang pelantikan presiden, marilah kita sama-sama menjaga kondusifitas situasi agar berjalan lancar aman dan damai,” ucapnya. Iqbal pun menyebutkan, kegiatan ini juga digelar untuk meningkatkan sinergitas lurah, Babinkamtibmas, dan Babinsa dalam melakukan pembinaan ke masyarakat untuk bisa mendeteksi dini paham-paham radikal yang berbau terorisme. Tiga pilar ini jika bersatu dan kompak diyakini mampu menangkal hal-hal yang membahayakan bangsa dan negara, khususnya di kalangan warga Makassar. “Tapi saya yakin di kota Makassar ini aman dan damai. Masyarakat sudah cerdas. Tapi saya juga ingatkan bijaklah memaknai pemberitaan yang ada. Bijaklah menggunakan jempol di sosial media. Jaga lisan dan diri,” pungkas Iqbal. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan, Irjen Pol Guntur Laupe yang juga hadir menitipkan harapan kepada masyarakat Sulawesi Selatan agar tetap aman dan kondusif. “Meskipun acara pelantikan presiden di Jakarta, tetapi wilayah Sulawesi Selatan harus tetap aman dan kondusif,” harapnya. Silaturahmi ini ditutup dengan menyanyikan bersama lagu wajib nasional Padamu Negeri. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Skip to content