Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Sekda Makassar Muh Anshar Hadiri Pelantikan Dua Kepala Daerah

MAKASSAR- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muhammad Anshar mewakili wali kota Makassar menghadiri Pelantikan kepala daerah kabupaten Wajo dan kabupaten Luwu Bertempat diruang pola kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Jumat 15 Februari 2019. Dua pasangan kepala daerah yang dilantik oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yaitu, Bupati Wajo Amran Mahmud dan Wakilnya Amran, beserta Bupati Luwu Basmin Mattayang serta Wakilnya Syukur Bijak untuk periode 2019-2024. Keduanya dilantik setelah berhasil memperoleh suara terbanyak pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 lalu. Sambil bersalaman M. Anshar menyampaikan ucapan selamat dan salam dari Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto atas pelantikan keduanya, sebagai bupati terpilih. “Semoga amanah terhadap tugas dan tanggung jawab yang di embankan masyarakat, kepada kedua Bupati terpilih,” ucap Anshar sambil menyalami kedua bupati yang baru saja dilantik tersebut.(dayat/cammang).

Balitbangda Kota Makassar Gelar Diseminasi Bahas Empat Kajian

Makassar- Badan Pengembangan dan Penelitian Daerah Kota Makassar menggelar kegiatan Disimansi Penelitian Kebijakan angkatan l di Hotel Whitzz Prime, Kamis 14 Februari 2019. Disiminasi yang diselenggarakan oleh Badan Litbang bertujuan mewujudkan suatu kebijakan dalam kerangka meningkatkan pelayanan baik disektor pekerjaan umum, sektor pendidikan serta pelayanan birokrasi. Diseminasi adalah wujud pertanggung jawaban pemerintah kota terkait kebijakan yang diambil, mengukur dan mengevaluasi efektifitas tersebut apakah berdampak positif atau tidak sehingga perlu adanya pengkajian lebih lanjut terkait kebijakan yang diambil oleh Pemerintah. Menurut Kepala bidang Balitbang Ridha Rasyid ada empat sasaran yang ingin di capai pada diseminasi kali ini, yakni sistem penanganan banjir dengan penanganan infrastruktur, sinergitas komponen pendidikan keberhasilan pelaksanaan usaha lorong atau bulo terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, serta efektifitas pelayanan diwilayah kecamatan. Diseminasi membahas semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah, untuk itu Balibang mengkaji efektifitas kebijakan tersebut apakah bermanfaat atau tidak untuk kepentingan masyarakat luas ,” ucapnya. Salah satu contoh kebijakan pemerintah yang dikaji lebih jauh menurut Ridha Rasyid adalah sistem penerimaan siswa pada tahun ajaran baru penerimaan peserta didik “Untuk Tahun 2019 penerimaan peserta didik baru mengalami perubahan tidak sama tahu lalu dimana penerimaan tahun ini sistem zonasi menerima 90 persen , 5 persen prestasi dan 5 persen diluar prestasi,.sehingga sekolah dapat menampung lebih banyak siswa berdasarkan tempat tinggalnya,” tuturnya Ridha menambahkan mengenai penanganan drainase dan kanal juga perlu mendapatkan perhatian, demikian pula dengan pelayanan diwilayah kecamatan perlu juga ditingkatkan pelayanan publik kepada warganya. “Hal inilah yang menjadi topik pembahasan pada diseminasi Hari ini semoga dapat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat pada umumnya,” ujar Ridha mengakhiri penjelasannya Hadir pada kegiatan desiminasi penelitian kebijakan antara lain Para Repala Sekolah SMP, NGO dan LPM sekota Makassar yang berjumlah 75 orang.(dayat/cammang)

PTSP Bintang Lima Beri Pelayanan Modern

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kota Makassar resmi beroperasi beei pelayanan modern di Balaikota jalan Ahmad Yani No 2 Makassar. Ruangan kantor baru yang lebih luas dan dilengkapi berbagai fasilitas pelayanan modern, PTSP bintang lima akan melayani pembuatan KTP, SIM, Pasport serta pembayaran Listrik secara on line. “Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga akan membuka gerai pelayanan pengurusan dokumen kependudukan di gedung PTSP ini .” kata Plt Kadis PM PTSP Firman H Pagarra, Kamis (14/2/2019). Firman menjelaskan bahwa semua zona barat kota Makassar, termasuk Kec Ujung Pandang, Bontoala, Makassar, Ujung Tanah, Wajo dan wilayah yang dekat dengan Balaikota akan dicover di gerai Dinas Capil PTSP bintang lima untuk mengelola dokumen kependudukan. Selain itu menurut Firman, hadirnya gerai Dinas Capil di kantor Balaikota menjadi tantangan tersendiri bagi PTSP untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sesuai kelas bintang lima, ” Ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami, sesuai nama yang diberikan pak Wali, PTSP bintang lima wajib untuk memberikan pelayanan prima sekelas bintang lima untuk masyarakat. Kami akan kelola dengan baik, mudah mudahan kehadiran Dinas Capil akan membuat masyarakat lebih aman dan nyaman melakukan pelayanan publik dibidang kependudukan.” tuturnya. Dinas PTSP akan melayani 31 jenis item perijinan, PTSP bintang lima saat akan melayani pembayaran PDAM dan BPJS ketenagakerjaaan. Kedepannya, Firman berkeinginan nantinya semua pelayanan publik seperti pembayaran PLN, pajak STNK Kendaraan bermotor, pembuatan SIM dan pembuatan pasport bisa dilakukan di gedung PTSP bintang lima. “Saat ini kita melayani pembayaran PDAM dan BPJS ketenagakerjaan, selanjutnya PLN dan Samsat membuka gerai di sini. Kita bercita cita kedepannya di PTSP bintang lima ada pembuatan SIM dan Pasport.” pungkasnya.(dayat/cammang).

Plt Kadis Kominfo Kota Makassar Membuka Coaching Clinic IJTI Sulawesi Selatan

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan menggelar Coaching Clinic dengan mengusung tema 360 Menjadi Jurnalis Televisi. Kegiatan ini dilaksanakan di Baruga Anging Mamiring, Kamis, 14/2/2019 dan dihadiri oleh puluhan peserta dari pelajar SMA/SMK yang ada di Kota Makassar. Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Sulawesi Selatan, Hudzaifah Kadir mengatakan “dengan Coaching Clinic ini diharapkan kepada peserta untuk dapat menampilkan karyanya di televisi”. Saat ini Coaching Clinic tentang jurnalis televisi sangat dibutuhkan untuk mengedukasi pelajar mengenai proses berkaraya di televisi. Coaching Clinic dapat mengedukasi siswa(I) untuk bisa beradaptasi dan melatih sejak dini proses pemahaman tentang berkarya sebagai jurnalis televisi”. Lanjut Hudzaifah Kadir. Kegiatan ini dibuka oleh Ichwan Jacub, S.Sos, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika mewakili Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto. Dalam sambutannya Ichwan Jacub, S.Sos menyampaikan kepada seluru peserta “terkait dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, banyak hal yang bisa di sampaikan apalagi terkait dengan kegiatan yang ada yang ada di Pemerintah Kota Makassar”. Ichwan Jacub juga menyampaikan “bahwa dengan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, supaya anak-anak tidak cepat memberitakan informasi yang dia terima kepada orang lain tentang hal-hal yang belum pasti kebenaran “. Hal menjadi persoalan saat ini adalah media sosial karena penggunaan android di Makassar saat ini begitu cepat perkembangannya. Begitu banyak berita-berita yang tersebar di media sosial yang begitu update namun belum pasti kebenarannya karena belum memenuhi unsur-unsur berita tidak seperti berita-berita yang tayang di televisi, karena harus melalui proses pengolahan data sebelum ditayangkan. Selain itu Ichwan Jacub, S.Sos “juga mengajak kepada peserta pelatihan untuk memanfaatkan media dengan baik dan ikut menangkal berita-berita yang masih diragukan sumber informasinya seperti yang ada pada media sosial”. Kedepannya Dinas Komunikasi dan informatika juga akan mensosialisasikan dengan memberikan edukasi terkait berita-berita Hoax tentang bagaimana cara menangkal dan mencari sumber penyebar informasi yang tidak benar.(ikhwan/cammang)

Skip to content