Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Bangun Literasi Dengan Publik, Diskominfo Kota Makassar Adakan Temu Wartawan Bersama OPD

Makassarkota, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar menggelar Kegiatan Temu Wartawan yang diselenggarakan di Favor Makassar Hotel Jalan Lasinrang No 15 Makassar. Senin 15 Juli 2019. Temu wartawan dihadiri segenap insan pers baik elektronik, cetak, maupun media online dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Sekretariat Pemerintah Kota Makassar dengan Tema Peranan Media Massa Dalam Membangun Literasi Publik di Kota Makassar. Kepala Seksi Penyiaran dan Kemitraan Media Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Muh Hamzah mengatakan kegiatan dilaksanakan dalam rangka mengajak seluruh masyarakat khususnya  insan pers baik elektronik, cetak, maupun media online untuk mengetahui sejauh mana peranan media massa dalam membangun sebuah literasi public di Kota Makassar.  “Peranan media massa sangat signifikan dalam berbagai aspek kehidupan dan sudah tidak diragukan lagi, baik yang berdampak positif maupun berdampak negatif. media massa merupakan pencerminan berbagai peristiwa yang ada di tengah tengah masyarakat direfleksikan apa adanya secara realitas,” ucapnya. Menurutnya faktanya media massa diharapkan mampu berperan dalam upaya turut merekonstruksi kondisi masyarakat kearah yang lebih baik.  “Namun harus di imbangi dengan literasi media sebagai budaya tangkal atas dampak negatif media, bertujuan untuk melindungi konsumen yang rentan yang lemah terhadap dampak media,” jelasnya. Berbagai permasalahan dalam sesi tanya jawab dengan gablang dipaparkan dalam sesi tanya jawab, baik yang dipaparkan setiap OPD maupun awak media yang hadir di kegiatan tersebut. Semuanya permasalahan permasalahan terkait peran media cetak dan OPD dipaparkan oleh dua orang Narasumber diantaranya  Andi Tadampali SH, Anwar Sanusi SE dan dipandu Muh. hamzah sebagai Moderator.   (Sumber: Dayat – Editor: Cammang).

Hari Pertama Masuk Sekolah, Kadis Pendidikan Sebut 10 SMP Baru Tampung 1800 Siswa

Makassarkota, Makassar – Hari pertama masuk sekolah untuk tahun tahun ajaran baru Dinas Pendidikan Kota Makassar memastikan berlangsung dengan lancar. Diknas menyebut seleksi penerimaan siswa baru hingga hari pertama masuk sekolah tak menuai kendala berarti.  Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, H.Rahman Bando mengatakan saat ini Pemkot Makassar telah membentuk 10 SMP Negeri baru. 10 sekolah ini bahkan telah menampung sebanyak 1800 siswa SD ke SMP Negeri.  “Peserta didik mulai pembelajaran berbenah bangku meja dan menata proses belajar guru. tahun depan kita menerima siswa didik baru lagi,” kata Kadis Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando, saat menyambangi  SMP Negeri 47, Maccini, Kecamatan Makassar,Kota Makassar, Senin (15/7/2019). Rahman menjelaskan saat ini seluruh siswa baru memasuki masa orientasi pengenalan siswa guru dan lingkungan sekolah. dengan materi pembekalan dan  pengenalan mata pelajaran serta lingkungan.  “Orientasi pengenalan lingkungan sekolah dan masih seperti  dulu dan sangat efektif bagi siswa untuk mengetahui lingkungan sekolah serta guru-gurunya  sebagai cara membentuk kedisiplinan para siswa,,” ucapnya. Rencananya Rabu depan kita undang Pak wali kota mempertemukan dengan semua siswa kelas satu  untuk diberikan pembekalan mengenai lingkungan sekolah,” tambahnya. (Sumber: Dayat – Editor: Cammang)

Pemerintah Kota Makassar Terima 2.000 Bibit Mangrove

MAKASSAR,- Pemerintah Kota Makassar menerima bibit Mangrove dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Penyerahan bibit Mangrove dari Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah kepada Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb berlangsung pada Temu Akbar dan Tudang Sipulung bersama 300 nelayan di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Senin (15/7/19). Iqbal menyampaikan terima kasih atas kepedulian gubernur Sulsel terhadap nelayan khususnya di wilayah pesisir Kota Makassar. “Terima kasih atas segala bentuk perhatian dan bantuan Pemprov Sulsel. Kami akan memanfaatkan dengan baik. Apalagi kita dapat juga 2.000 alat tangkap buat membantu performa nelayan lebih baik,” katanya. Menurut Iqbal, Tudang Sipulung ini juga menjadi momentum yang penting bagi pemerintah, nelayan, dan stake holder di bidang perikanan khususnya yang bersentuhan langsung dengan pasokan ikan di Sulsel, khususnya di Kota Makassar. Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah meminta seluruh nelayan di Temu Akbar dan Tudang Sipulung Nelayan Sulsel agar menyampaikan semua apa yang menjadi keluhan selama menjadi nelayan. “Jadi ungkapkan semua apa yang menjadi harapan dan keinginan nelayan di sini adalah kesempatan. Pemprov siap, bapak butuh apa kita siap,” jelasnya. Sesuai harapan mantan Bupati Bantaeng dua periode ini, penyederhanaan izin akan mendorong percepatan dan kemudahan bagi seluruh nelayan untuk mendorong daya saing dan eskpor. “Saya percaya bahwa teman – teman saya di Sulsel ini penyederhanaan izin bisa dilakukan, masyarakat tidak perlu lagi mengemis kalau perlu harusnya antarkan semua. Selesai disederhanakan kita harus saling bahu membahu sesuai misi Indonesia sudah disampaikan oleh bapak Presiden Republik Indonesia bapak Joko Widodo tadi malam,” urainya. Sebelumnya, Nurdin didampingi Ketua PKK Sulsel, Liestiaty F Nurdin melakukan peresmian CV. Adi Tirta yang bergerak dibidang eskpor Rumput Laut dari berbagai daerah di Sulsel. Tak hanya itu, mereka juga meresmikan SPBU untuk nelayan, peresmian Pelayanan Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan dan Pemusnahan Hama Penyimpanan Ikan, di Pelabuhan Perikanan Untia. (Sumber: Humas/Inda – Editor: Cammang)

Irup Peringatan HANI, Pj Wali Kota Iqbal Bacakan Sambutan Wapres

Makassarkota, MAKASSAR,- Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb didaulat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan kampanye Hari Anti Narkoba (HANI) 2019, di Halaman Balai Kota Makassar, Senin (15/7/19). Peringatan kampanye HANI 2019 mengusung tema, Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas. Kegiatan ini merupakan wujud keprihatinan pemerintah sekaligus kepedulian terhadap ancaman Narkoba secara terstruktur, sistematis dan masif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. Dalam sambutan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang dibacakan Pj Wali Kota Iqbal di Hari Anti Narkoba Internasional, masyarakat dihimbau berjuang bersama, bekerja sekuat tenaga menjadikan negara bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika. “Untuk menghadapi tantangan ancaman kejahatan Narkotika dengan modus operandi yang kian beragam dibutuhkan komitmen, semangat dan tekad yang kuat dalam mengatasi tanpa batas,” ucapnya. Ia menyebutkan Indonesia memiliki cita – cita sebagai negara dengan ekonomi terkuat ke lima tahun 2045, sehingga diperlukan SDM yang unggul dan tangguh. Oleh karena itu, dukungan seluruh elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan oleh rakyat. “Karena jika masyarakat sehat maka negara akan sehat,” tegasnya. Hadir dalam upacara peringatan kampanye HANI 2019 diantaranya Kepala BNNP Sulsel, Kapolres Kota Makassar, Kejari Makassar, Koops AU II, Kapolres Pelabuhan, Para Kepala SKPD se- Kota Makassar, dan penggiat anti Narkoba di Makassar. (Sumber: Humas/Inda – Editor: Cammang)

Sahabat Murni Iqbal Silaturahmi Ke Rujab Wali Kota

Makassarkota, MAKASSAR,- Pj Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal, menerima kunjungan beberapa sahabatnya dari Pemprov Sulsel di Ruang Rapat, Rujab Wali Kota Makassar, Minggu (14/07/2019). Kehadiran sahabat – sahabat Murni Iqbal sebagai ajang silaturahmi. Dalam kesempatan tersebut, Murni Iqbal membagi beberapa pengalaman dan program kerja dari TP PKK Kota Makassar. “Makassar terdapat 15 kecamatan, dan salah satu kecamatan khusus untuk kepulauan,” ujarnya. Beberapa perlombaan pun diagendakan untuk tingkat kelurahan sebagai kegiatan dari TP PKK Kota Makassar. Seperti pertemuan sahabat pada umumnya, mereka pun membahas berbagai macam makanan dan kue – kue yang disajikan. “Siapa mau cicipi roti berre’, salah satu kue yang cukup unik, dan dibuat dari tepung beras,” ujar Murni Iqbal. Ia pun menyampaikan kegiatan Makassar Culinary Night (MCN) yang digelar di Fort Rotterdam, Sabtu malam kemarin. “Kuliner di Makassar sangat beragam, dan alhamdulillah kegiatan MCN semalam cukup diminati dan dihadiri ribuan pengunjung,” lanjutnya. Kesibukan Murni Iqbal sebagai Ketua TP PKK dan juga Ketua Desranasda terbilang padat, namun disela kesibukannya, ia menyempatkan diri mengisi waktu bersama sahabat. (Sumber: Fikri/Dayat – Editor: Cammang)

Skip to content