Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Ansar Hadiri Sosialisasi Penataan Dan Pemanfaatan Tanah 2019

Makassarkota, MAKASSAR,- Dewasa ini persoalan tanah makin ramai diperbincangkan. Masih adanya beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab yang kerap kali mengklaim lahan yang bukan miliknya padahal secara hukum pun tidak memiliki bukti yang kuat. Atas dasar inilah, Dinas Pertanahan Kota Makassar menggelar acara Sosialisasi Penataan dan Pemanfaatan Tanah Negara Kota Makassar 2019 di hotel Continent, Jalan Adhyaksa, Rabu (7/8/2019). Sosialisasi yang khusus diperuntukkan bagi lurah se – kota Makassar bertujuan memberikan pemahaman dan juga informasi mengenai kondisi pertanahan di Makassar dan bagaimana menata tanah yang menjadi aset pemerintah kota agar dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya. Sekretaris Dinas Pertanahan Kota Makassar Andi Badi Sommeng  menuturkan kegiatan ini bisa menjadi wadah berkumpulnya para lurah dan juga sebagai langkah awal dalam penyelamatan aset daerah. “Kegiatan ini tujuan utamanya sebagai media informasi kepada lurah di Makassar mengenai tata cara dan penataan aset daerah dan juga akan dibahas mengenai langkah penyelamatan tanah yang masuk dalam aset daerah Pemerintah Kota Makassar,” ungkap Andi Badi. Ia pun menambahkan saat ini Dinas Pertanahan Kota Makassar secara bertahap akan melakukan pensertifikatan lahan yang masuk dalam aset daerah Pemkot Makassar agar tidak ada lagi klaim dari pihak lainnya. “Dinas Pertanahan Kota Makassar secara bertahap akan membuatkan sertifikat untuk tanah yang sudah masuk dalam data aset daerah Pemkot Makassar. Diawali dengan pembuatan papan bicara, pematokan, pemagaran, dan selanjutnya sertifikat. Selain itu akan ditempatkan pula petugas penjaga untuk menjaga aset daerah ini,” tambahnya. Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar yang hadir membuka sosialisasi ini memaparkan kondisi pertanahan di Makassar memang perlu diperhatikan lebih baik lagi, terlepas dari nilai jual yang cukup tinggi, juga masih maraknya oknum nakal. “Perlu pemahaman seperti ini untuk para lurah yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat di lapangan. Saya pun berharap dengan sosialisasi ini bisa meminimalisir adanya penyerobotan lahan yang tidak semestinya dan perlu dibuatkan aturan tegas untuk itu. Aset daerah Pemkot Makassar harus dijaga dan diperuntukkan sesuai keperluannya,” pungkas Ansar. (Sumber : Hidayat – Editor: Cammang)

Tim Kemenpan RB Observasi Implementasi Pelayanan Labinov Beken

Makassarkota, MAKASSAR,- Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menerima kunjungan Tim Evaluasi dan Observasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Laboratorium Inovasi, Menara Balai Kota, Rabu (7/8/2019). Kunjungan Tim Kemenpan RB untuk evaluasi dan verifikasi lapangan inovasi dari Balitbangda Kota Makassar yaitu Laboratorium Inovasi Berbasis Kemitraan (Labinov Beken) yang telah masuk dalam TOP 99 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) untuk Top 45 Tahun 2019. Di hadapan tim verifikasi Iqbal Suhaeb menjelaskan sebagai laboratorium inovatif berbasis kemitraan, Labinov mengumpulkan best practise dari berbagai stakeholder yang ada, begitu juga dari pemerintah daerah atau masyarakat umum dari berbagai daerah kawasan timur Indonesia. Menurutnya Labinov Beken juga bermitra dengan berbagai stakeholder, baik dari dalam maupun luar negeri seperti dengan United Nations Development Program (UNDP), Yayasan Bakti, Pulse Lab Jakarta, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kemenristekdikti beserta lembaga perguruan tinggi dari berbagai daerah. “Labinov Beken sudah kami presentasikan di KemenPan RB saat Labinov Beken mewakili Kota Makassar pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 pada bulan Mei lalu di Jakarta,” ujarnya. Sementara itu Fika Zaviera Remalia bersama Zakaria Wahab dari Kemenpan RB melakukan tanya jawab  seputar evaluasi pemanfaatan Labinov Beken tentang bagaimana implementasinya dalam menghasilkan inovasi yang  bermanfaat bagi pelayanan publik kepada masyarakat dengan tidak berbasis bisnis ataupun profit. Hadir dalam kesempatan tersebut  Kepala Balibangda Kota Makassar Aryati Puspa, Kepala Laboratorium Inovasi Khairil Anwar, Kepala bidang Pengembangan Inovasi dan Teknologi Lasmana. (Sumber: Hidayat – Editor: Cammang)

Iqbal Suhaeb Resmikan Kantor Kelurahan Laikang

Makassarkota, MAKASSAR,-  Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb meresmikan kantor Kelurahan Laikang, Kecamatan Biringkanaya, di Jalan Poros Pajjaiang – Laikang, Rabu (7/8/2019). Gedung baru yang diresmikan Iqbal Suhaeb merupakan pengganti gedung lama yang berada tepat di depan gedung kantor Kelurahan Laikang yang baru saja diresmikan. Pembangunannya memakan waktu sembilan bulan. Iqbal Suhaeb mengatakan kantor Kelurahan Laikang tempatnya sangat strategis karena posisinya berada di jalan poros yang bisa diakses dari mana saja. “Ini sangat menguntungkan bagi warga masyarakat kelurahan Laikang yang akan datang mengurus keperluannya di kantor kelurahan karena lokasinya sangat strategis dan berada tepat di tengah – tengah,” ujarnya. Ia menghimbau seluruh aparat pemerintahan kelurahan Laikang menjadikan gedung baru ini sebagai cambuk dan inspirasi untuk lebih meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada warganya. “Semoga pemanfaatan kantor lurah ini bisa diikuti oleh kantor Lurah lainnya yang sudah dimekarkan. Lurah beserta jajarannya dapat lebih semangat lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya. Pada kesempatan tersebut Iqbal Suhaeb menyerahkan piagam penghargaan kepada 13 orang ketua RW se – kelurahan Laikang atas jasanya ikut serta dalam membangun wilayah Laikkang. Hadir dalam peresmian kantor Kelurahan Laikang Kabag Pemerintahan Andi Mappanyukki, Camat Biringkanaya Andi Syahrum Makkuradde, Kapolsek serta Koramil Biringkanaya. (Sumber: Hidayat – Editor: Cammang)

Iqbal Suhaeb Resmikan Posko Damkar Makassar

Makassarkota, MAKASSAR,- Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menghadiri peresmian Pos Komando Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar yang ditandai dengan penandatangan prasasti  di Markas Komando Security PT GMTD Tbk, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Rabu (7/8/2019). Associated Direktur PT GMTD Tbk Eka Firman dalam sambutannya mengatakan selama  21 tahun berkiprah membangun Makassar, PT GMTD telah banyak membawa perubahan bagi kota ini. “Kami mendapat banyak dukungan dari Pemerintah Kota Makassar. Apalagi PT GMTD telah menyerahkan jalan Metro Tanjung Bunga sampai jalan menuju  Barombong ke Pemerintah Kota Makassar,” ucapnya. Eka berharap peran Pemkot Makassar terhadap pembangunan GMTD semakin bertambah besar dengan adanya peresmian Pos Damkar yang dilengkapi dengan tiga unit mobil Damkar. “Tentunya dengan adanya Pos Damkar dengan tambahan tiga unit Damkar mudah – mudahan dapat digunakan selamanya untuk mendukung rasa kenyamanan warga Tanjung Nunga dan Tamalate agar dapat hidup tenang,” harapnya. Pj Walikota Iqbal Suhaeb dalam sambutannya mengapresiasi PT GMTD Tbk dengandiserahkannya jalan Metro Tanjung Bunga dan stadion Barombong kepada Pemkot Makassar. “Tentunya ini akan lebih meningkatkan kemitraan yang sudah terbina selama 21 tahun. Apalagi keberadaan Damkar sangat dibutuhkan terutama saat musim kemarau. Adanya mobil Damkar ini bisa meningkatkan performa petugas Damkar di lapangan,” jelasnya. Iqbal Suhaeb juga berharap di usia ke – 21 tahun, PT GMTD Tbk dapat lebih maju lagi. “Semoga GMTD Makassar dirindukan orang – orang sebagai pengembang tempat wisata di kota Makassar yang banyak melahirkan ide – ide kreatif bagi pengembangan wisata dalam kota,” harap Iqbal Suhaeb. (Sumber: Hidayat – Editor: Cammang)

Skip to content