Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Jelang Musim Penghujan, Iqbal Pantau Kanal Dan Kebersihan Makassar

Makassarkota, MAKASSAR,- Jelang musim penghujan yang diprediksi akan turun pada Desember mendatang, sudah sepatutnya jika melakukan persiapan sejak dini. Perbaikan jalan yang nantinya berpotensi menjadi kubangan air, kebersihan kanal dan drainase serta beberapa area yang kerap kali menjadi langganan banjir menjadi perhatian serius Iqbal Suhaeb selaku pemimpin di Kota Makassar. Didampingi Sekretaris Daerah Kota Makassar M Ansar, Kadis Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid, Camat Makassar Rully, Camat Mamajang Fadli Wellang, Camat Tamalate Hasan Sulaiman, Camat Mariso Harun Rani, Camat Ujung Pandang Andi Zulkifli Nanda, dan beberapa lurah mengitari kota Makassar untuk memantau kondisi kebersihan. Dengan mengayuh sepeda bersama para stakeholder tersebut, Iqbal Suhaeb memulai pengecekan di seputaran masjid Al Markaz lalu lanjut ke inspeksi kanal melihat langsung kondisi sampah dan sedimen yang berada di kanal tersebut. Dalam arahannya, Iqbal meminta kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar untuk segera mengeruk sedimen dengan menggunakan alat yang sudah disediakan Dinas PU yakni eskavator amfibi. “Sedimen ini harus segera diangkat, jaongan menunggu banjir baru bergerak. Itu eskavator amfibi turunkan lalu kerok sedimen ini biar tidak menimbulkan bau dan genangan sampah,” instruksinya di lapangan. Sampah yang merusak pemandangan dan juga menghambat drainase segera dibenahi tanpa menunggu waktu. Ini pesan yang disampaikan Iqbal Suhaeb kepada para lurah agar aktif dan peka akan lingkungan. “Tolong ini pak lurah gelisahki kalau melihat ada sampah atau ada kanal yang banyak kotorannya. Segeraki bersihkan bersama perangkat di bawah agar nantinya tidak menjadi masalah saat hujan sudah mulai turun,” ungkapnya. Aksi cepat dan tanggap Pj Walikota Iqbal ini selain upaya penanganan banjir juga ingin menciptakan Makassar bersih dan tanpa kumuh. (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Keindahan Sutra Warnai Kostum Karnaval Seni Dan Budaya Sulsel

Makassarkota, MAKASSAR,- Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mendampingi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) bersama Ketua TP PKK Sulsel Lies F. Nurdin, melepas peserta Karnaval Seni dan Budaya di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis (31/10/2019). Karnaval Seni dan Budaya ini merupakan rangkaian acara Sulsel Expo 2019 yang telah dibuka Gubernur NA di Celebes Convention Center (CCC), Rabu (30/10/2019) kemarin. Dengan mengangkat tema “Celebes Culture yang dipadupadankan dengan kain sutera”, acara ini diikuti sekira 44 kontingen yang melibatkan sekitar 6.000 orang. Kota Parepare hadir dengan 50 bus yang diisi 600 peserta. Sementara dari Pinrang sebanyak 2.000 peserta. Semuanya menampilkan budaya dan juga kekhasan khazanah lokal dari daerah asalnya. Kabupaten Enrekang misalnya, yang hadir dengan hasil pertanian dan perkebunannya, seperti salak dan kopi. Luwu Timur percaya diri dengan fashion kostum dari bahan bekas, mulai dari koran hingga sampah. Adapun rute peserta karnaval dimulai di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman, lalu belok kanan ke jalan Haji Bau menuju jalan Metro Tanjung Bunga dan finish di Celebes Convention Center. “Kita semua hadir dalam rangka menyemangati 350 tahun Sulawesi Selatan. Saya dengan bangga hati menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada seluruh peserta, dari 24 kabupaten/kota yang tentu ini adalah sebuah karnaval yang menunjukkan bahwa keragaman budaya kita ini adalah sebuah kemajemukan kita walaupun kita berbeda tapi kita semua memiliki kesamaan dan kita semua menyatu,” kata Nurdin Abdullah sesaat melepas peserta karnaval. Gubernur berharap ini menjadi langkah awal untuk lebih mendorong percepatan pembangunan di daerah Sulawesi Selatan. Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang nampak sumringah melihat peserta dengan segala ciri khas masing-masing yang ditampilkan. “Karnaval ini sekaligus mengisyaratkan akan kekompakan dan rasa persaudaraan yang erat. Semoga saja bukan saat momen ini saja tapi senantiasa berpegangan tangan untuk bersama memajukan daerah,” ungkapnya. Banyak inovasi dan kreasi yang ditampilkan pada karnaval ini diantaranya becak, kain sutra, daun lontar, serta kostum karnaval yang megah. (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Sadar Kebersihan Lingkungan Ciptakan Makassar Tanpa Kumuh

Makassarkota, MAKASSAR,- Makassar akan terlihat bersih jika seluruh warga sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Menjaga aset yang sudah disiapkan pemerintah juga dapat membantu untuk menjadikan Makassar terlihat asri. Pengaturan posisi bangunan rumah dan juga penempatan drainase dapat menjadi indikator estetika lingkungan. Di kota Makassar sendiri, masih ada ditemukan denah rumah yang semrawut dan kebiasaan warganya yang kurang memperhatikan kebersihan utamanya drainase dan tempat pembuangan kotorannya. Hal ini menjadi topik dalam diskusi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan tema “Makassar Kotaku Tanpa Kumuh” yang diadakan di hotel La’riz Wthree, jalan Lagaligo Makassar, Kamis (31/10/2019). Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb dalam kesempatan tersebut menghimbau melalui program ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk mengubah pola pikir dan kebiasaannya dalam menjaga kebersihan. “Menjadikan Makassar menjadi kota tanpa kumuh yang paling utama adalah mengubah pola pikir masyarakat dalam hal kebersihan dan tata letak bangunan. Penggunaan jamban juga mesti disosialisasikan agar memberi pengetahuan bagi warga awam dalam hal teknis di lapangan,” papar Iqbal. Dari 34 peserta yang hadir ini diharapkan dapat mensosialisasikan lebih awal ke warganya agar saat dilakukan penataan masyarakat sudah tidak kaget dan dapat menjaga aset. (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Hadiri Expo 2019 Iqbal Sambangi Stand Pemkot Makassar

Makassarkota, MAKASSAR – Pejabat Walikota Makassar Dr. Iqbal Suhaeb menghadiri open ceremony Sulawesi Selatan Expo 2019 di Celebes Convention Center (CCC). Jalan Metro Tanjung Bunga. Rabu Malam (30/10/2019). Expo 2019 yang diikuti Pemkot Makassar  tahun ini telah memasuki tahun ke -9 diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Sulawesi Selatan ke 350 tahun. Pameran pembangunan yang digelar tahun ini bertemakan mengembalikan kejayaan Sutera, yang  diikuti oleh berbagai Instansi OPD, BUMN, Perbankan dan unsur TNI serta diikuti pula 17 peserta dari kabupaten Kota di Sulsel. Berbagai acara menarik bakal ditampilkan dalam expo 2019 ini diantaranya;  Karnaval seni budaya fashion show diikuti kabupaten/kota Talkshow budaya, Dai cilik Golden memori dan pentas artis artis ibu kota. Pada Expo tahun ini pemerintah Kota kembali diwakili oleh Bappeda Kota Makassar dengan menampilkan stand berbentuk Recycle dimana stand ini menampilkan beberapa hasil industri UKM kota Makassar. Dinas Komunikasi dan informatika kota Makassar juga ambil bagian dengan menampilkan pelayanan CCTV kota Makassar yang berkolaborasi dengan Polda Sulsel dalam menerapkan e – tilang dapat melakukan zooming berkali lipat, teknologi kamera infra merah, dan dapat berputar 360 derajat. Usai acara pembukaan iqbal mengunjungi  stand pemkot Makassar. Di kesempatan tersebut Iqbal mengajak seluruh warga kota Makassar untuk berkunjung ke pameran pembangunan Sulsel di Expo 2019. “Mari kita kunjungi dan sukseskan bersama pameran pembangunan Expo 2019,  dimana pameran pembangunan ini menampilkan berbagai inovasi dan kreasi kabupaten kota khususnya inovasi kita Makassar” jelasnya. (Sumber: Hidayat  – Editor: Camski)

Jelang Munas Laznas BMH Kota Makassar Temui Wali Kota

Makassarkota, MAKASSAR- Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menerima kunjungan pengurus Baitul Maal Hidayatullah (BMH) di Rumah Jabatan Walikota, Jalan Penghibur, Rabu (30/10/2019). Pertemuan antara Iqbal dan Ketua BMH Kadir, membahas Musyawarah Kerja Nasional (Munas) Laznas BMH yang akan digelar 5 sampai 7 November 2019 di Makassar. Iqbal menyebut  BMH Sulsel adalah salah satu lembaga amil zakat yang telah banyak berperan menyalurkan zakat bagi umat Islam khususnya di Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan itu pula Iqbal  mengajak warga Makassar untuk menyalurkan zakatnya kepada lembaga yang terpercaya. “Laznas BMH merupakan salah satu lembaga pengumpul zakat terbaik dan terpercaya dalam menghimpun dan menyalurkan zakat, untuk itu mari kita sama-sama menyalurkan zakat di Laznas BMH,”ucapnya. Ketua Laznas BMH Kadir SPd mengatakan Munas yang akan diselenggarakan di Makassar disambut  baik oleh wali kota. “Pak Iqbal berharap Munas yang terselenggara nantinya dapat berjalan dengan lancar, beliau berharap dalam musyawarah kerja ini nantinya BMH dapat menghasilkan inovasi dalam pengelolaan lembaga amil zakat secara nasional,” terangnya. (Sumber: Hidayat  – Editor: Cammang)

Skip to content