Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar Pantau Ketersediaan 23 Komoditas Pangan

Menjelang pergantian tahun bidang kerawanan distribusi dan cadangan pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar mengadakan pemantauan harga dan ketersediaan pangan di Pasar Terong Makassar, Senin 30 Desember 2018.

Pemantauan dipimpin langsung oleh Kepala bidang kerawanan distribusi dan cadangan pangan Moch. Azhari, S.Sos.M.Si. mewakili Kadis ketahanan pangan Kota Makassar.

Di Pasar Terong ada beberapa jenis komoditas yang dipantau salah satunya adalah bawang putih, menurut salah seorang pedagang sekaligus sebagai distributor penyalur bawang putih di kota makassar.

“Stok bawang putih cukup aman dan harganya pun lebih murah dari biasanya sekitar 12.000 rupiah perkilogram untuk harga distributornya dan di pasar pasar tradisional dijual beragam sekitar 15.000 hingga 17.000 rupiah Perkilogram,” katanya.

Selain komoditas bawang putih juga dilakukan pemantauan terhadap stok daging sapi dan daging ayam, dari pemantauan dinas ketahanan pangan stok daging cukup tersedia dengan harga untuk ayam potong sekitar 55.000 rupiah perekor (1.6 kg) dan daging sapi lokal sekitar 100.000 rupiah per kilogram.

Demikian pula harga cabe merah dipatok dengaan harga sekitar 16.000 rupiah perkilogram, bawang merah sekitar 30.000. perkilogram.

Menurut kepala bidang kerawanan, distribusi dan cadangan pangan Moch. Azhari, S.Sos.,M.Si. peninjauan di pasar rutin dilakukan menjelang hari besar maupun hari raya untuk memastikan tersedianya stok harga pangan khususnya (23 komoditas) di pasar pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Makassar.

“Pemantauan yang dilakukan dalam rangka memantau ketersediaan stok 23 bahan komoditas yang ada di pasar pasar, apalagi menyambut hari natal kemarin dan tahun baru, kita ingin supaya kebutuhan komoditas pangan bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan harga yang seimbang,” jelasnya.(*/cammang)

Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar Pantau Ketersediaan 23 Komoditas Pangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =

Kembali ke Atas