Inspektorat Kota Makassar Gelar Forum Perangkat Daerah

Bertempat di Karebosi Condotel,Kamis (28/2/2019) Inspektorat Kota Makassar melaksanakan Kegiatan Forum Perangkat Daerah yang diikuti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para Pejabat Fungsional Auditor dan P2UPD lingkup Inspektorat Kota Makassar.

Forum Perangkat Daerah kali ini mengambil Tema Akuntabilitas dan Efektivitas Pengawasan untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, membahas berbagai target Program dan Kegiatan Inspektorat Kota Makassar yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 dan 2021.

Narasumber yang hadir pada acara ini yaitu Muhammad Abdi (Koordinator Pengawasan BPKP Sulsel) serta Amri (Kepala Bidang Sosbud Bappeda Kota Makassar). Kedua narasumber memaparkan kaitan program yang perlu dirumuskan SKPD sesuai dengan dokumen RPJMD Kota Makassar.

Dalam forum ini, M. Abdi (BPKP Sulsel) menyatakan “Perlunya seluruh SKPD mulai pada tahap perencanaan kegiatan sudah membuat peta resiko atas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dan menjadi bagian dari perencanaan kegiatan SKPD”. Hal ini diharapkan akan memudahkan bagi seluruh SKPD untuk menilai resiko yang mungkin timbul pada saat program dan kegiatan sudah dijalankan oleh seluruh SKPD. Tentunya hal ini diharapkan dapat meminimalisir kegagalan atas pelaksanaan program dan kegiatan SKPD.

Mulai Tahun 2020, Inspektorat Kota Makassar akan melakukan Audit Berbasis Resiko (ABR), dengan demikian maka seluruh SKPD diharapkan menyusun Tingkat Resiko (Risk Register) atas masing-masing kegiatan yang akan dilaksanakannya.

Dalam forum ini juga dilakukan dialog secara interaktif antar seluruh peserta forum guna menerima berbagai masukan dan saran bagi penyempurnaan program dan kegiatan pengawasan yang akan dilaksanakan Inspektorat Kota Makassar pada Tahun 2020 dan 2021.(dayat/cammang)

Inspektorat Kota Makassar Gelar Forum Perangkat Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 7 =

Kembali ke Atas