Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Iqbal Suhaeb Bersama Gubernur Sulsel Lepas 2.000 Peserta Pawai Takbir Keliling

Makassarkota — Gema Takbir menyambut hari raya Idul Fitri digelar di Kota Makassar, Selasa (04/6/2019) malam. Ratusan kendaraan roda tiga (becak) hias serta obor pawai takbir keliling Kota Makassar yang dilepas Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Sebanyak 2000 orang peserta takbiran keliling terdiri dari 15 Kecamatan se-Kota Makassar. “Setiap kecamatan kami batasi. Maksimal 300 orang per kecamatan,” ucap Iqbal. Pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Kota Makassar ini menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Makassar yang begitu antusias mengikuti program takbiran keliling dengan jalan kaki itu. “Tahun ini kita ambil tema go green ramah lingkungan. Jadi semua peserta termasuk camat dan anggotanya semua berjalan kaki tanpa ada satupun kendaraan bermotor yang ikut,” jelasnya. Adapun rute yang dilalui, start mulai dari depan Balaikota, lanjut ke RRI Riburane, masuk ke Jalan Ujungpandang, lalu melintas ke depan Benteng Roterdam, masuk Jalan Pasar Ikan dan finish di depan Rujab Wali Kota Makassar. Sementara, Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah juga berterima kasih kepada pemerintah Kota Makassar yang telah melakukan sebuah program yang sangat mulia ini, dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri. “Kegiatan jalan keliling ini merupakan sebuah program yang disebut go green dan hanya dilakukan di Kota Makassar. Jadi kita mengurangi polusi udara,” ungkapnya. “Saya yakin dan percaya seluruh yang hadir kurang lebih 2000 orang ini, saya memberikan apresiasi khusus untuk kecamatan Sangkarang dari pulau begitu antusias mengikuti takbir keliling ini,” pungkasnya. (Dayat-Cammang)

Pemkot Makassar Perlombakan Pawai Takbir Diikuti 15 Kecamatan

Makassarkota — Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar Lomba Pawai Takbir Antar Kecamatan. Puncak lomba dilaksanakan pada malam Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1440 H, Selasa (4/6/19). “Lomba pawai takbir ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun dalam rangka memeriahkan Idul fitri, ini juga untuk mengajak partisipasi masyarakat agar seraya selalu menggaungkan nama Allah SWT,” ucapnya. Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk kesuksesan acara tersebut. “Saya sangat mengapresiasi partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat yang ada dalam wilayah Kota Makassar. Terlebih lagi, kegiatan pawai takbir ini dapat menghilangkan tradisi kurang baik di malam idul fitri, yakni bakar mercon,” ujarnya. Dalam kegiatan ini, nampak para peserta lomba (15 kecamatan) berbaris di sepanjang Jalan Ahmad Yani (depan Balaikota). Masing- masing kecamatan berkreativitas. Ada yang menghias puluhan becak dengan membawa gambar Alquran raksasa, ada pula ratusan anak yang memegang obor sembari memakai pakaian serba putih. (Dayat-Cammang)

H -1 Lebaran, Pj Wali Kota Iqbal Pantau Langsung Arus Mudik Di Pelabuhan

Makassarkota — Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb memantau langsung arus mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Selasa 4 Juni 2019. Ia melakukan pemantauan guna memastikan semua kegiatan pengamanan selama arus mudik lebaran berjalan sesuai rencana. “Alhamdulillah saya melihat koordinasi semua sektor berjalan dengan baik, sesuai sistem, dan kita lihat saja tidak banyak keluhan termasuk di sosial media mengenai pelayanan baik yang pergi dan datang,” ucapnya. Tak hanya itu, Iqbal juga sudah tidak melihat antrian masyarakat yang menumpuk. “Sebenarnya puncak arus mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar mulai terjadi pada H – 5. Di mana total pemudik yang berangkat dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar berjumlah 18.951 orang sedangkan untuk penumpang lanjutan sebesar 12.361 penumpang,” rincinya. Katanya, total jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut itu meningkat sebesar 20 persen jika dibandingkan tahun lalu. Hal itu dikarenakan masyarakat merasa harga tiket pesawat terbilang mahal. “Kalau naik kapal laut kan bisa santai dan nyaman dengan barang bawaan. Harganya pun tidak terlalu mahal meskipun sampainya agak lama. Semua ada kelebihan dan kekurangannya,” ungkap Iqbal. Melihat hal tersebut, Iqbal juga menghimbau kepada para pemudik agar tetap menjaga kesehatan dan tidak membawa barang bawaan yang melebihi kemampuan. Serta mengajak para pemudik untuk memanfaatkan segala fasilitas yang disediakan seperti fasilitas kesehatan dan pelayanan transportasi. (Inda-Cammang)

Bangun Kolaborasi, Iqbal Rangkul TNI – Polri Wujudkan Lebaran Aman

Makassarkota – Hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang jatuh pada Rabu 5 Juni 2019 menjadi perhatian serius Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb. Hal ini terlihat saat mengajak seluruh camat di kota Makassar bersama jajaran TNI dan Polri tudang sipulung di Baruga Anging Mamiri, Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Senin malam, 3 Juni 2019. Tudang sipulung dihelat untuk mendengar laporan dari setiap camat mengenai kondisi wilayah kerjanya yang kemudian menjadi bagian kerja TNI – Polri dalam menjaga keamanan dan kenyamanan saat perayaan Idul Fitri. Pj Wali Kota Iqbal berharap stake holder bisa berkolaborasi dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Meminimalisir adanya tindak kriminal seperti pencurian yang kerap dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab ketika rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik pemiliknya. “Tidak bisa dipungkiri terkadang ada saja aksi pencurian pada rumah yang ditinggal mudik, saya berharap para camat untuk turun langsung memantau keadaan wilayah kerjanya dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian atau TNI setempat jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pj Walikota Makassar Tinjau Persiapan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Di Lapangan Karebosi

Makassarkota – Pj Walikota Makassar, Iqbal S Suhaeb meninjau lapangan karebosi yang akan digunakan sebagai lokasi pelaksanaan sholat idul fitri 1440 H. Peninjauan dilakukan untuk melihat secara langsung persiapan dan kondisi lapangan yang akan di gunakan sebagai tempat untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H. “Kita ingin melihat sejauh mana kondisi dan kesiapan lapangan karebosi yang akan kita gunakan umtuk shalat idul fitri, “ujar iqbal Sambil melihat kondisi lapangan, Pj Wali kota serta merta memberikan arahan kepada pekerja yang sedang melakukan pemasangan mimbar khatib dan pembatas barisan syaf. Turut mendampingi Iqbal meninjau lapangan Karebosi antara lain Sekda Kota Makassar, Andi Ansar, Asisten I Bidang Pemerintahan, Aziz Hasan, Kasatpol PP, Imam Hud, Kabag Pemberdayaan Masyarakat, Andi Rahmat, Camat Ujungpandang, Andi Patiware dan Kasubag Pemberitaan Bagian Humas Pemkot Makassar.” (Dayat-Cammang).

Pj Wali Kota Iqbal Bangun Sinergi Bersama DPRD Kota Makassar

Makassarkota – Kurang dua hari jelang lebaran Idul Fitri, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb silaturahmi bersama anggota DPRD Kota Makassar di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Jalan Penghibur, Senin 3 Juni 2019. Dalam kunjungan silaturahmi ini nampak ketua DPRD Kota Makassar Farouk M Betta, Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Erick Horas, dan beberapa anggota dewan lainnya. Kunjungan ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara lembaga eksekutif dan legislatif di kota Makassar. Ketua DPRD Farouk M Betta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pj wali kota Makassar yang telah meluangkan waktu silaturahmi dan buka puasa bersama legislator Makassar. “Terima kasih atas waktunya bapak wali kota dan semoga di akhir masa jabatan kami yang tinggal 3 bulan lagi, kami dapat bersinergi dan membantu dalam perkembangan kota Makassar,” ujar Farouk. Sementara itu Pj Wali Kota Iqbal menanggapi dengan membeberkan kondisi Makassar saat ini yang diakuinya sangat membutuhkan campur tangan dari lembaga legislatif. “Selama kurang lebih sebulan saya menduduki posisi Pj wali kota Makassar, saya telah mengunjungi beberapa tempat yang dikabarkan dalam kondisi yang tidak layak, dan ternyata benar saja ketika meninjau langsung tempat – tempat tersebut memang membutuhkan anggaran dan perhatian khusus,” ungkapnya. Tempat yang dimaksud Iqbal di antaranya Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Tamangapa, Antang, terminal, dan juga pasar tradisional. “Kondisi tidak layak pakai ini sangat miris namun harus diakui terkendala oleh anggaran. Namun tidak serta merta bisa dianggarkan begitu saja melalui APBD ataupun APBN karena bukan milik Pemerintah kota Makassar,” lanjut Iqbal. Olehnya itu, ia berharap anggota DPRD Makassar dapat membantu pemerintah untuk menjadikan lokasi tersebut menjadi aset kota Makassar. “Saya berharap bantuannya agar bisa berubah menjadi milik Pemkot yang nantinya akan kami aturkan anggaran untuk memperbaiki dan merenovasi segera sehingga bisa berkembang dan bersaing dengan daerah lain,” harap Iqbal. (Dayat-Cammang).

Peringati Hari Sepeda Sedunia, Ketua Pj TP PKK Murni Keliling Naik Sepeda

Makassarkota — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mendeklarasikan, tanggal 3 Juni setiap tahunnya sebagai Hari Sepeda Dunia. Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Iqbal memperingatinya dengan bersepeda mengelilingi Kota Makassar, Senin (3/6/19). Meskipun sedang berpuasa, Murni tidak mengurungkan niatnya bersepeda bersama beberapa komunitas sepeda yang ada di Kota Makassar. “Selamat hari bersepeda International. Dengan peringatan ini saya sebagai Ketua TP PKK Makassar sangat mendukung dan mencoba turut andil dalam perubahan transportasi secara perlahan. Lagi pula saya sangat suka memang bersepeda dari dulu,” ucap Murni. Murni juga mengungkapkan peringatan ini juga sebagai ajang promosi pentingnya kesadaran bersepeda. Dengan sepeda, pengguna lebih dapat memicu kreatifitas, keterlibatan sosial dan memberi kesadaran pengendara secara langsung tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar dari polusi kendaraan bermotor. “Padahal bersepeda juga sebagai sarana untuk mengakses pendidikan, kesehatan dan sekaligus olahraga juga,” sebutnya. Adapun rute hari ini yang dilalui yakni start dari Rujab Wali Kota Makassar, lalu melintas ke Jalan Arif Rate- Jalan Hasanuddin- RRI- Benteng Rotterdam-Anjungan dan finish kembali ke Rujab Wali Kota Makassar. Usai bersepeda, rombongan melanjutkan buka puasa bersama di Rujab. (Dayat-Cammang).

Skip to content