Portal Resmi Pemerintah Kota Makassar

PEMERINTAH KOTA MAKASSAR

Hadiri Halal Bi Halal Dinkes Kota Makassar, Murni Minta Tingkatkan Layanan Kesehatan

Makassarkota – Masih dalam suasana lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar halal bi halal di Gedung Ex Sentra Graha PKK, Jl Anggrek Raya No. 2, Kamis (13/6/19). Agenda tradisi tanah Air yang identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri ini dihadiri langsung oleh Pj Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal bersama jajaran Forkopimda Kota Makassar. Tujuan kegiatan ini dimaksudkan sebagai wahana silaturahmi antar ASN dengan mengambil tema “dengan Silaturahmi Kita Tingkatkan Kebersamaan dalam Pelayanan Kesehatan” diharapkan Dinkes dapat terus menjaga kesehatan masyarakat kota Makassar. “Diharapkan selain juga secara sosial akan menambah rasa cinta terhadap sesama, ini juga akan mempererat hubungan kita bersama. Artinya, kita selain mendukung program kesehatan bukan hanya kesehatan fisik namun juga sehat secara psikis dan sosial,” ucap Murni. Dalam kesempatan ini pula, Murni berpesan agar masyarakat Makassar tetap bersatu untuk membangun Makassar lebih maju. Ia juga meminta agar ASN lingkup Dinas Kesehatan ikhlas menjalankan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Segera menyatulah kita semua, layaknya saudara keluarga besar di Kota Makassar. Mari saling bantu dan menjaga satu sama lain,” pungkasnya. (Inda-Cammang)

Kelurahan Buloa Wakili Makassar Lomba Kelurahan Terpadu 2019

Makassarkota – Makassar kembali ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan lomba kelurahan terpadu tahun 2019. Penilaiannya mulai digelar pada 26 juni 2019. Hal ini terungkap saat rapat koordinasi kegiatan pembinaan lomba kelurahan terpadu tahun 2019 yang diadakan di ruang rapat Sipakatau kantor Balai Kota Makassar, Kamis siang (13/06/2019). Rapat koordinasi dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar A M Ansar, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Kota Makassar A Rahmat Mappatoba, Asisten I Pemkot Makassar Abd Aziz Hasan, Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Iqbal Suhaeb, lurah, dan Ketua RT/RW kelurahan Buloa, kecamatan Tallo. Pertemuan ini membahas kesiapan kelurahan Buloa sebagai perwakilan kota Makassar. Ada beberapa poin penilaian yang menjadi fokus perhatian bersama agar juara di tingkat provinsi bisa dipertahankan sekaligus meraih juara di tingkat nasional. Sekda A M Ansar menuturkan mulai besok semua persiapan dioptimalkan dan diatur agar kelurahan Buloa siap bersaing dengan kelurahan lainnya dalam perlombaan nanti. “Perbaikan infrastruktur ini dulu yang utama lalu pemantapan dan renovasi beberapa titik penilaian lainnya seperti Pustu, Posyandu, Sekolah, dan Poskamling,” kata Ansar. Ia juga meminta SKPD terkait agar berkoordinasi dengan baik sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas khususnya yang berkaitan dengan pembinaan masyarakat. “Juga tolong diatur penanggungjawab masing – masing agar tidak tumpah tindih tugas nantinya,” pinta Ansar. Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Iqbal Sujaeb mendukung penuh kegiatan ini dan berharap agar kelurahan Buloa mampu mempertahankan juara provinsi yang tahun lalu diraih Makassar. “Lomba kelurahan ini bagus sekali untuk memperlihatkan bagaimana kondisi kelurahan kita dengan binaan yang tentunya bekerja maksimal. Bukan hanya karena ingin mengikuti perlombaan tapi memang menjaga dan merawat kelurahannya agar tetap bersih, indah, dan rapi,” ucap Murni. Ia mengharapkan, tahun ini Makassar dapat mempertahankan gelar juara yang diraihnya tahun lalu, bahkan mampu bersaing hingga ke level nasional. (Nana-Cammang)

Pj Wali Kota Iqbal Hanya Punya Satu Akun Facebook

Makassarkota,- Kabag Humas Setda Kota Makassar M Roem memastikan Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb hanya memiliki satu akun facebook. Kepastian itu disampaikan Roem menyusul munculnya satu akun facebook palsu yang menggunakan nama Iqbal Suhaeb dengan memasang foto profil Iqbal mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) berwarna putih yang dikenakannya saat pelantikan sebagai pj wali kota Makassar 13 Mei lalu. “Informasi ini perlu kami sampaikan ke publik untuk menghindari terjadinya ekses negatif yang bisa saja muncul dari akun palsu itu. Sifatnya preventif,” kata Kabag Humas Roem. Akun palsu ini diikuti 54 orang, pada laman profil tertulis pendidikan : SMA PGRI 1 Makassar angkatan 2005, tempat pernah ditinggali : Takalar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Tanggal lahir : 18 September 2000. Sejak September 2018 hingga Juni 2019 akun ini mengganti foto profil ataupun foto sampulnya sebanyak enam kali. Tiga diantaranya menggunakan foto Pj Wali Kota Iqbal. Kabag Humas Roem menuturkan, akun facebook asli milik Pj Wali Kota Iqbal memasang gambar profil Pj Wali Kota Iqbal bersama Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, dan Pj Ketua TP PKK Makassar Murni Iqbal dengan nama akun Iqbal Suhaeb. Informasi yang dibagikan umumnya berisi tautan berita dari media online mengenai kegiatan Iqbal sebagai Pj wali kota Makassar seperti safari Ramadan di masjid Babul Taqwa dan peninjauan di RPH Tamangapa. (Humas-Cammang)

Buka Manasik Haji, Iqbal Minta JCH Makassar Tingkatkan Kesabaran Beribadah

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Sujaeb membuka kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kota Makassar tahun 1440 H di Auditorium K H Muhyiddin Zain UIM, jalan Perintis Kemerdekaan No 29, Rabu (12/06/2019). Berdasarkan data yang dipaparkan Kepala Kementrian Agama Kota Makassar H M Arsyad Ambo Tuo saat memberikan sambutannya mengatakan kota Makassar mendapatkan tambahan kuota dari jumlah yang disediakan untuk pemberangkatan haji tahun 1440 H. “Kami akan memberangkatkan jamaah calon haji sebanyak 1.185 orang dimana sebelumnya hanya 1.143 jamaah saja. Namun ada tambahan 33 orang sehingga total jamaah yang akan berangkat menjadi 1.185 dimana 9 orang di antaranya TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah),” ungkapnya. Ia pun menambahkan ada 14 kloter dari kota Makassar dari 40 kloter yang siap diberangkatkan, dan rencananya kloter pertama akan mulai masuk ke Asrama Haji pada 6 Juli nanti dan diterbangkan keesokan harinya, 7 juli 2019. Pj Wali Kota Iqbal dalam sambutannya berpesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) juga para petugas haji agar meningkatkan kesabaran dan mengatur waktunya setibanya di tanah haram nanti. “Banyak sabar kalau di sana dan manfaatkan waktu sebaik mungkin. Untuk para jamaah agar tidak tertinggal bus sebaiknya segera bergegas dan pandai melihat waktu. Bagi petugas haji peranannya sangat dibutuhkan jadi perhatikan tugasnya jangan sampai membuat jamaah merasa terabaikan,” pesan Iqbal. Ia juga mendoakan jamaah dan petugas haji diberi kesehatan dan kemudahan selama menjalankan ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur. Manasik haji ini digelar agar jamaah mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai rukun dan wajib haji sehingga memudahkan jamaah selama menjalankan ibadah haji. (Dayat-Cammang).

Iqbal Apresiasi Kinerja Satpol PP Dan Dishub Kota Makassar Di Halal Bi Halal

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb mengapresiasi kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kota Makassar saat menghadiri halal bi halal kedua instansi itu di RM Torani, jalan Urip Sumiharjo, Rabu (12/06/2019). Pj Wali Kota Iqbal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kinerja Satpol PP dan Dishub Kota Makassar selama bulan Ramadan. “Saya sangat mengapresiasi kinerja Satpol PP dan juga Dinas Perhubungan Kota Makassar yang selama bulan Ramadan kemarin sudah bekerja maksimal mengawal dan memantau keadaan Kota Makassar,” ungkap Iqbal. Halal bi halal dihadiri Kepala Satpol PP Kota Makassar Iman Hud, dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar M Iqbal beserta jajarannya. Halal bi halal ini berlangsung dalam nuansa kekeluargaan. Di akhir silaturahmi Kasatpol PP dan Kadishub Kota Makasaar beserta jajaran melakukan foto bersama dengan Pj Wali Kota Iqbal dan salam – salaman sebagai simbol saling memaafkan. (Dayat-Cammang)

Pj Wali Kota Antar Jenazah George Toisutta Ke Peristirahatan Terakhir

Makassarkota – Berita duka kembali menyelimuti Makassar. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal (Purn) George Toisutta menghembuskan nafas terakhir, Rabu (12/06/2019) pukul 05.26 WIB saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Tokoh militer Indonesia yang lahir di Makassar 1 Juni 1953 dan juga sempat menjabat sebagai Panglima Kostrad di tahun 2007 – 2009 ini terkenal sebagai sosok prajurit yang gesit dan cerdas serta memiliki kemampuan strategi yang sangat baik. Hal inilah yang terkenang dalam ingatan Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb saat melayat di rumah duka jalan Rutan No 80, Makassar, Rabu sore (12/06/2019). “Bapak seorang prajurit yang kuat, tegas, dan sangat cekatan. Beliau mampu menciptakan strategi jitu dalam mengambil keputusan dan bertindak. Olehnya itu tidak ada alasan untuk tidak mengenang memori akan sosoknya,” ungkap Iqbal. Di rumah duka tampak jenderal TNI berbaur bersama pelayat lainnya yang turut berduka cita atas kepergian George Toisutta. Jenazah yang sebelumnya direncanakan akan tiba di rumah duka terlebih dahulu sebelum ke lokasi pemakaman batal di laksanakan dengan pertimbangan waktu dan juga kondisi cuaca kota Makassar yang sore tadi diselimuti awan hitam. Jenazah George Toisutta langsung diberangkatkan ke pekuburan Dadi. Pj Wali Kota Iqbal turut mengantarkan jenazah hingga ke peristirahatan terakhir. (Dayat-Cammang).

Pererat Silaturahmi Dengan Lembaga Keuangan Iqbal Hadiri Halal Bi Halal Bank Indonesia

Makassarkota – Masih dalam nuansa perayaan Idul Fitri 1440 H, Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb bersilaturahmi ke Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulsel, jalan Jenderal Sudirman No 3 Makassar, Rabu (12/06/2019). Hadir dalam silaturahmi ini Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KP) Sulsel Bambang Kusmiarso beserta jajaran manajemen. Pj Wali Kota Iqbal dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini menuturkan akan mendukung program yang diluncurkan Bank Indonesia terlebih jika berkaitan dengan Pemerintah kota Makassar. “Pemerintah kota Makassar menyambut baik segala program kerja Bank Indonesia terlebih pada program yang bisa mendukung laju pertumbuhan di kota ini,” kata Iqbal. Kepala Bank Indonesia KP Sulsel Bambang Kusmiarso menyampaikan, melalui halal bi halal dapat mempererat silaturahmi antara BI dengan seluruh stakeholders yang selama ini berkontribusi terhadap BI. “Selain kita bisa saling bermaaf-maafan juga bisa mempererat tali silaturahmi sehingga bisa terus sinergi dalam meningkatkan perekonomian Sulsel,” ujar Bambang. Menurut Bambang, sebagai orang Indonesia halal bi halal merupakan tradisi yang wajib dilaksanakan. (Dayat-Cammang).

Pj Wali Kota Iqbal Dorong Sinergitas Pemerintah Kembangkan Cluster Tourism

Makassarkota – Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb mendorong sinergitas antara Balitbangda Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar saat menghadiri halal bi halal Balitbangda Provinsi Sulsel di kantor Gubernur Sulsel, Rabu (12/06/2019). Iqbal yang juga kepala Balitbangda Sulsel berharap agar sinergitas dua lembaga itu dapat berbuah rencana kerja dan program efektif yang bisa bersentuhan langsung dengan kreativitas masyarakat utamanya warga pesisir di kota Makassar. “Coba buat planning kerja yang bisa memanfaatkan UKM yang ada di pulau agar masyarakat di sana bisa diberdayakan kreativitasnya. Masyarakat pesisir punya banyak potensi yang bisa digali namun perlu wadah yang pas untuk dikelola dengan baik dan bijak,” ujar Iqbal. Program kerja Balitbangda nantinya, diharapkan Iqbal bisa dimanfaatkan untuk pengembangan beberapa UKM di pulau menuju pemberdayaan masyarakat mandiri dalam mengembangkan cluster tourism di pulau – pulau di kota Makassar. Diketahui, Makassar memiliki delapan pulau di Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Tujuh diantaranya merupakan pulau berpenghuni. Jika dikelola dengan tepat, potensi kepulauan di Makassar dapat menyumbangkan PAD yang cukup besar bagi Makassar yang berimbas pada peningkatan kualitas hidup masyarakat utamanya masyarakat pesisir. (Dayat-Cammang).

Skip to content